Comscore Tracker

6 Pantai Yogyakarta yang Punya Panorama Indah dan Kuliner Enak

Sambil cari spot foto, sekalian juga ngisi perut #LokalIDN

Yogyakarta memang tak pernah lepas dari keindahan alamnya yang sunggih menggiurkan. Terlebih wisata pantai, sudah pasti bakal menjadi pijakan wisatawan lokal ataupun manca. Selain bisa buat menenangkan pikiran, destinasi pantai juga mantap buat menambah galeri fotomu.

Tak hanya itu saja, yang terpenting saat bepergian adalah mengisi perut. Sangat sayang jika ke pantai, tapi tak bisa menyantap olahan pantai, kan. Di pantai Jogja ada beberapa yang selain indah buat dijajal, juga menawarkan banyak olahan hasil laut. Berikut beberapa pantai di Jogja yang indah dan menawarkan berbagai hasil olahan laut.

1. Pantai Ngrenehan

6 Pantai Yogyakarta yang Punya Panorama Indah dan Kuliner EnakPantai Ngrenehan (instagram.com/pantai_ngrenehan_official)

Pantai Ngrenehan menjadi salah satu objek favorit untuk berburu foto, terlebih keistimewaan pada air laut yang biru jernih dan batuan karang yang menambah keindahan lansekapnya. Gak hanya pusatnya berburu foto saja, di sini juga pusat nelayan akan berburu ikan di laut. Tak heran jika banyak sekali dijumpai deretan perahu milik nelayan yang terparkir rapi di tepian pesisir pantai.

Karena menjadi mobilitas nelayan, pantai ini sangat populer dengan kuliner ikannya, lho. Bisa sekalian mampir, nih. Dijamin murah dan segar, karena hasil tangkapan langsung dari nelayan di sana. Sambil cari spot, sekalian mengisi perut. Gak tanggung, deh. Pantai ini terletak di Desa Kanogoro, Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Pantai Indrayanti 

6 Pantai Yogyakarta yang Punya Panorama Indah dan Kuliner EnakPantai indrayanti (instagram.com/setiawanbayu_03)

Bagi penyuka wisata alam, tentu pantai satu ini sudah gak asing lagi, kan. Selain memiliki keindahan pada hamparan pasir yang berwarna keputihan, pemandangan belakangnya juga sangat indah. Yakni perbukitan yang diselimuti hijaunya dedaunan. Sangat menyegarkan, deh.

Gak hanya spesial pada keindahan alamnya saja, di sini juga banyak resto berjajar di tepian. Bakal memuaskan nafsu makanmu, deh. Makan seafood sembari melihat hamparan pantai, di tambah suguhan air kelapa muda. Bikin betah panas-panas di sana, deh. Pantai Indrayanti beralamat lengkap di Dusun Ngasem, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

3. Pantai Sepanjang

6 Pantai Yogyakarta yang Punya Panorama Indah dan Kuliner EnakPantai Sepanjang (instagram.com/jogjaseni)

Pantai populer satu ini terletak di Kemadang, Gunung Kidul. Hamparan laut yang biru dengan dihiasi perbukitan hijau, kamu pasti tergiur keindahan alam di Pantai Sepanjang. Tapi lebih menggiurkan lagi kulineran seafood di sepanjang pantai ini. Jadi gak pengin pulang, deh.

Setelah letih memuaskan mata dan hasrat untuk memotret, langsung mampir saja ke jajaran resto pinggiran Pantai Sepanjang. Di sini terkenal dengan berbagai olahan ikan laut yang menggugah selera. Kamu juga bisa mengunjungi Kampung lobster, tempatnya pembudidayaan lobster di Gunung Kidul. Wisatawan juga bisa menikmati lobster sekalian dengan harga miring. Puas-puasin aja, deh.

Baca Juga: 11 Jajanan Tradisional Khas Kotagede Yogyakarta yang Bikin Ketagihan

4. Pantai Baron

6 Pantai Yogyakarta yang Punya Panorama Indah dan Kuliner Enakilustrasi Pantai Baron (instagram.com/bisapiknik.id)

Pantai ini berada di jajaran Pantai Sepanjang, sekalian jalan kamu juga bisa sekalian mampir disini. Bahkan pantai ini sudah terkenal dengan pemandangannya yang keren sejak jaman dulu, lho. Pantai Baron terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Dari pusat kota Jogja, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar 40 km.

Saat memasuki pantai Baron, pengunjung akan melewati jajaran pedagang yang berjajar di pinggiran dengan menawarkan berbagai macam olahan hasil laut. Disini juga terdapat pusat pelelangan ikan, atau biasa disebut Tempat Pelelangan Ikan atau TPI. Tentunya semua jenis ikan yang ditawarkan akan terjamin kesegarannya, ya. Karena berasal dari nelayan langsung.

5. Pantai Depok

6 Pantai Yogyakarta yang Punya Panorama Indah dan Kuliner EnakPantai Depok (instagram.com/cahyo.anto_sunarhadi)

Bagi penggemar kulineran seafood, kamu sudah gak asing lagi dengan pantai ini, ya. Sudah jadi pusatnya kulineran ikan laut, deh. Kamu bisa menjumpai berbagai macam olahan ikan laut, bakalan puasin perut. Jangan takut, akses menuju pantai ini sangat mudah dan dekat dengan pusat Kota Jogja kok. Letaknya di Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain menjadi favorit bagi mereka yang suka kulineran, pantai ini juga favorit untuk menyalurkan hobi memancing. Tapi jika keburu pengin santap, langsung ke warungnya saja, ya. Selain harga terjangkau dan rasanya enak, disini ikan yang disajikan juga benar-benar segar dari laut langsung.

6. Pantai Pok Tunggal

6 Pantai Yogyakarta yang Punya Panorama Indah dan Kuliner EnakPantai Pok tunggal (instagram.com/pantaipoktunggal.id)

Siapa sih, yang gak kenal dengan pantai satu ini. Pantai Pok tunggal populer karena punya pesona yang luar biasa, termasuk hamparan pasir pantai putih yang lembut dan air lautnya yang jernih. Bakal betah, gak mau pulang, deh. Pantai Pok tunggal beralamat lengkap di Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Banyak yang bisa dilakukan oleh pengunjung di Pantai Pok Tunggal, seperti berkemah, bermain ombak, ataupun menelusuri perbukitan hijau di belakang pantai ini. Sangat indah. Jika kamu sudah lapar, di sini juga ada beberapa warung yang juga menawarkan olahan hasil laut. Lengkap, kan.

Menggiurkan banget, kan. Selain bisa bermain, wisatawan juga bisa kulineran. Paket lengkap, deh. Langsung berangkat, yuk.

Baca Juga: Staycation di Yogyakarta, 6 Glamping Ini Wajib Masuk Bucket List-mu!

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

Seekor kupu yg sedang bermetamorfosa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya