Comscore Tracker

Keren Banget, 5 Kota di Portugal Ini Wajib Kamu Kunjungi Selain Lisbon

Liburan ke Portugal gak melulu ke Lisbon, lho

Portugal adalah salah satu negara yang terletak di benua Eropa bagian selatan. Masyarakat mengenal Portugal karena prestasinya yang luar biasa di bidang olahraga sepak bola. Dan di negara inilah salah satu bintang sepak bola dunia bernama Cristiano Ronaldo lahir.

Tidak mau kalah dengan negara lainnya di Eropa, Portugal juga memiliki  banyak destinasi wisata yang seru dan menarik, mulai dari bangunan bersejarah dengan arsitektur yang mewah hingga jalanan kota yang sangat mengagumkan.

Berkunjung ke Portugal tidak hanya tentang Lisbon. Perluas pengalaman berliburmu di Portugal dengan menjelajahi beragam kota cantik selain ibu kota. Nah, di bawah ini terdapat lima rekomendasinya. 

1. Sintra

Keren Banget, 5 Kota di Portugal Ini Wajib Kamu Kunjungi Selain Lisbontechnocrazed.com

Sintra adalah kota di Portugal yang terkenal sangat romantis. Letaknya di kaki pegunungan Sintra dan pantai Lisbon. Berkunjung ke Sintra kamu bisa merasakan suasana sejuk khas perbukitan.

Beberapa tempat yang bisa disinggahi meliputi istana dan kastil yang memiliki arsitektur kuno abad pertengahan, vila-vila indah yang bisa dijadikan alternatif kamu menginap di Portugal, istana Palacio National da Pena yang dikelilingi dengan pepohonan dan bunga-bunga yang eksotis serta tempat-tempat lain yang tidak kalah menariknya untuk dijelajahi.

Keindahan yang dimiliki oleh kota Sintra akan membuatmu seperti sedang berada di negeri dongeng.

2. Porto

Keren Banget, 5 Kota di Portugal Ini Wajib Kamu Kunjungi Selain Lisbonescape.com.au

Berlokasi di sebelah utara Portugal, kota Porto yang kaya akan budaya ini juga merupakan tempat berlabuhnya perahu-perahu milik nelayan setempat.

Sejauh mata memandang, kamu akan dimanjakan dengan aneka macam bangunan berwarna-warni yang terbentang di sepanjang bukit dan menghadap ke sungai Douro. Bangunan-bangunan tersebut memiliki arsitektur yang sangat indah yang membuatnya tampak mengagumkan.

Salah satu landmark terkenal di kota Porto yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Ponte Dom Luis yang merupakan jembatan lengkung dua lantai yang terbuat dari logam. Jembatan ini menghubungkan Porto dan Vila Nova de Gaia, yaitu salah satu gudang anggur di Portugal.

Jangan lewatkan juga serunya mengunjungi zona khusus pejalan kaki di kota Porto yang di sekelilingnya banyak dijumpai restoran, kafe, live music dan para pedagang yang menjual aneka macam souvenir khas Portugal yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di tanah air. 

Baca Juga: 8 Tempat Menarik di Algarve Portugal, Pemandangannya Bikin Takjub!

3. Évora

Keren Banget, 5 Kota di Portugal Ini Wajib Kamu Kunjungi Selain Lisbontravel-in-portugal.com

Sudah sejak 2.000 tahun silam, kota Évora menjadi landmark penting bagi peradaban bangsa Romawi. Meskipun termasuk kota tua, tetapi Évora yang memiliki lebih dari 4.000 bangunan bersejarah ini masih terawat dengan sangat baik. 

Beberapa destinasi terkenal yang tidak pernah sepi oleh pengunjung adalah bangunan penting katedral Évora dengan kubah Gothic yang sudah ada sejak abad ke-13, Roman Temple of Évora yang merupakan kuil Romawi kuno, Capela dos Ossos yang di dalamnya dapat menampung sekitar 5.000 kerangka manusia dan masih banyak lagi tempat menarik lainnya yang wajib kamu kunjungi saat berada di Évora.

4. Braga

Keren Banget, 5 Kota di Portugal Ini Wajib Kamu Kunjungi Selain Lisbonerasmusu.com

Di kota Braga yang termasuk salah satu kota terbesar di Portugal, kamu bisa merasakan langsung kombinasi antara kota tua dan kehidupan yang modern. Di kota Braga kamu juga akan dengan mudahnya menemukan berbagai macam kafe, toko, bar dan restoran.

Sebagai kota yang sangat kental dengan agamanya, Braga menjadi pusatnya keuskupan di Portugal yang letaknya di kawasan perbukitan. Di sini para wisatawan diperbolehkan untuk menaiki tangga yang tingginya sekitar 116 meter. Dari tangga tersebut, mereka bisa menikmati indahnya pemandangan kota Braga yang memesona.

5. Guimarães

Keren Banget, 5 Kota di Portugal Ini Wajib Kamu Kunjungi Selain Lisbontravel-in-portugal.com

Liburanmu ke Portugal terasa kurang lengkap jika belum singgah di Guimarães. Kota Guimarães merupakan ibukota pertama negara Portugal saat negara ini di bawah kepemimpinan Afonso I. Ini lah alasan Guimarães disebut-sebut sebagai kota lahirnya negara Portugal. 

Salah satu landmark penting yang sayang untuk dilewatkan saat kamu menginjakkan kaki di Guimarães adalah sebuah kastil tua yang dulunya pernah menjadi tempat tinggal para raja dan tokoh-tokoh sejarah. Kastil tersebut bisa ditempuh dengan perjalanan darat dari kota Porto naik mobil atau bus sejauh 50 kilometer.

Nah, itulah lima kota di Portugal selain Lisbon yang wajib kamu kunjungi karena memiliki pemandangan yang sangat indah, keren, dan menarik.

Kota manakah yang ingin kamu kunjungi pertama kali, guys

Baca Juga: 7 Tips Backpackeran Murah ke Eropa, Siapa Bilang Liburan Harus Mahal?

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya