Comscore Tracker

10 Destinasi Ini Bisa Kamu Kunjungi dengan Bus Trans Jogja Lho!

Saatnya keliling Jogja dengan transportasi murah meriah

Jogja terkenal dengan julukan kota wisata. Selain dengan kendaraan pribadi, kamu bisa berkeliling Jogja dengan moda transportasi umum. Bus Trans Jogja merupakan moda transportasi yang murah di kota ini. Cukup dengan membayar Rp3.800 saja, kamu bisa berkeliling Kota Jogja sepuasnya.

Selain murah, bus ini juga menjangkau tempat-tempat wisata yang ada di kota ini. Berikut ini adalah 10 tempat wisata di Jogja yang bisa kamu kunjungi dengan Bus Trans Jogja.

1. Tugu Pal Putih

10 Destinasi Ini Bisa Kamu Kunjungi dengan Bus Trans Jogja Lho!munplanet.com

Siapa yang tak kenal dengan tugu pal putih? Tugu ini merupakan maskot utama Kota Jogja. Terletak di perempatan antara Jalan Jenderal Sudirman dengan Jalan Pangeran Mangkubumi, Tugu Pal Putih termasuk tempat yang banyak didatangi wisatawan.

Mereka biasanya berswafoto sambil menikmati malam hari yang syahdu di sana. Karena letaknya berada di pusat kota, kamu bisa mengunjunginya dengan Bus Trans Jogja, lho. Untuk menuju ke sana, kamu bisa turun di Halte Gondolayu atau Halte Santika yang kedua halte tersebut terletak di sebelah timur tugu.

Setelah itu kamu tinggal berjalan ke arah barat sejauh seratus meter dan sampailah kamu di tugu. Setelah sampai di sana kamu bisa mengeluarkan handphone dan tongsis kalian dan mari berswafoto ria!

2. Candi Prambanan

10 Destinasi Ini Bisa Kamu Kunjungi dengan Bus Trans Jogja Lho!infobudaya.net

Candi Prambanan merupakan salah satu candi yang termahsyur di Indonesia. Walaupun letaknya lumayan jauh dari pusat kota, tapi obyek wisata itu bisa dijangkau dengan Trans Jogja. Bila mau ke sini, kamu tinggal naik bus jalur 1A.

Bus jalur itu adalah bus satu-satunya yang berhenti di Halte Prambanan. Namun setelah itu kamu masih harus berjalan sekitar 500 meter ke arah timur menuju pintu gerbang Candi Prambanan.

3. Kawasan Malioboro

10 Destinasi Ini Bisa Kamu Kunjungi dengan Bus Trans Jogja Lho!eksotisjogja.com

Malioboro adalah pusatnya Kota Jogja. Tidak afdol rasanya pergi ke Jogja tapi tidak mampir di Malioboro. Minimal kamu hanya sekedar berjalan-jalan saja di kawasan ini mulai dari depan Hotel Inna Garuda sampai titik nol kilometer.

Sepanjang jalan itu, kamu akan merasakan Jogja yang sesungguhnya di mana banyak pengamen yang memainkan lagu dan banyak pedagang menjajakan cinderamata serta kuliner khas Jogja. Karena menjadi kawasan yang paling ramai oleh para wisatawan, di sana tersedia tiga halte pemberhentian Trans Jogja.

Jadi kamu tak perlu berjalan terlalu jauh menuju halte seperti halnya ketika kamu mengunjungi Candi Prambanan.

4. Benteng Vredeburg

10 Destinasi Ini Bisa Kamu Kunjungi dengan Bus Trans Jogja Lho!kemdikbud.go.id

Benteng Vredeburg terletak di Kawasan Malioboro. Benteng ini termasuk bangunan tua di Kota Jogja karena dibangun pada abad ke-18. Kini bangunan ini dialihfungsikan sebagai museum. Koleksi di museum ini berupa diorama yang menggambarkan perlawanan rakyat terhadap Belanda yang terjadi di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Selain itu ada juga benda koleksi yang dulunya berhubungan dengan perang seperti peralatan rumah tangga, senjata, naskah, peralatan dapur, dan sebagainya. Untuk menuju ke sini, kamu tinggal turun di Halte Malioboro 3. Ketika keluar dari halte, kamu sudah berada di depan pintu masuk Benteng Vredeburg ini.

Baca Juga: 5 Tempat Belanja Kerajinan Tangan Keren di Yogyakarta

5. Taman Pintar

10 Destinasi Ini Bisa Kamu Kunjungi dengan Bus Trans Jogja Lho!tamanpintar.co.id

Sebagai kota pendidikan, Jogja juga menawarkan tempat kita bisa menambah wawasan sambil berekreasi. Tempat itu bernama taman pintar. Letaknya bersebelahan dengan halaman Benteng Vredeburg.

Taman Pintar merupakan lokasi yang asyik bagi kamu yang ingin mengajari adik kamu yang masih duduk di bangku TK atau SD tentang Ilmu Pengetahuan Alam. Bila kamu ingin ke sini, kamu tinggal turun di Halte Taman Pintar. Halte Trans Jogja di sana bersebelahan dengan pintu gerbang lokasi wisata itu.

6. Purawisata

10 Destinasi Ini Bisa Kamu Kunjungi dengan Bus Trans Jogja Lho!visitingjogja.com

Purawisata terletak di Jalan Brigjen. Katamso, Yogyakarta. Jaraknya tidak lebih dari 1 km dari Taman Pintar. Di sini kamu bisa menikmati Pertunjukan Ramayana setiap malam pada pukul 20.00-21.30. Untuk menuju ke sini dengan Bus Trans Jogja sangatlah mudah karena halte bus tepat berada di depan obyek wisata ini.

7. Kebun Binatang Gembira Loka

10 Destinasi Ini Bisa Kamu Kunjungi dengan Bus Trans Jogja Lho!gembiralokazoo.com

Kebun binatang ini adalah salah satu tempat wisata favorit di Jogja. Dengan biaya tiket masuk sebesar Rp30.000, kamu sudah bisa melihat beraneka macam koleksi binatang yang ada di sini.

Selain itu di sini kamu bisa menikmati perahu boat atau berkeliling kebun binatang dengan kereta wisata. Untuk menuju ke sini, kamu bisa turun di Halte Gembiraloka. Dari halte, kamu harus jalan lagi menuju pintu gerbang kebun binatang sejauh 200 meter.

8. Grahatama Pustaka

10 Destinasi Ini Bisa Kamu Kunjungi dengan Bus Trans Jogja Lho!Youtube.com/Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY

Grahatama Pustaka sebuah merupakan tempat yang menyimpan banyak buku. Fungsi utama bangunan ini adalah sebagai perpustakaan. Tapi selain itu ada tempat lain yang asyik dikunjungi seperti Bioskop 3D dan juga ruang audiovisual.

Di sini kamu juga bisa menikmati WiFi secara gratis. Untuk menuju ke sini dengan Trans Jogja, kamu bisa turun di halte JEC. Setelah keluar dari halte kamu tinggal berjalan kaki sejauh 20 meter ke arah timur.

9. Pura Pakualaman

10 Destinasi Ini Bisa Kamu Kunjungi dengan Bus Trans Jogja Lho!jv.wikipedia.org

Pura Pakualaman adalah sebuah istana tempat tinggal Sri Pakualam, sebuah gelar yang diberikan bagi wakil gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun tempat ini juga dijadikan sebagai mueum koleksi peninggalan Kadipaten Pakualam. Bila ingin menuju ke sini dengan Trans Jogja, kamu bisa turun di Halte Pakualaman.

10. Kota Gede

10 Destinasi Ini Bisa Kamu Kunjungi dengan Bus Trans Jogja Lho!en.wikipedia.org

Kota Gede adalah sebuah kecamatan di Jogja yang dulunya menjadi tempat berdirinya Kerajaan Mataram Islam. Selain terkenal dengan kerajinan peraknya, banyak peninggalan rumah-rumah tua di Kota Gede. Beberapa bangunan itu adalah makam Panembahan Senopati yang merupakan Raja Mataram Islam pertama, dan juga Masjid Gedhe Mataram.

Bila ingin berkunjung ke dua tempat tersebut, kamu harus berjalan sekitar 500 meter dari Halte Tegalgendu dan menyeberangi Jembatan Sungai Gajah Wong.

Berikut adalah 10 tempat di Jogja yang bisa kamu kunjungi dengan Bus Trans Jogja. Moda transportasi tersebut adalah solusi terbaik keliling Jogja bagi kalian yang hanya membawa duit pas-pasan. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Wisata di Jogja Tawarkan Arsitektur Unik, Bikin Liburan Makin Epik

Shani Rasyid Photo Writer Shani Rasyid

bergiat di shanirasyid.blogspot.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya