Comscore Tracker

8 Tempat Wisata Legendaris di Semarang, Ada Lawang Sewu!

Wisata legendaris Semarang tak hanya Lawang Sewu lho

Semarang merupakan ibukota Provinsi Jawa Tengah yang memiliki banyak tempat bersejarah, lho. Banyak bangunan gedung tua serta wisata alam yang punya legenda misterius ada di sini. Hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri dari Kota Semarang. 

Tak heran bila kota ini menjadi salah satu destinasi traveling yang cukup populer di Indonesia. Bagi kamu yang menyukai sejarah dan fotografi, wajib banget nih mampir ke 8 tempat di Semarang ini.

1. Lawang Sewu

8 Tempat Wisata Legendaris di Semarang, Ada Lawang Sewu!Lawang Sewu (instagram.com/husniiwahyu)

Salah satu ikon wisata Semarang yang memiliki usia cukup tua adalah Lawang Sewu. Bangunan tua berarsitektur Belanda Kuno ini dibangun pada tahun 1904 dan difungsikan sebagai kantor pusat Perkeretaapian Belanda atau NIS.

Setelah merdeka, Lawang Sewu beberapa kali dialihfungsikan oleh pemerintah hingga akhirnya kini menjadi tempat wisata museum yang menyimpan banyak koleksi yang berhubungan dengan kereta api. 

Nama Lawang Sewu diambil dari jumlah pintu di bangunan ini yang cukup banyak. Selain keindahan arsitektur yang dikagumi banyak orang, Lawang Sewu juga terkenal akan kisah-kisah mistisnya sehingga banyak membuat wisatawan penasaran.

Lokasi: Jalan Pemuda Sekayu,  Semarang Tengah

2. Museum Kereta Api Ambarawa

8 Tempat Wisata Legendaris di Semarang, Ada Lawang Sewu!Museum Kereta Api Ambarawa (instagram.com/indriajeng)

Saat di Semarang, mampirlah ke Museum Kereta Api Ambarawa. Suasana klasik sangat terasa dan rasanya seperti kembali ke masa lalu. Banyak terpajang lokomotif uap, diesel kereta, serta bermacam-macam gerbong.

Museum kereta api ini dulunya merupakan stasiun kereta api bernama Wilem I yang dibangun pada tahun 1873 dan mulai resmi beroperasi di tahun 1907.

Selain melihat aneka lokomotif kereta dan pernak perniknya. Kamu bisa mencoba menaiki kereta uap dengan gerbong kayunya yang berusia ratusan tahun, lho. 

Lokasi: Jalan Stasiun nomor 1, Panjang Kidul, Ambarawa, Semarang

3. Klenteng Sam Poo Kong

8 Tempat Wisata Legendaris di Semarang, Ada Lawang Sewu!Klenteng Sam Poo Kong (instagram.com/yuliantiwijaya82)

Klenteng Sam Poo Kong atau Klenteng Gedung Batu merupakan tempat wisata sejarah yang wajib masuk list travelmu di Semarang. Klenteng ini dibangun oleh seorang bangsa Cina bernama Wang Ji Ho yang merupakan nahkoda kapal Laksamana Cheng Ho. 

Bangunan Klenteng Sam Poo Kong mempunyai arsitektur ornamen Jawa Cina yang kental. Luas area klenteng ini adalah 1020 meter persegi. Di dalamnya terdapat beberapa bangunan yang sebagian difungsikan sebagai tempat sembahyang, toko suvenir dan lainnya.

Di dalam komplek klenteng juga terdapat beberapa patung salah satu yang terbesar adalah Patung Laksamana Cheng Ho. 

4. Kota Lama Semarang

8 Tempat Wisata Legendaris di Semarang, Ada Lawang Sewu!Kota Lama Semarang (instagram.com/fayza.nf)

Tak perlu jauh-jauh ke Jakarta untuk merasakan suasana tempo dulu. Semarang mempunyai kawasan Kota Lama yang memiliki bangunan klasik berarsitektur kuno. Kawasan cagar budaya ini memiliki banyak spot estetik yang cocok bagi kamu berfoto dan menyukai fotografi.

Di Kota Lama, wisatawan bisa berjalan-jalan dengan tenang dan mengabadikan setiap sudutnya dipenuhi dekorasi antik seperti lampu jalanan dan bangku kayu yang cukup jadul. 

Kota Lama Semarang sudah ada sejak abad 17 dan dikenal sebagai pusat perdagangan kala itu. Dulunya terdapat kanal kanal di sungai dekat Kota Lama yang digunakan sebagai pelabuhan bagi kapal-kapal pedagang dari Arab, Cina, India dan Eropa saat itu.

Lokasi: Jalan Simongan nomor 129 Bongsari, Semarang Barat

Baca Juga: 5 Tempat Makan Paling Romantis di Semarang, Menunya Terjangkau!

5. Rawa Pening

8 Tempat Wisata Legendaris di Semarang, Ada Lawang Sewu!Rawa Pening (instagram.com/qqordhowi)

Rawa Pening merupakan salah satu destinasi alam di Semarang. Lokasinya berada di Ambarawa. Wisata alam ini menyimpan keindahan memanjakan mata serta legenda naga baru klinting yang terkenal. Danau alami ini memiliki luas 2670 meter persegi.

Rawa Pening memiliki lanskap alam indah disekitarnya yang terdiri dari Gunung Merbabu, Telomoyo, dan Ungaran yang dapat terlihat jelas dari sini saat cuaca cerah. Meski permukaan airnya dipenuhi banyak eceng gondok, namun Rawa Pening tetap memesona dan menarik banyak wisatawan untuk datang melihat keindahannya. 

Lokasi: Desa Tuntang, Kabupaten Semarang

6. Umbul Sidomukti

8 Tempat Wisata Legendaris di Semarang, Ada Lawang Sewu!Umbul Sidomukti (instagram.com/parisset_)

Berada tak jauh dari Rawa Pening, terdapat Umbul Sidomukti. Mata air alami yang sudah ada sejak lama dan banyak dimanfaatkan warga untuk kebutuhan sehari-hari. Air Umbul Sidomukti berasal dari Gunung Ungaran.

Pada tahun 2017, Umbul Sidomukti direnovasi menjadi taman wisata air kekinian yang dilengkapi dengan taman wisata Little Ranch dan wahana permainan seperti flying fox, paralayang, ATV. Di sini juga ada penginapan, cafe dan kedai kopi yang instagramable, lho.

Selain saat berada di area Umbul Sidomukti, wisatawan juga bisa mengeksplorasi Gua Tirta Mulya yang memiliki panjang 100 meter. Pasti seru, ya! 

Lokasi: Jalan Umbul Sidomukti, Blanten Lor, Jimbaran, Bandungan, Semarang

7. Gua Kreo

8 Tempat Wisata Legendaris di Semarang, Ada Lawang Sewu!Goa Kreo (instagram.com/eva_effendy)

Gua Kreo adalah wisata di Kota Semarang yang letaknya berdekatan dengan Waduk Jati Barang. Gua Kreo menyimpan cerita yang berkaitan erat dengan Sunan Kalijaga.

Menurut cerita, di gua inilah Sunan Kalijaga mengambil kayu jati untuk membangun Masjid Agung Demak. Dan disinilah, Sunan Kalijaga memerintahkan monyet-monyet untuk tinggal dan menjaga kawasan Gua Kreo ini.

Yang menarik di tempat wisata ini adalah jembatan yang membentang di atas waduk. Selain itu ada beberapa wahana permainan seperti papan seluncuran dan ayunan untuk anak-anak. Di tempat ini juga ada spot memancing dan bermain speedboat yang membuat wisata Gua Kreo semakin diminati masyarakat. 

8. Kampung Pecinan Semarang

8 Tempat Wisata Legendaris di Semarang, Ada Lawang Sewu!Kawasan Pecinan di Semarang (instagram.com/syifaadhima)

Tak boleh terlewatkan, Kampung Pecinan adalah pusatnya kuliner dan sejarah Tionghoa di Semarang. Di Kawasan Pecinan Semarang, kamu bisa melihat bangunan zaman dulu yang berdiri berdekatan dan hanya dipisahkan oleh gang.

Selain itu terdapat beberapa klenteng yang memiliki ciri khas masing masing salah satunya adalah Klenteng Tay Kak Sie. 

Tak hanya berwisata sejarah, di kampung yang sudah berdiri sejak tahun 1740 ini juga terdapat aneka kuliner lezat yang wajib dicicipi, lho. Apalagi saat malam hari, area pasar ini sangat ramai dikunjungi warga sekitar dan wisatawan untuk berburu aneka jajanan, termasuk lumpia. 

Lokasi: Kauman, Semarang Tengah, Semarang

Semarang mempunyai banyak tempat legendaris dan bersejarah. Mulai dari bangunan kuno hingga alam yang siap membuatmu terpesona seperti tempat-tempat wisata di atas. Mana yang  menarik perhatianmu?

 

Baca Juga: Resep Nasi Goreng Babat Gongso Khas Semarang, Enaknya Gak Ketulungan

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya