Comscore Tracker

10 Potret Destinasi Wisata di Montevideo Uruguay yang Menarik Banget 

Dari museum hingga pantai, semuanya bikin speechless!

Montevideo merupakan ibu kota negara Uruguay yang letaknya sejauh 120 mil dari Buenos Aires. Bangunan-bangunan di kota Montevideo memiliki arsitektur bergaya kolonial, neoklasik, dan postmodern dengan budaya Eropa yang sangat kental.

Montevideo memiliki banyak destinasi wisata, mulai dari museum, pantai hingga kastil yang semuanya menawarkan keunikannya masing-masing.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai destinasi wisata apa saja di Montevideo yang wajib dikunjungi, berikut rekomendasinya. Simak ya.

1. Castillo Pittamiglio

10 Potret Destinasi Wisata di Montevideo Uruguay yang Menarik Banget instagram.com/_cristianph_

Castillo Pittamiglio merupakan kastil yang berwarna cokelat kemerahan dengan patung Winged Victory of Samothrace yang tergantung di menara. Bangunannya terdiri dari 23 menara dan 54 kamar.

Di dalam kastil terdapat museum, restoran, dan ruang pameran. Sangat disarankan untuk menggunakan tur berpemandu jika ingin menjelajahi seluruh area kastil agar dapat mempelajari semua detail informasi dan mendapatkan izin memasuki semua kamar.

2. Carnival Museum

10 Potret Destinasi Wisata di Montevideo Uruguay yang Menarik Banget instagram.com/ricardolustt

Carnival Museum didedikasikan untuk mengenang sejarah festival karnaval di Uruguay. Seperti yang kita ketahui bahwa Uruguay memiliki perayaan karnaval terpanjang di dunia yang berlangsung selama 40 hari berturut-turut dimulai pada pertengahan bulan Januari.

Di dalam museum tersimpan berbagai macam bentuk topeng dan kostum yang digunakan untuk karnaval. Saat karnaval berlangsung, akan ada penampilan dari berbagai macam permainan drum, parodi musik, dan tarian candombe. 

3. Plaza Independencia

10 Potret Destinasi Wisata di Montevideo Uruguay yang Menarik Banget instagram.com/pirtko

Plaza Independencia merupakan sebuah alun-alun di Montevideo yang dilengkapi dengan mausoleum dan monumen yang didedikasikan untuk mengenang perjuangan seorang pemimpin militer bernama José Gervasio Artigas. Sedangkan di dalam mausoleum tersimpan guci, beberapa plakat, dan barang-barang peninggalan Artigas.

Sementara itu, di sekitar Plaza Independencia ditanami dengan pohon palem yang berjumlah 33. Tujuannya untuk memberi penghormatan terhadap 33 orang pejuang kemerdekaan yang kala itu dipimpin oleh Juan Antonio Lavalleja y de la Torre.

4. Museo Andes 1972

10 Potret Destinasi Wisata di Montevideo Uruguay yang Menarik Banget instagram.com/liciacapellao

Museo Andes 1972 adalah sebuah museum yang menyimpan berbagai foto, buku, dokumen dan sejumlah benda yang ditemukan saat terjadinya kecelakaan pada Penerbangan 571 Angkatan Udara Uruguay dengan sekelompok pemain rugby sekolah menengah di Andes pada tahun 1972.

Kecelakaan itu telah menewaskan 29 orang dan mereka yang masih hidup terpaksa harus melakukan kanibalisme sebelum akhirnya berhasil selamat setelah melewati salju-salju yang menutupi Andes. Kejadian tragis tersebut telah diangkat dalam film berjudul Alive.

Tujuan didirikannya museum ini adalah untuk menyampaikan pesan, harapan, dan menggambarkan keberanian luar biasa dari korban kecelakaan yang berhasil selamat. 

5. Mercado del Puerto

10 Potret Destinasi Wisata di Montevideo Uruguay yang Menarik Banget instagram.com/giorge

Bagi wisatawan yang ingin mencicipi aneka macam hidangan daging dan pasta Uruguay yang terkenal lezat, sangat disarankan untuk mendatangi Mercado del Puerto. Tempat ini adalah pusat restoran, kafe, dan parillas.Semua makanan dimasak di atas api terbuka menggunakan bumbu-bumbu tradisional. Uniknya makanan dimasak langsung di hadapan para pengunjung.

Sementara itu pada akhir pekan di luar Mercado del Puerto biasanya banyak musisi dan para pengrajin yang menjajakan barang dagangannya.

Baca Juga: Lezatnya 5 Jenis Dessert dari Uruguay, Mana yang Kamu Suka?

6. Teatro Solis

10 Potret Destinasi Wisata di Montevideo Uruguay yang Menarik Banget instagram.com/mvd.uy

Teatro Solis merupakan sebuah teater yang disebut-sebut mampu menyaingi Colosseum. Dibangun pada tahun 1840 oleh seorang arsitek bernama Mariano Arana, Teatro Solis memiliki desain yang terinspirasi dari gedung-gedung opera di Italia yang terkenal megah.

Konstruksi bangunannya menggunakan kayu Siberia, batu tulis, dan marmer. Di dalam gedung terdapat berbagai macam kafe dan toko sovenir. 

7. Pocitos

10 Potret Destinasi Wisata di Montevideo Uruguay yang Menarik Banget instagram.com/pirtko

Pocitos adalah salah satu destinasi wisata terkenal di Montevideo dan menjadi tujuan liburan musim panas paling populer di Uruguay. Di Pocitos terdapat pantai yang posisinya diapit oleh lautan dan sebuah bulevar lebar dengan trotoar yang disebut-sebut menjadi yang terpanjang di dunia.

Selain pantai, terdapat pula restoran kelas atas, toko-toko, hotel mewah, apartemen, bangunan bersejarah, Gereja Santo Yohanes Pembaptis yang didirikan pada abad ke-19 dan Plaza Tomás Gomensoro.

8. Museo Blanes

10 Potret Destinasi Wisata di Montevideo Uruguay yang Menarik Banget instagram.com/mayrapompa20

Terletak di sebuah rumah tua, Museo Blanes didedikasikan untuk pelukis paling terkenal di Uruguay bernama Juan Manuel Blanes. Di sekeliling Museo Blanes terdapat taman yang terawat dengan baik lengkap dengan kolam dan jembatan yang bisa digunakan untuk duduk dan bersantai sembari menikmati keindahan interiornya.

9. Fortaleza del Cerro

10 Potret Destinasi Wisata di Montevideo Uruguay yang Menarik Banget instagram.com/helianthus_annuus1996

Fortaleza del Cerro terletak di ketinggian 134 meter di atas permukaan laut. Dibangun pada tahun 1809, benteng ini dibangun untuk melindungi kota dari serangan angkatan laut sebelum akhirnya diubah menjadi museum.

Yang menjadi daya tarik wisatawan adalah mercusuar abad ke-19 dan museum militer yang ada di dalam benteng. Koleksi museum tersebut meliputi seragam, senjata, dokumen, foto, dan kapal militer.

10. Palacio Salvo

10 Potret Destinasi Wisata di Montevideo Uruguay yang Menarik Banget instagram.com/uypaisajes

Palacio Salvo merupakan Monumen Warisan Nasional Uruguay yang menjadi lambang bagi kota Montevideo. Memiliki 27 lantai dengan tinggi mencapai 100 meter, Palacio Salvo pernah menjadi menara tertinggi di Amerika Selatan.

Bangunan ini memiliki arsitektur bergaya art deco eklektik yang menggabungkan renaisans dan gotik dengan elemen neoklasik yang menjadikan Palacio Salvo sangat mengagumkan.

Nah, itulah potret destinasi wisata di Montevideo Uruguay yang menarik dan wajib dikunjungi. Kira-kira destinasi wisata mana yang ingin kamu datangi pertama kali?

Baca Juga: 5 Sandwich Terenak dari Uruguay, Mana yang Jadi Favoritmu?

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya