Comscore Tracker

5 Air Terjun di Cilacap dengan Pemandangan Paling Eksotis

Ada air terjun yang tingginya 100 meter! #LokalIDN

Berbicara tentang Cilacap, pasti yang pertama kali terlintas dalam benak banyak orang adalah keberadaan pantai-pantainya yang eksotis. Padahal selain pantai, salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini memiliki banyak air terjun atau curug yang memukau.

Lantas di mana saja letak air terjun di Cilacap tersebut? Yuk simak uraiannya berikut ini.

1. Curug Cipari 

5 Air Terjun di Cilacap dengan Pemandangan Paling Eksotisinstagram.com/jpmpcilacapbarat

Curug Cipari merupakan salah satu tempat wisata unggulan yang menjadi favoritnya masyarakat Cilacap. Ketinggiannya mencapai 20 meter. Debit air curug Cipari bergantung pada musim. Saat musim hujan aliran airnya sangat deras. Berbanding terbalik dengan musim kemarau di mana airnya bisa mengering.

Tidak jauh dari lokasi air terjun terdapat tempat pemandian air panas. Kamu bisa mengunjunginya ramai-ramai bersama teman ataupun keluarga.

Lokasi: Banyupanas, Cipari, kabupaten Cilacap

2. Curug Cimandaway

5 Air Terjun di Cilacap dengan Pemandangan Paling Eksotisinstagram.com/ferry29gunawan

Curug Cimandaway memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Menjadikannya sebagai air terjun tertinggi di kabupaten Cilacap. Airnya berwarna bening. Pemandangannya masih sangat alami dan asri. Udaranya pun sangat sejuk.

Kebersihan curug Cimandaway terjaga dengan baik. Beberapa fasilitas umum yang tersedia meliputi area parkir yang luas, toilet, tempat istirahat, dan warung makan.

Lokasi: Serang, Sawah dan Ladang, Datar, kecamatan Dayeuhluhur, kabupaten Cilacap

Baca Juga: 10 Makanan Khas Cilacap yang Paling Sedap, Rekomendasi Kulineran Enak

3. Curug Mandala

5 Air Terjun di Cilacap dengan Pemandangan Paling Eksotisinstagram.com/jejakjateng

Curug Mandala memiliki pemandangan alam yang mempesona. Sejauh mata memandang kamu akan menyaksikan betapa indahnya bukit-bukit tinggi yang ditumbuhi dengan berbagai spesies tanaman.

Meskipun airnya jernih dan menyegarkan, namun disarankan agar kamu tidak berenang di kolam yang terletak tepat di bawah air terjun karena sangat dalam. Belum lagi kuatnya arus air yang jatuh dari atas bisa membuat badanmu sakit.

Lokasi: Hutan, Mendala, kecamatan Jeruklegi, kabupaten Cilacap

4. Curug Citepus

5 Air Terjun di Cilacap dengan Pemandangan Paling Eksotisinstagram.com/dolan_cilacap

Curug Citepus termasuk salah satu tempat wisata di Cilacap yang belum memiliki banyak pengunjung. Meskipun begitu tempatnya sangat indah, sejuk, dan dingin.

Di sekitar air terjun yang mempesona, terdapat hamparan sawah hijau nan luas milik penduduk setempat. Debit air curug Citepus tidak bergantung pada musim. Baik pada saat musim hujan ataupun kemarau, airnya tidak pernah mengering.

Lokasi: Jalan Karang Jati RT 01 RW 01, Area Sawah/Hutan, Citepus, kecamatan Jeruklegi, kabupaten Cilacap

5. Curug Penampen

5 Air Terjun di Cilacap dengan Pemandangan Paling Eksotisinstagram.com/masdain_309

Air dari curug Penampen tampak begitu deras mengaliri tebing berwarna hitam di belakangnya. Membuat aliran air tersebut terlihat seperti sebuah tirai putih yang transparan. Lokasinya tidak jauh dari curug Mandala.

Kamu yang ingin bermain air di bawah guyuran air terjun sangat disarankan untuk berhati-hati agar tidak tergelincir bebatuan yang licin karena bisa membahayakan diri sendiri.

Lokasi: Hutan, Mendala, kecamatan Jeruklegi, kabupaten Cilacap

Nah, itulah beberapa rekomendasi air terjun di Cilacap yang wajib dikunjungi karena menyajikan pemandangan yang mengagumkan. Kapan kamu ke sini?

Baca Juga: 5 Air Terjun Paling Populer di Jepara, Keindahannya Bak Surga!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya