Ramai dan Berisik, Ini Daftar 10 Kota Terbising di Dunia

Polusi suaranya ada yang mencapai 100 desibel!

Untuk menunjang produktivitas yang lebih baik, biasanya kamu akan lebih memilih untuk bekerja dan beraktivitas di tempat yang tenang dan nyaman. Namun, apa jadinya jika lingkungan sekitarmu tidak mendukung situasi seperti itu dan bahkan memiliki kebisingan yang parah?

Bayangkan kamu harus berhadapan dengan kebisingan yang tinggi dan konstan setiap harinya? Situasi menyedihkan ini rupanya harus dialami oleh para pekerja dan penduduk di kota-kota berikut ini. Kota-kota ini tercatat memiliki tingkat kebisingan yang tinggi bahkan ada yang mencapai 100 desibel.

Penasaran kota apa sajakah itu? Tak perlu berlama-lama, berikut 10 kota paling berisik di dunia. Rasanya tidak pernah sepi tiap harinya.

1. Karachi, Pakistan

Ramai dan Berisik, Ini Daftar 10 Kota Terbising di Duniapotret Kota Karachi (twitter.com/amirabro12)

Kota Karachi merupakan salah satu kota padat di Pakistan. Ada sekitar 15 juta orang yang tinggal di Kota Karachi. Tidak heran kalau Kota Karachi menjadi salah satu kota paling berisik di dunia. 

Sebagian besar kebisingan diakibatkan oleh banyaknya kendaraan yang ada di kota tersebut. Jumlah kendaraan yang ada di jalan diperkirakan ada sekitar 5 juta kendaraan. Hal inilah yang menyebabkan polusi suara di kota tersebut sangat tinggi hingga mencapai 90 desibel. Tingkat kebisingan seperti itu tentu tidak baik untuk pendengaran.

2. Mumbai, India

Ramai dan Berisik, Ini Daftar 10 Kota Terbising di Duniailustrasi suasana Kota Mumbai (pexels.com/Aarti Krishnan)

Ramainya aktivitas lalu lintas dan tingginya populasi di Kota Mumbai menyebabkan kota ini dijuluki sebagai kota paling berisik di dunia. Tingkat kebisingannya bahkan mencapai 100 desibel yang sangat mengganggu pendengaran. Bunyi 100 desibel diketahui dapat menyebabkan kerusakan serius pada pendengaran manusia jika terpapar frekuensi tersebut selama lebih dari 8 jam.

Setiap harinya, bunyi proyek konstruksi dan klakson kendaraan yang asal-asalan tak akan pernah berhenti terdengar. Hal inilah yang menyebabkan Kota Mumbai sebagai salah satu kota yang tidak layak untuk dihuni oleh karena polusi suaranya yang begitu memprihatinkan.

 

3. New York City, New York

Ramai dan Berisik, Ini Daftar 10 Kota Terbising di Duniailustrasi suasana New York City (pexels.com/Yuting Gao)

Memiliki populasi penduduk hingga mencapai 8 juta orang, New York City dipastikan masuk ke dalam salah satu kota terbising di dunia. Tingkat kebisingan di New York City memang tidak separah Kota Karachi dan Kota Mumbai, namun New York City memiliki tingkat kebisingan yang konstan.

Kota yang dijuluki sebagai kota yang tak pernah tidur ini bahkan dapat mencapai tingkat kebisingan 70 desibel. Cukup mengganggu telinga dan aktivitas manusia. Kebisingan di New York City sendiri disebabkan oleh suara kendaraan, alat pemotong rumput, mesin-mesin, dan suara hewan yang ada di New York City.

4. San Francisco, California

Ramai dan Berisik, Ini Daftar 10 Kota Terbising di Duniailustrasi San Fransisco (pexels.com/Pixabay)

Kota San Fransisco merupakan salah satu kota terindah yang ada di Amerika Serikat. Meskipun indah, kota ini juga sering dinilai sebagai salah satu kota yang sangat bising.

Sumber kebisingan San Fransisco terletak pada aktivitas penerbangan yang ada di Bandara Internasional San Francisco. Selain itu, kegiatan lalu lintas dan konstruksi juga menjadi faktor yang menyebabkan polusi suara yang cukup tinggi di kota tersebut.

5. Shanghai, China

Ramai dan Berisik, Ini Daftar 10 Kota Terbising di Duniailustrasi Shanghai (instagram.com/zhoubin81)

Kota Shanghai merupakan salah satu kota di China yang tidak kalah sibuk. Dengan jumlah penduduk hingga mencapai 24 juta orang, tidak heran kalau kota ini termasuk ke dalam kota paling ribut di dunia.

Dalam kehidupan sehari-hari, kebisingan suara dapat mencapai 71 desibel hingga 85 desibel. Kebisingan suara tersebut rata-rata disebabkan oleh ramainya lalu lintas, suara speaker toko, dan gonggongan anjing liar. Saking ributnya, ada 100 ribu keluhan kebisingan yang masuk tiap tahunnya.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Bali Ini Cocok untuk Introvert, Bebas Bising!

6. Guangzhou, China

Ramai dan Berisik, Ini Daftar 10 Kota Terbising di Duniailustrasi Guangzhou (instagram.com/beyondw2c)

Kota Guangzhou memiliki penduduk yang lebih sedikit dari Shanghai, yakni ada sekitar 13 juta penduduk. Meskipun begitu, Guangzhou juga bernasib serupa dengan Shanghai. Guangzhou merupakan salah satu kota di China yang sangat berisik.

Bahkan menurut studi, Guangzhou memiliki indeks polusi suara tertinggi di dunia. Sama seperi Shanghai, polusi suara di kota ini disebabkan oleh ramainya aktivitas lalu lintas dan para penduduk yang ada di Guangzhou.

7. Los Angeles, California

Ramai dan Berisik, Ini Daftar 10 Kota Terbising di Duniailustrasi Los Angeles (pexels.com/Daniel Semenov)

Balik lagi ke Amerika Serikat, Kota Los Angeles juga termasuk ke dalam daftar kota paling bising di dunia. Kota Los Angeles menjadi kota ke-3 yang ada di Amerika Serikat yang memiliki polusi suara yang tinggi.

Kebisingan di kota ini disebabkan oleh kemacetan lalu lintas yang konstan dan aktivitas Bandara Internasional LAX. Meskipun berisik, tempat ini masih bisa layak dan nyaman untuk dihuni di beberapa daerah yang lebih jauh dari sumber kebisingan. 

8. New Delhi, India

Ramai dan Berisik, Ini Daftar 10 Kota Terbising di Duniapotret New Delhi (pexels.com/Hakan Nural)

Kota New Delhi diketahui menampung sekitar 20 juta penduduk. Tingginya populasi tentu akan menyebabkan polusi suara. Tingkat kebisingan di New Delhi bisa dibilang cukup memprihatinkan karena sehari-harinya dapat mencapai 85 desibel.

Hal ini tentu akan sangat menganggu aktivitas dan mengancam kesehatan alat pendengaran manusia. Bahkan sebuah penelitian dari Central Pollution Control Board’s mengungkapkan bahwa tak ada satupun daerah di New Delhi yang lulus standar kontrol kebisingan. 

9. Madrid, Spain

Ramai dan Berisik, Ini Daftar 10 Kota Terbising di Duniailustrasi Kota Madrid (pexels.com/Mati Angulo)

Madrid bukanlah kota yang besar namun kota ini masuk ke dalam daftar kota terbising yang ada di dunia. Hal ini karena kehidupan malam Kota Madrid yang sangat berisik. Tiap malamnya selalu akan ada suara keras yang luar biasa dari kegiatan malam dan pesta yang ada di kota tersebut.

Kebisingannya pun tak main-main hingga mencapai 45 desibel. Memang tingkat kebisingannya tidak separah kota-kota lainnya namun tentu akan sangat mengganggu bila tiap malamnya harus tidur dengan kondisi kebisingan seperti itu.

10. Tokyo, Japan

Ramai dan Berisik, Ini Daftar 10 Kota Terbising di Duniailustrasi suasana Kota Tokyo (pexels.com/vital1na)

Terakhir ada Kota Tokyo, Jepang. Kota Tokyo tercatat memiliki jumlah populasi sekitar 35 juta penduduk. Jumlah ini tentunya membuat Kota Tokyo sangatlah padat. Tidak heran kalau kota ini juga memiliki tingkat kebisingan yang tinggi.

Bahkan tingkat kebisingan di kota tersebut pernah mencapai 90 desibel. Sebagian besar kebisingan tersebut disebabkan oleh bunyi speaker penyampaian pesan di muka umum, aktivitas konstruksi, dan transportasi yang ramai. Oleh sebab itulah, banyak para pekerja di Tokyo yang menggunakan penutup telinga selama beraktivitas.

Sepuluh kota di atas memiliki tingkat polusi suara yang tinggi sehingga tidak heran kota-kota tersebut merupakan kota terbising yang ada di dunia. Sebagian besar disebabkan oleh tingginya populasi penduduk dan ramainya aktivitas kendaraan. 

Baca Juga: Fakta Unik Budaya Sauna di Finlandia, Jadi Pusat Sauna Dunia!

Sintya Yoo Photo Verified Writer Sintya Yoo

nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya