Comscore Tracker

5 Air Terjun di Montenegro-Eropa, Pesonanya Sukses Mencuri Perhatian

Pemandangannya bikin terkesima

Bagi pencinta alam dan petualangan, Montenegro merupakan salah satu tujuan wisata terbaik. Negara ini terletak di wilayah Balkan di Eropa Tenggara.

Di sektor pariwisata, Montenegro dikenal dengan garis pantai yang indah di sepanjang Laut Adriatik. Wilayahnya yang dikelilingi oleh danau glasial dan puncak batu kapur menjadikan negara ini sebagai tempat sempurna untuk menemukan beberapa air terjun yang memukau.

Berikut ada lima wisata alam di Montenegro yang ternyata sukses mencuri perhatian para traveler, lho! Mau tahu bocorannya? Intip yuk!

1. Tara Canyon

5 Air Terjun di Montenegro-Eropa, Pesonanya Sukses Mencuri PerhatianTara Canyon (instagram.com/moni_wandering)

Disebut juga sebagai "Grand Canon of Montenegro", Tara Canyon merupakan rumah bagi air terjun kecil dan musiman yang tak terhitung jumlahnya. Air terjun di sini dapat disaksikan selama awal musim semi dan setelah hujan lebat.

Tara Canyon memiliki panjang sekitar 82 kilometer dan dikelilingi oleh hutan pinus yang lebat. Ini adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi oleh para pecinta kegiatan yang menantang.

Beberapa aktivitas seru yang dapat kamu lakukan meliputi arung jeram, zip-lining, trekking, dan jeep safari.

2. Cijevna Waterfall

5 Air Terjun di Montenegro-Eropa, Pesonanya Sukses Mencuri PerhatianCijevna Waterfall (instagram.com/pi.xiepi.c314)

Cijevna Waterfall disebut-sebut sebagai air terjun terbaik di Montenegro. Air terjun ini berasal dari Sungai Cijevna yang terletak hanya 10 menit dari Podgorica.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Cijevna Waterfall adalah pada awal musim semi ketika salju mulai mencair karena aliran airnya menjadi lebih kuat dan deras. Namun, pengunjung disarankan tidak berenang atau bermain air di kawasan air terjun karena sangat berbahaya.

Baca Juga: 10 Pantai Cantik di Montenegro yang Bikin Acara Liburan Jadi Istimewa 

3. Grlja Waterfall

5 Air Terjun di Montenegro-Eropa, Pesonanya Sukses Mencuri PerhatianGrlja Waterfall (instagram.com/merikovacevic1971)

Grlja Waterfall menawarkan pemandangan alam khas Montenegro yang spektakuler. Air terjun ini adalah tempat bertemunya aliran Sungai Vusankskim dan Sungai Vusanje.

Saat Sungai Vusanje mengalir menuju ke Ngarai Gjlja, aliran airnya menjadi lebih deras hingga membentuk beberapa air terjun. Jika diperhatikan, bentuknya menyerupai pintu yang seolah akan membawamu ke dunia lain yang berada di bawah tanah.

4. Kravice Waterfall

5 Air Terjun di Montenegro-Eropa, Pesonanya Sukses Mencuri PerhatianKravice Waterfall (instagram.com/moj.odmor)

Kravice Waterfall yang memiliki ketinggian sekitar 28 meter menawarkan pemandangan alam yang mempesona. Dalam bahasa setempat, kravice berarti 'sapi kecil'.

Dinamakan demikian karena dahulu terdapat seekor sapi kecil jatuh di sungai yang menanjak. Penduduk setempat mengira sapi itu mati, tapi ternyata ditemukan di dasar air terjun dalam keadaan hidup. Sejak saat itulah penduduk setempat menyebut air terjun itu dengan nama Kravice.

Kravice Waterfall terletak sekitar 30 mil di selatan Mostar. Waktu terbaik untuk mengunjunginya yaitu saat musim panas ketika suhu air terjun hangat. Pemandangannya pun lebih indah dibanding saat musim dingin.

5. White Drin Waterfall

5 Air Terjun di Montenegro-Eropa, Pesonanya Sukses Mencuri PerhatianWhite Drin Waterfall (instagram.com/levraipunk)

White Drin Waterfall terletak di Gunung Zhleb yang jaraknya 11 kilometer dari Kota Peja. Ketinggiannya sekitar 25 meter. Lantaran memiliki debit air yang deras, pengunjung dihimbau untuk selalu berhati-hati selama berada di kawasan air terjun.

White Drin Waterfall kerap dikunjungi sebab akses jalan yang dilalui cukup mudah. Kondisi lingkungan yang masih asri dan alami juga menjadikannya sebagai tempat untuk mencari ketenangan.

Dalam hal pariwisata, pesona alam Montenegro memang tak perlu diragukan lagi seperti halnya beberapa air terjun menawan seperti yang telah diulas pada artikel di atas.

Kira-kira mana nih air terjun yang berhasil memikatmu dan ingin dikunjungi untuk pertama kalinya?

Baca Juga: 5 Danau Cantik di Montenegro yang Jadi Destinasi Favorit untuk Healing

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya