Comscore Tracker

Bagus Banget, 5 Kuil Terkenal di Korea Selatan Ini Wajib Kamu Kunjungi

Liburan ke Korea Selatan jadi lebih berwarna

Menjamurnya budaya KPop di berbagai negara di dunia turut serta mengangkat sektor pariwisata dari negeri Ginseng tersebut. Wisatawan pun akhirnya banyak yang berbondong-bondong memasukkan Korea Selatan ke dalam bucketlist mereka. Di antara banyaknya tempat wisata yang menarik, lima kuil terkenal di Korea Selatan berikut ini juga ternyata juga cukup menyita perhatian, lho. 

1. Kuil Beopjusa

Bagus Banget, 5 Kuil Terkenal di Korea Selatan Ini Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/colin.plant

Kuil yang terletak di kawasan Boeun, Korea Selatan ini memiliki pagoda kayu lima lantai dan patung Budha dari emas yang berukuran sangat besar. Di dalam kuil Beopjusa juga menyimpan dua artefak penting berupa Ssangsajaseokdeung yang merupakan lampu batu dua singa dan Seogyeonji yang merupakan baskom batu. Kedua artefak tersebut sudah berusia sekitar 1.600 tahun.

Selain pagoda lima lantainya, kamu juga bisa melakukan penjelajahan dengan mendaki Taman Nasional Songnisan yang merupakan titik awalnya kuil Beopjusa. Di sekitar kuil kamu akan melihat banyak restoran yang menyediakan sayuran khas gunung dengan harga terjangkau dan porsi yang banyak.

2. Kuil Buseoksa

Bagus Banget, 5 Kuil Terkenal di Korea Selatan Ini Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/tourguide_james

Kuil tua Buseoksa terletak di kawasan perbukitan Yeongju yang sangat indah. Tempat ini dipenuhi oleh pepohonan yang menjadikannya terlihat asri. Di kuil Buseoksa terdapat patung Budha dari emas yang sangat terkenal. Namun, kamu harus menyiapkan energi yang banyak sebelum mencapai kuil karena ada banyak sekali anak tangga yang harus dilewati. 

Waktu yang tepat untuk mengunjungi kuil Buseoksa adalah di musim gugur karena saat itu lah keindahan pemandangannya menjadi berlipat ganda. Daun-daun yang berguguran semakin menambah keeksotisan tempat ini. Apalagi kawasan Yeongju juga terkenal sangat damai pasti akan membuatmu betah berlama-lama berada di kuil Buseoksa. 

Baca Juga: 7 Kuil Paling Unik yang Hanya Ada di Thailand, Ada Kuil David Beckham!

3. Kuil Cheongpyeongsa

Bagus Banget, 5 Kuil Terkenal di Korea Selatan Ini Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/masta_minch

Kuil Cheongpyeongsa yang terletak di kaki Obongsan, tepatnya di sisi danau Soyang ini merupakan salah satu destinasi yang tepat untuk dikunjungi bersama keluarga. Tempat ini memiliki pemandangan yang sangat indah, suasana yang tenang dan udara yang sangat sejuk. Untuk bisa sampai ke lokasi kuil Cheongpyeongsa diperlukan waktu sekitar 15 menit dengan naik perahu dari bendungan Soonjang.

Kuil ini pernah mengalami renovasi di beberapa bagiannya karena hampir hancur akibat perang yang terjadi pada tahun 625. Kamu tidak perlu khawatir ketika perutmu keroncongan setelah lelah mengelilingi kuil karena di sana tersedia banyak sekali restoran dan kafe.

4. Kuil Yakcheonsa

Bagus Banget, 5 Kuil Terkenal di Korea Selatan Ini Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/thrusjslens

Terletak di kawasan Seogwipo, Pulau Jeju, Yakcheonsa yang merupakan salah satu kuil terbesar di Korea Selatan ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan udara yang sejuk. Suasana tenang juga begitu terasa di sini. Di sekitar kuil banyak ditumbuhi bunga dan pohon jeruk. 

Ada sekitar 18.000 patung Budha berukuran besar dan kecil di aula kuil. Kuil Yakcheonsa juga memilik sumber mata air yang dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan. Pengunjung yang datang ke kuil Yakcheonsa juga biasanya menggunakan air ini untuk meminta berkah dan keberuntungan. 

5. Kuil Geumsansa

Bagus Banget, 5 Kuil Terkenal di Korea Selatan Ini Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/kto_losangeles

Kuil Budha Geumsansa yang megah ini terletak di daerah pegunungan, tepatnya 20 km dari kota Jeonju. Pemandangan di sekitar kuil sangat indah dan udaranya juga sejuk. Suasana tenang dan damai langsung terasa begitu kamu menginjakkan kaki di kuil Geumsansa. Kamu bisa mengunjungi Geumsansa kapanpun karena kuil ini buka setiap hari. 

Setiap pengunjung yang datang akan didampingi oleh seorang guide yang bisa menerjemahkan bahasa Korea ke dalam bahasa Inggris. Fungsinya supaya pengunjung juga bisa berkomunikasi dengan para bhikkhu di sana. 

Itulah lima kuil terkenal yang wajib kamu kunjungi di Korea Selatan apalagi jika kamu adalah salah satu orang yang menyukai sejarah. Selain budaya KPop-nya, sejarah dari negara Korea Selatan memang sangat menarik untuk dikulik, ya. 

Baca Juga: 10 Kuil Agama Kuno di Negeri Mahabarata yang Harus Kamu Kunjungi

Sinta Listiyana Photo Community Writer Sinta Listiyana

Menulis adalah salah satu caraku untuk berbagi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You