Comscore Tracker

5 Destinasi Wisata di Tripura India, Memukau Tapi Jarang Terdengar

Ada istana di tengah danau, lho! #IDNTimesTravel

Nama Tripura memang belum sepopuler New Delhi sebagai tujuan berlibur wisatawan saat ke India. Namun, Tripura merupakan pusat budaya dari semua negara bagian timur laut India.

Kawasan Tripura ini memiliki banyak sekali tempat seru yang bisa kamu eksplor keindahannya. Destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi saat berada di sini antara lain mulai dari candi yang usianya sudah ratusan tahun, pusat seni, hingga habitat beberapa jenis satwa liar.

Penasaran dan mau tahu lebih banyak lagi tentang destinasi wisata di Tripura yang memukau? Yuk, intip lokasinya di bawah ini!

1. Neermahal

5 Destinasi Wisata di Tripura India, Memukau Tapi Jarang Terdengarpotret Neermahal (instagram.com/tripuraglow)

Neermahal disebut juga The Lake Palace. Ini dikarenakan letaknya yang berada di tengah Danau Rudrasagar. Untuk bisa sampai ke sini pengunjung pun harus naik perahu.

Neermahal dulunya merupakan istana musim panas milik Raja Bir Bikram Kishore Manikya Bahadur dan keluarganya. Bangunan istana dipenuhi dengan ornamen-ornamen mewah yang memanjakan mata.

Dilihat dari jauh saja, arsitektur istana yang terbesar di seluruh anak benua India tersebut tampak sangat indah dan memukau. Tentu saja ini menandakan betapa jaya dan gemilangnya pemerintahan India pada masa itu.

2. Jampui Hills

5 Destinasi Wisata di Tripura India, Memukau Tapi Jarang Terdengarpotret Jampui Hills (instagram.com/tourism.tripura)

Orang-orang menyebutnya sebagai bukit musim semi yang abadi. Hal tersebut dikarenakan bukit ini memiliki iklim menyenangkan sepanjang tahun yang seolah memberikan kesempatan bagi semua orang untuk bisa menikmati keindahannya.

Sejauh mata memandang, kamu akan dimanjakan dengan perbukitan berwarna hijau yang subur, perkebunan teh, anggrek, dan jeruk di lereng yang sangat menakjubkan.

Baca Juga: Surga di Utara India, Inilah 7 Tempat Wisata di Kashmir

3. Sepahijala Wildlife Sanctuary

5 Destinasi Wisata di Tripura India, Memukau Tapi Jarang Terdengarpotret Sepahijala Wildlife Sanctuary (instagram.com/tripuraglow)

Tempat ini merupakan rumah bagi berbagai macam spesies satwa liar. Selain sebagai suaka margasatwa, Sepahijala Wildlife Sanctuary juga dijadikan sebagai pusat akademik dan penelitian.

Masuk ke dalamnya kamu akan disuguhkan dengan danau yang luas, taman anggrek, kebun raya, perkebunan karet dan kopi, lebih dari 150 spesies burung perumahan, burung migran, monyet berkaca mata yang keberadaannya sudah mulai langka, hingga sekumpulan gajah.

4. Ujjayanta Palace

5 Destinasi Wisata di Tripura India, Memukau Tapi Jarang Terdengarpotret Ujjayanta Palace (instagram.com/tourism.tripura)

Walaupun didirikan sejak tahun 1901, konstruksi bangunan Ujjayanta Palace masih berdiri kokoh hingga saat ini.

Bangunannya terbagi menjadi beberapa bagian yang meliputi aula umum, ruang tahta, balai durbar yang merupakan tempat para penguasa mengadakan pertemuan, perpustakaan, ruang China, dan ruang resepsi.

Sementara itu, lantai bangunannya dilapisi keramik mewah, pintu, dan langit-langit kayu diukir dengan pola yang sangat indah.

5. Jagannath Temple

5 Destinasi Wisata di Tripura India, Memukau Tapi Jarang Terdengarpotret Jagannath Temple (instagram.com/dip.photo)

Jagannath Temple merupakan situs keagamaan paling terkenal di Tripura yang dibangun pada abad ke-19 pada masa Dinasti Manikya. Pembangunannya didedikasikan untuk Dewa Hindu Jagannath, Balabhadra, dan Subhadra.

Yang unik dari bangunan ini adalah arsitekturnya dominan bernuansa Islam di bagian luar, sedangkan pada bagian interiornya banyak dihiasi dengan nuansa Hindu.

Itu dia lima destinasi wisata di Tripura, India, yang meskipun namanya jarang terdengar, tapi memiliki pesona yang luar biasa. Bagaimana, sudah tergoda untuk menjelajahi pesona wisata yang ada di Tripura? Yuk, masukkan ke dalam wishlist liburan kamu!

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Maharashtra India, Auto Masuk Wishlist Liburan!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya