Comscore Tracker

5 Destinasi Wisata Gua di Tuban, Eksotis Nan Memikat

Gak bikin kamu nyesel, deh!

Kabupaten Tuban, Jawa Timur, memiliki banyak sekali tempat wisata alam dengan pemandangan yang sangat memesona, misalnya aja kayak beraneka gua seperti berikut ini.

Sayangnya, belum banyak orang yang mengetahui destinasi wisata keren tersebut sehingga keberadaannya kurang populer di kalangan wisatawan. Meskipun begitu gua di Tuban wajib masuk ke dalam daftar kunjunganmu saat berada di kabupaten ini karena suasananya sangat asri sehingga cocok sebagai tempat untuk refreshing.

1. Gua Kancing

5 Destinasi Wisata Gua di Tuban, Eksotis Nan Memikatinstagram.com/hanney067

Gua Kancing terletak di Dusun Tlogo, Desa Prunggahankulon, Kecamatan Semanding. Daya tarik dari Gua Kancing ini adalah adanya sumur yang memiliki kedalaman 4-5 meter. Tempat wisata Gua Kancing akan dibuka mulai pukul 07.00 hingga 16.00 setiap harinya. 

Para pengunjung yang ingin menyusuri keindahan Gua Kancing tidak dibebankan biaya alias gratis. Sebelum menjelajahi Gua Kancing, pastikan kamu telah membawa peralatan yang diperlukan, ya. 

2. Gua Suci

5 Destinasi Wisata Gua di Tuban, Eksotis Nan Memikatinstagram.com/tuban.istimewa

Gua Suci merupakan gua buatan di Leran Wetan, Kecamatan Palang yang dibangun pada tahun 1026. Berdasarkan catatan sejarah, Gua Suci termasuk ke dalam peninggalan dari kerajaan Majapahit yang letaknya persis di tempat penambangan batu kapur. Memiliki pemandangan yang sangat indah, gua ini cocok untuk dijadikan background foto liburanmu, lho. 

3. Gua Putri Asih

5 Destinasi Wisata Gua di Tuban, Eksotis Nan Memikatinstagram.com/asli.tuban

Pesona Gua Putri Asih yang terletak di Desa Nguluhan, Kecamatan Montong ini tidak kalah menarik dengan Gua Kancing dan Gua Suci. Begitu memasuki gua kamu akan disambut oleh pemandangan batuan yang sangat indah. Gua Putri Asih juga memiliki sembilan ruangan yang di dalamnya menyimpan beraneka ragam bebatuan yang sangat cantik dan memesona. 

Baca Juga: Bosan Main di Pantai? Coba Kunjungi 5 Gua Super Indah Ini deh

4. Gua Akbar

5 Destinasi Wisata Gua di Tuban, Eksotis Nan Memikatinstagram.com/ilovetuban

Lokasi Gua Akbar berada di dekat Pasar Baru, tepatnya di Semanding, Jarkli, Gedongombo, Kecamatan Tuban. Konon katanya gua ini pernah menjadi tempat kediaman Sunan Kalijogo. Akses untuk menuju gua ini sangat mudah. Pengunjung hanya perlu berjalan kaki menyusuri paving yang telah disediakan untuk bisa sampai ke Gua Akbar dan menikmati keindahan staklamit dan staklatitnya. Bagi kamu yang kelaparan setelah menjelajahi Gua Akbar jangan khawatir, karena di sekitar gua sudah ada warung khusus yang menyediakan makanan dan minuman.

5. Gua Ngerong

5 Destinasi Wisata Gua di Tuban, Eksotis Nan Memikatinstagram.com/keindahan_tuban

Gua Ngerong terletak di Jalan Rengel 155 Kecamatan Rengel. Ga ini tidak pernah sepi pengunjung, terutama saat akhir pekan atau hari libur. Keunikan gua ini terletak pada banyaknya kelelawar yang jumlahnya ribuan dan saling bergantungan di atap gua. Selain itu, di dalam gua juga ada kura-kura putih dan ikan tawes. 

Kalau ingin menjelajahi gua lebih dalam lagi dan menyaksikan keindahan air terjun di dalamnya, kamu harus menaiki perahu karet yang disewakan di sini. Untuk bisa mendapatkan pengalaman liburan seru tersebut kamu hanya perlu membayar sekitar Rp3.000 saja per orang. 

Nah, itulah lima destinasi wisata gua eksotis yang ada di Tuban. Semua gua tersebut sangat indah dan memiliki keunikan masing-masing. Rasanya sangat disayangkan apabila kamu berkunjung ke Tuban tanpa mengeksplor keindahan gua-gua tersebut. 

Baca Juga: 7 Warung Belut Paling Populer di Tuban, Enaknya Maksimal!

Sinta Listiyana Photo Community Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You