Comscore Tracker

6 Gua di Wonogiri yang Layak Jadi Destinasi Liburanmu, Memukau!

Pencinta petualangan wajib ke sini #LokalIDN

Mencari tempat wisata dengan sensasi berbeda? Kamu bisa mencoba berkunjung ke beberapa gua yang ada di Wonogiri ini. Letaknya cukup berdekatan sehingga bisa dijelajahi dalam satu waktu saja, lho.

Berwisata di gua menawarkan keseruan dan keindahan batuan kapur alami yang menarik untuk diabadikan lewat kamera ataupun smartphone. Menarik dan seru, berikut enam gua di Wonogiri Jawa Tengah yang bisa kamu kunjungi saat liburan.

1. Gua Sodong

6 Gua di Wonogiri yang Layak Jadi Destinasi Liburanmu, Memukau!Gua Sodong (instagram.com/nikawoelan)

Gua Sodong terletak di Desa Karanglo Wetan, Wonogiri. Memiliki kedalaman 4.5 km, Gua Sodong menjadi tempat mengalir air sungai ini menuju air tanah. Tak heran bila gua ini selalu dipenuhi air saat hujan turun, bahkan sering dimanfaatkan warga sebagai tempat pemandian umum. 

Di dalam Gua Sodong terdapat batuan kapur lancip yang terbentuk secara alami di atas dan permukaan bawah gua. Namun untuk mengeksplorasi gua ini lebih jauh, harus menggunakan alat khusus dan pendampingan dari tenaga ahli.

 

2. Gua Potro Bunder

6 Gua di Wonogiri yang Layak Jadi Destinasi Liburanmu, Memukau!Gua Potro Bunder (instagram.com/yogapra_setyo)

Gua Potro Bunder dikenal sebagai gua terbesar dan terindah yang ada di Wonogiri. Letaknya, tepat di Desa Karang Lo Wetan, Gebang Harjo, Pracimantoro. Gua ini memiliki pintu masuk yang cukup besar sehingga pengunjung dapat leluasa masuk dan melihat bebatuan kapur yang menjulang ke atas maupun berbentuk seperti tetesan air di dalam gua. 

Dulunya, Potro Bunder merupakan gabungan dua gua yang berbeda. Namun keduanya terhubung menjadi satu karena banyaknya proses penggalian kapur kalsit di tempat tersebut yang mengakibatkan ruang di dalam gua terhubung satu sama lain. 

3. Gua Tembus

6 Gua di Wonogiri yang Layak Jadi Destinasi Liburanmu, Memukau!Gua Tembus Wonogiri (instagram.com/ikawatinovi)

Gua Tembus terletak di Desa Gebangharjo, Kecamatan Pracimantoro, Wonogiri. Gua ini memiliki panjang lorong sekitar 200 meter. Kamu bisa menelusuri gua ini dan melihat aneka batuan kapur yang menggantung di atas maupun yang berada di permukaan bawah gua. 

Untuk mempermudah pengunjung menelusuri gua, pihak pengelola sudah menyediakan lampu penerang di dalamnya. Bila berhasil sampai di ujung gua, pengunjung akan disuguhi pemandangan hijau pepohonan hutan di Wonogiri yang asri. 

Baca Juga: 9 Pantai Indah di Wonogiri, Banyak yang Masih Belum Terjamah!

4. Gua Resi

6 Gua di Wonogiri yang Layak Jadi Destinasi Liburanmu, Memukau!Gua Resi (instagram.com/humas_wonogiri)

Tak seperti gua lainnya yang masih sangat alami, Gua Seri sudah dilengkapi fasilitas penunjang seperti tangga, kamar mandi, musala, taman, hingga shuttle bis yang disediakan bagi pengunjung.

Saat memasuki gua, kamu juga akan disuguhi pemandangan menakjubkan dari bermacam bentuk batu kapur alami yang ada di dalam Gua Seri. Bahkan keduanya terlihat semakin indah karena penambahan bola warna warni di dalamny sehingga gua ini sangat cocok jadi destinasi liburan bersama keluarga, tak heran bila gua yang terletak di Desa Conto, Bulukerto, Wonogiri ini banyak dikunjungi wisatawan terutama saat hari libur.

5. Gua Putri Kencana

6 Gua di Wonogiri yang Layak Jadi Destinasi Liburanmu, Memukau!Gua Putri Kencana (instagram.com/traveler.kece_official)

Tak hanya memiliki keindahan yang memanjakan mata, Gua Putri Kencana yang terletak di Pracimantoro Wonogiri ini juga dikenal dengan kisah mistisnya.

Gua yang memiliki panjang 121 meter dan lebar 4 meter ini pertama kali ditemukan pada tahun 1991 oleh seorang warga yang sedang mencari kayu. 

Di dalam Gua Putri Kencana terbagi menjadi beberapa ruangan, lho. Layaknya rumah, setiap ruangan dulunya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Menurut cerita dulunya, gua ini digunakan Putri Kencana Wungu untuk bertapa. 

6. Gua Ngantap

6 Gua di Wonogiri yang Layak Jadi Destinasi Liburanmu, Memukau!Gua Ngantap (instagram.com/candra_susanto_7)

Gua terakhir yang bisa menjadi destinasi wisata saat di Wonogiri adalah Gua Ngantap. Memiliki pintu masuk sebesar 10 meter, wisatawan bisa dengan mudah masuk dan menjelajahi gua ini. Keindahan dinding batu kapur yang terbentuk alami baik di bagian atas maupun tembok gua menjadi daya tarik bagi sebagian wisatawan yang berkunjung ke gua ini.

Bila ke sini jangan lupa membawa alat penerangan karena di sini masih sangat alami, belum ada lampu di dalam gua. 

Saat ada di Wonogiri, tak hanya bisa berwisata ke pantainya saja, cobalah berpetualang menyusuri deretan gua indah di kabupaten terujung di Jawa Tengah ini. Seru banget, lho! 

 

Baca Juga: 10 Gua Tersembunyi Paling Cantik di Dunia, Salah Satunya di Indonesia

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya