Comscore Tracker

5 Air Terjun di Tegal yang Populer, Bak Surga Tersembunyi! 

Pemandangannya asri banget!

Tegal merupakan salah satu wilayah yang ada di provinsi Jawa Tengah. Kota yang berada di jalur pantura ini terkenal dengan potensi wisata alam yang mengagumkan dan tentunya wajib untuk dikunjungi, salah satunya air terjun.

Air terjun banyak dipilih sebagai tujuan berlibur karena mampu menyajikan pemandangan alam yang masih asri dan udara sejuk yang menenangkan. Selain itu, air jernih yang jatuh dari atas juga memberi kesan menyegarkan.

Lantas apa saja air terjun di kota Tegal yang populer? Yuk simak uraiannya berikut ini.

1. Curug Jedor

5 Air Terjun di Tegal yang Populer, Bak Surga Tersembunyi! instagram.com/syariffa10

Curug Jedor masih berada dalam satu kawasan dengan pemandian air panas Guci. Memiliki ketinggian sekitar 15 meter, curug ini masih sangat asri dan alami.

Sayang, fasilitas umumnya belum tersedia. Sama seperti curug Penganten, curug Jedor juga belum banyak dikunjungi oleh wisatawan sehingga suasana di sini benar-benar nyaman dan menenangkan.

Karena aliran air terjunnya bisa dikatakan cukup deras, kamu harus tetap berhati-hati dan waspada saat bermain air di bawahnya.

Lokasi: Ladang, Hutan, Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah

2. Curug Penganten

5 Air Terjun di Tegal yang Populer, Bak Surga Tersembunyi! instagram.com/raihanhibatullah__

Dinamakan curug Penganten karena tempat wisata ini memiliki dua buah air terjun kembar yang letaknya saling berdampingan dengan ketinggian 14 meter dan 10 meter. Namun, keduanya memiliki aliran air yang berbeda di mana salah satunya lebih deras daripada yang lain.

Tepat di bawah air terjun terdapat kolam yang cukup lebar dan tidak terlalu dalam. Oleh penduduk sekitar kolam ini biasanya digunakan untuk mandi. Karena belum memiliki banyak pengunjung, keasrian curug Penganten masih terjaga dengan baik.

Lokasi: Ladang, Hutan, Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah

Baca Juga: 5 Pantai di Tegal yang Cantik Banget, Panoramanya Bikin Tak Berkedip! 

3. Curug Cantel

5 Air Terjun di Tegal yang Populer, Bak Surga Tersembunyi! instagram.com/sirampog_hits

Akses jalan untuk menuju ke air terjun ini tidaklah mudah. Kamu diharuskan berjalan menyusuri sungai yang berbatu dan licin.

Namun, usaha kerasmu akan terbayar saat tiba di lokasi. Pesona air terjun setinggi 60 meter ini sangat mengagumkan, membuat siapa pun sulit berkedip. Diapit oleh dua bukit membuat curug ini terlihat begitu megah.

Lokasi: Jalan Raya Kalipedes, Sigedong, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah

4. Curug Sigeyong

5 Air Terjun di Tegal yang Populer, Bak Surga Tersembunyi! instagram.com/dedimaoelana

Jika curug Cantel merupakan air terjun tertinggi di Tegal, maka curug Sigeyong merupakan air terjun terpendek di Tegal karena tingginya hanya 4 meter saja. Kolam di bawah air terjun juga hanya memiliki kedalaman semata kaki.

Letak curug Sigeyong diapit oleh dinding bebatuan yang bentuknya seperti pilar-pilar batu yang tertata rapi. Pemandangan yang disajikan benar-benar sangat eksotis dan asri.

Lokasi: Sigeyong, kecamatan Pangkah, Tegal, Jawa Tengah

5. Curug Luhur

5 Air Terjun di Tegal yang Populer, Bak Surga Tersembunyi! instagram.com/ardyanto.ow

Tinggi curug Luhur kurang lebih 25 meter. Lokasinya yang berada pada ketinggian 1.000 mdpl menjadikan suasana di sekitar air terjun sangat sejuk. Pemandangannya juga asri dan alami. Tempat ini cocok dikunjungi oleh wisatawan yang menginginkan tempat yang nyaman dan tenang karena tidak banyak pengunjung yang datang.

Lokasi: Sawah, Ladang, Tuwel, kecamatan Bojong, Tegal, Jawa Tengah

Nah, itulah air terjun di Tegal yang paling populer dengan pemandangannya yang luar biasa. Kapan kamu ke sini?

Baca Juga: 5 Wisata Air Terjun Paling Eksotis di Pati, Nyegerin Banget!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya