Comscore Tracker

5 Oleh-oleh Khas Barito Timur yang Populer, Bikin Kalap! 

Keluarga di rumah pasti suka #LokalIDN

Barito Timur merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Tengah. Sebelum resmi berdiri sendiri menjadi sebuah kabupaten pada tahun 2002, Barito Timur masih menjadi bagian dari wilayah Barito Selatan.

Kabupaten yang dihuni oleh suku dayak ma’anyan ini memiliki banyak destinasi wisata alam dan wisata sejarah peninggalan kerajaan kuno yang terkenal.

Nah, jika kamu berkesempatan berkunjung ke kabupaten Barito Timur dan telah menjelajahi destinasi wisatanya yang memukau, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khasnya seperti berikut ini ya.

1. Durian ampah

5 Oleh-oleh Khas Barito Timur yang Populer, Bikin Kalap! Durian ampah (instagram.com/anifazkhaluna)

Perbedaan durian ampah dibanding durian lain adalah ukurannya yang cukup kecil, hanya dua kali kepalan tangan orang dewasa. Tentu saja hal ini membuat isi buah durian ampah juga kecil. Bahkan satu biji buah durian dapat dimakan dalam satu kali telan.

Meskipun begitu rasa durian ampah termasuk ke dalam salah satu jenis durian yang paling enak. Tak heran jika buah ini menjadi salah satu oleh-oleh paling diburu oleh wisatawan.

2. Wadi

5 Oleh-oleh Khas Barito Timur yang Populer, Bikin Kalap! Wadi (instagram.com/dapurindupalui)

Wadi terbuat dari ikan yang telah dicampur dengan garam dan didiamkan kurang lebih selama 24 jam. Kemudian ikan dibersihkan lalu dicampur dengan samu, yaitu beras ketan yang telah disangrai dan ditumbuk kasar. Setelah itu ikan dimasukkan ke dalam toples kaca dan didiamkan selama kurang lebih 6 hari sebelum siap dikonsumsi.

Baca Juga: 6 Makanan Berkuah Santan Khas Kalimantan Selatan, Lezat dan Bergizi!

3. Buah kandris

5 Oleh-oleh Khas Barito Timur yang Populer, Bikin Kalap! Buah kandis (instagram.com/david_apaisali)

Buah kandis dimanfaatkan oleh masyarakat Barito Timur sebagai penyedap dalam berbagai macam jenis hidangan tradisional. Warna buah ini kuning dengan biji mirip buah manggis dan rasanya sangat asam.

4. Bawang dayak

5 Oleh-oleh Khas Barito Timur yang Populer, Bikin Kalap! Lendot (instagram.com/queenollay1023)

Bawang dayak dikenal juga dengan nama bawang sabrang, bawang berlian, bawang tiwai, bawang lubak, dan bawang hantu. Bawang dayak memiliki warna merah yang lebih pekat dibandingkan dengan bawang merah lainnya.

Daripada digunakan sebagai bumbu masak, masyarakat setempat lebih sering menggunakannya sebagai obat tradisional.

5. Gurinding

5 Oleh-oleh Khas Barito Timur yang Populer, Bikin Kalap! Gurinding (instagram.com/bejo_sandydzsandyarto)

Gurinding merupakan alat musik tradisional dari Barito Timur. Cara memainkan alat musik ini hampir sama dengan harpa, yaitu mulut harus menempel pada bagian yang panjang dari gurinding. Lalu gagang tali ditarik sampai menghasilkan nada.

Nah itulah oleh-oleh khas Barito Timur yang bisa kamu bawa pulang untuk keluarga di rumah. Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki ya.

Baca Juga: 7 Dessert Khas Kalimantan Selatan Berbahan Tepung Beras, Bikin Nagih!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya