Comscore Tracker

9 Potret Indah 'Masjid Soekarno' di Rusia, Pernah Jadi Gudang Medis

Masyarakat Indonesia menyebutnya dengan Masjid Soekarno

Saat ini, Islam merupakan agama dengan jumlah penganut terbesar kedua di Rusia. Tak heran jika banyak masjid yang bisa kamu temukan di negara ini, salah satunya adalah Masjid Saint Petersburg.

Dapat dikatakan bahwa masjid tersebut adalah saksi bisu hubungan baik antara Indonesia dan Rusia. Menurut catatan sejarah, pada tahun 1956, saat Presiden Soekarno mengunjungi Kota Saint Petersburg, beliau melihat sebuah bangunan yang diyakini sebagai masjid untuk menunaikan sholat. Tetapi, rupanya bangunan tersebut digunakan sebagai gudang medis.

Sekembalinya dari Kota Saint Petersburg, tepatnya di Kota Moskow, Presiden Soekarno meminta izin kepada Pemimpin Tertinggi Uni Soviet yang bernama Khruschev agar bangunan itu dikembalikan fungsinya menjadi tempat ibadah umat Islam dan permintaan tersebut pun disetujui.

Umat Islam di Rusia sangat berterima kasih dan mengapresiasi usaha serta keberanian Presiden Soekarno. Masjid ini pun dikenal sebagai Masjid Soekarno oleh masyarakat Indonesia dan menjadikannya sebagai salah satu destinasi yang wajib untuk dikunjungi saat berada di Rusia.

Berikut ini sembilan potret memesona Masjid Saint Petersburg yang bakal membuatmu terpana.

1. Letak masjid ini ada di Kota St. Petersburg yang merupakan kota terbesar kedua di Rusia

9 Potret Indah 'Masjid Soekarno' di Rusia, Pernah Jadi Gudang Medispotret Masjid Saint Petersburg (instagram.com/botalex)

2. Masjid Saint Petersburg dikenal pula dengan nama Blue Mosque karena memiliki kubah berwarna biru

9 Potret Indah 'Masjid Soekarno' di Rusia, Pernah Jadi Gudang Medispotret Masjid Saint Petersburg (instagram.com/voyagewizz)

3. Dibangun pada tahun 1910, masjid ini baru dibuka secara resmi pada tahun 1913

9 Potret Indah 'Masjid Soekarno' di Rusia, Pernah Jadi Gudang Medispotret Masjid Saint Petersburg (instagram.com/agf1)

4. Bangunan Masjid Saint Petersburg meniru gaya arsitektur Gur-e-Amir yang merupakan makam Timurlenk di Samarkand

9 Potret Indah 'Masjid Soekarno' di Rusia, Pernah Jadi Gudang Medispotret Masjid Saint Petersburg (instagram.com/voyagewizz)

5. Masjid ini dilengkapi menara setinggi 49 meter dan kubah setinggi 39 meter yang ditutupi dengan mozaik keramik berwarna biru langit

9 Potret Indah 'Masjid Soekarno' di Rusia, Pernah Jadi Gudang Medispotret Masjid Saint Petersburg (instagram.com/f.grafinya)

Baca Juga: 11 Masjid Terbesar di Dunia, Masjid Istiqlal Ada di Nomor Berapa?

6. Bagian depan masjid merupakan gabungan ornamen oriental dan mozaik biru pirus dengan dinding terbuat dari batu granit

9 Potret Indah 'Masjid Soekarno' di Rusia, Pernah Jadi Gudang Medispotret Masjid Saint Petersburg (instagram.com/v_in_air)

7. Kaligrafi dari ayat-ayat Al-Quran juga tampak menghiasi bagian depan masjid

9 Potret Indah 'Masjid Soekarno' di Rusia, Pernah Jadi Gudang Medispotret Masjid Saint Petersburg (instagram.com/_tasmaniandevil)

8. Sedangkan pada bagian dalamnya terbuat dari marmer berwarna biru dan lantainya dilapisi karpet yang khusus dibuat oleh para perajin dari Asia Tengah

9 Potret Indah 'Masjid Soekarno' di Rusia, Pernah Jadi Gudang Medispotret Masjid Saint Petersburg (instagram.com/murad.bobo)

9. Bangunan Masjid Saint Petersburg yang megah ini dapat menampung 5.000 jemaah

9 Potret Indah 'Masjid Soekarno' di Rusia, Pernah Jadi Gudang Medispotret Masjid Saint Petersburg (instagram.com/murad.bobo)

Nah, itu dia potret Masjid Saint Petersburg yang memesona. Jangan lupa mengunjunginya saat kamu berkesempatan ke Rusia suatu hari nanti, ya!

Baca Juga: 9 Fakta Masjid Islamic Center Dato Tiro, Wisata Masjid di Bulan Syawal

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya