Comscore Tracker

6 Fakta Zambia, Negara di Benua Afrika yang Terkurung Daratan

Angka harapan hidup di Zambia disebut-sebut rendah

Terletak di bagian selatan Benua Afrika, Zambia merupakan salah satu negara yang wilayahnya terkurung oleh daratan. Orang Eropa pertama yang datang ke Zambia adalah David Livingstone dari Skotlandia.

Negara ini berbatasan dengan Republik Demokratik Kongo dan Tanzania di sebelah utara, Zimbabwe, Botswana, Mozambik, dan Namibia di sebelah selatan, Malawi di sebelah timur, serta Angola di sebelah barat.

Zambia memiliki luas wilayah sekitar 752.614 kilometer persegi dan beriklim tropis.

Bagi kamu yang penasaran dan ingin tahu Negara Zambia lebih banyak lagi, yuk simak fakta-fakta lainnya berikut ini. Pasti wawasan kamu tentang pengetahuan umum akan bertambah.

1. Dahulu negara ini bernama Zambezia Utara

6 Fakta Zambia, Negara di Benua Afrika yang Terkurung Daratanpotret Lusaka (instagram.com/ninarosengaard)

Nama Zambia diambil dari nama sungai di negara ini, yaitu Sungai Zambezi. Sebelumnya Zambia bernama Zambezia Utara kemudian berubah lagi menjadi Rhodesia Utara.

Ibu kotanya berada di Lusaka yang didirikan pada tahun 1905 oleh pendatang dari Eropa. Pada mulanya Lusaka hanya dihuni oleh 200.000 jiwa saja, tapi sekarang jumlah penduduknya sudah lebih dari 2.000.000 jiwa.

2. Mata pencaharian sebagian besar penduduk Zambia adalah bertani

6 Fakta Zambia, Negara di Benua Afrika yang Terkurung Daratanilustrasi petani (pexels.com/Pixabay)

Mata pencaharian sebagian besar penduduk Zambia adalah sebagai petani. Sedangkan yang lainnya beternak dan menjadi nelayan. Para nelayan di Zambia biasanya mencari ikan di Sungai Zambia.

Sementara itu penduduk yang bercocok tanam menggunakan sistem berpindah tempat dengan metode yang masih tradisional, yaitu mula-mula mereka akan membersihkan tanah dengan cara membabat semak belukar kemudian membakarnya.

Hasil pertaniannya meliputi jagung, sorgum, singkong, kacang tanah, tebu, tembakau, dan kapas.

3. Bahasa resmi negara yaitu bahasa Inggris

6 Fakta Zambia, Negara di Benua Afrika yang Terkurung Daratanpotret bendera Zambia (instagram.com/antroyce_snsd)

Penduduk Zambia terdiri dari bangsa Eropa, terutama Inggris, Asia, dan keturunan India. Maka tak heran jika bahasa resmi negara ini adalah bahasa Inggris.

Selain bahasa resmi, ada pula beberapa bahasa daerah yang kerap digunakan oleh penduduk setempat, yaitu Lozi, Bemva, Lunda, dan Kaonda.

Baca Juga: Menarik Banget, 10 Tempat Wisata di Zambia Ini Wajib Masuk Bucket List

4. Mayoritas penduduknya beragama Kristen Protestan dan Katolik Roma

6 Fakta Zambia, Negara di Benua Afrika yang Terkurung Daratanilustrasi tempat ibadah agama Kristen Protestan (pexels.com/Brett Sayles)

Jumlah penduduk Zambia pada tahun 2020 sekitar 18,38 juta. Dari jumlah tersebut sebagian besar penduduknya memeluk agama Kristen Protestan dan Katolik Roma. Sedangkan agama minoritas di sini yaitu Islam dan Hindu.

5. Angka harapan hidup penduduknya rendah

6 Fakta Zambia, Negara di Benua Afrika yang Terkurung Daratanilustrasi orang Zambia (pexels.com/Dazzle Jam)

Setiap tahunnya, jumlah populasi penduduk Zambia terus mengalami peningkatan. Bahkan di akhir abad ke-20, peningkatannya mencapai 941%.

Sayang, tingginya populasi penduduk tak dibarengi dengan tingkat harapan hidup penduduknya. Diketahui angka harapan hidup penduduk Zambia rendah, yaitu 35 tahun. Hal tersebut disebabkan oleh tingkat AIDS yang sangat tinggi.

6. Memiliki air terjun dan danau buatan terbesar di dunia

6 Fakta Zambia, Negara di Benua Afrika yang Terkurung Daratanpotret Danau Kariba (instagram.com/tinashe_tapera)

Zambia memiliki air terjun terbesar bernama Air Terjun Victoria yang namanya diambil dari nama Ratu Inggris, Victoria. Letaknya di perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe. Ada pula danau buatan terbesar di dunia yaitu Danau Kariba.

Keberadaan danau ini sebagai sumber penghasil listrik yang digunakan untuk pertambangan di Zambia.

Itulah fakta-fakta menarik tentang Zambia yang tentunya semakin menambah wawasanmu. 

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Terbaik Somalia, Destinasi Tersembunyi di Afrika

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya