Comscore Tracker

Kamu Pasti Belum Tahu 18 Pesona Ende, Flores yang Mengagumkan Ini

#PANJATPOIN Pernah menjadi tempat pengasingan Bung Karno

Masih sekitar suasana Hari Kemerdekaan RI. Warga Indonesia pasti tahu bahwa Presiden pertama kita, Ir. Soekarno pernah diasingkan oleh penjajah ke Kota Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur. Dibalik kisahnya yang pernah menjadi saksi bisu pengasingan Bung Karno, ternyata Ende memiliki 18 pesona yang mengagumkan seperti di bawah ini. Simak, ya.

1. Situs Rumah Pengasingan Bung Karno

Kamu Pasti Belum Tahu 18 Pesona Ende, Flores yang Mengagumkan Inibello.id

Rumah Pengasingan Bung Karno yang terletak di Jalan Perwira, Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur ini merupakan museum yang berisi sejarah ketika Bung Karno diasingkan oleh pemerintah Hindia Belanda. Nuansa jadul sangat kentara begitu kamu memasuki rumah ini. Kamu bisa melihat semua benda yang pernah dipakai beliau saat diasingkan di sini. Jika kamu ingin datang kesini, usahakan jangan di akhir pekan ataupun tanggal merah, karena bisa dipastikan museum ini tutup. Tidak ada retribusi masuk, hanya saja silakan kamu mengisi uang sukarela pada kotak yang telah disediakan.

2. Taman Renungan Bung Karno

Kamu Pasti Belum Tahu 18 Pesona Ende, Flores yang Mengagumkan Iniayuwinati.blogspot.com

Di taman ini terdapat patung Bung Karno yang sedang duduk sendirian di tempat duduk panjang. Ini menggambarkan kondisi saat Bung Karno merenungkan negeri tercintanya, Indonesia, di bawah pohon sukun yang menaunginya di taman tersebut. Dari hasil merenung itu lah akhirnya tercetus butir-butir Pancasila yang berjumlah lima. Konon kelima Pancasila tersebut terinspirasi dari pohon sukun yang memiliki daun bercabang lima.

3. Museum Tenun Ikat

Kamu Pasti Belum Tahu 18 Pesona Ende, Flores yang Mengagumkan Inicahyadiende.blogspot.com

Museum Tenun Ikat ini terletak di Jalan Soekarno. Memasuki museum ini kamu akan disuguhkan koleksi kain tenun tradisional dengan berbagai macam motif, seperti motif Mangga, Kelimara, Kembho dan lainnya. Selain itu, kamu juga akan melihat berbagai koleksi gambar museum tersebut.

4. Museum Bahari

Kamu Pasti Belum Tahu 18 Pesona Ende, Flores yang Mengagumkan Iniyukwisatadora.blogspot.com

Museum Bahari memiliki koleksi tulang-belulang ikan, aneka macam satwa dan benda-benda lainnya. Yang paling terkenal adalah tulang-belulang ikan duyung yang telah dirangkai seperti bentuk aslinya.

5. Kampung Adat Ranggase

Kamu Pasti Belum Tahu 18 Pesona Ende, Flores yang Mengagumkan Iniinstagram.com/marlindaelisabeth

Kampung Adat Renggase terletak di Desa Moni. Yang unik dari rumah adat ini adalah adanya hiasan dinding berbentuk seperti payudara yang melambangkan kemakmuran. Beberapa orang yang beruntung ketika datang ke sini bisa bertemu dengan Mama Maria, anak kepala adat yang bisa menceritakan tentang rumah adat tersebut dan artinya.

6. Kampung Adat Wologai

Kamu Pasti Belum Tahu 18 Pesona Ende, Flores yang Mengagumkan Iniinstagram.com/dc_cooki3s_risolles

Kampung Adat Wologai yang berada di ketinggian 1.045 mdpl ini sudah berusia 800 tahun, lho. Untuk mencapai rumah adat ini kamu bisa menyewa mobil seharga sekitar 350 ribu rupiah untuk menempuh jarak 37 kilometer ke Kecamatan Detusoko. Bangunan rumah disini berbentuk kerucut yang dibangun mengelilingi Tugu Kanga, tugu yang biasa digunakan untuk melakukan ritual adat.

7. Kampung Adat Saga

Kamu Pasti Belum Tahu 18 Pesona Ende, Flores yang Mengagumkan Iniinstagram.com/andri_yuni

Akses jalan menuju Kampung Adat Saga sangat mudah karena jalan yang ditempuh sudah halus. Letaknya sangat dekat dengan Danau Kelimutu. Masyarakat di sini masih kental dengan adat dan budaya tradisionalnya, terbukti hingga saat ini mereka masih melaksanakan berbagai macam ritual adat.

8. Gunung Iya

Kamu Pasti Belum Tahu 18 Pesona Ende, Flores yang Mengagumkan Iniinstagram.com/pritt

Kamu yang anak gunung wajib hukumnya untuk menjelajahi gunung yang satu ini. Kamu hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit untuk bisa sampai di puncak. Di puncak Gunung Iya kamu bisa leluasa menikmati pemandangan kawah, Laut Sawu Selatan dan juga Pulau Ende.

9. Gunung Meja

Kamu Pasti Belum Tahu 18 Pesona Ende, Flores yang Mengagumkan Iniinstagram.com/idayrost

Ternyata selain di Cape Town, Afrika Selatan, Indonesia juga memiliki Gunung Meja yang terletak di Ende. Kamu sudah bisa melihat indahnya Gunung Meja saat baru tiba di bandara Ende. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 661 mdpl ini dinamakan Gunung Meja karena bentuk puncaknya yang datar menyerupai sebuah meja.

Baca Juga: 7 Kuliner Super Enak Khas Flores yang Wajib Banget Kamu Cicipi

10. Bukit Cinta Ende

Kamu Pasti Belum Tahu 18 Pesona Ende, Flores yang Mengagumkan Iniinstagram.com/nttadventure

Bukit ini dinamakan Bukit Cinta karena bila dilihat dengan seksama bentuknya seperti hati. Tempat ini menjadi favorit para muda-mudi di Ende. Banyak keindahan alam yang bisa kamu nikmati di sekitar bukit ini, seperti pantai batu cincin dan pantai batu biru.

11. Air Terjun Kede Bodu

Kamu Pasti Belum Tahu 18 Pesona Ende, Flores yang Mengagumkan Iniinstagram.com/tanahtimur

Air terjun Kede Bodu terletak relatif dekat dengan daerah perkotaan. Akses menuju air terjun ini sangat mudah, bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Suasana alam di air terjun Kede Bolu masih sangat asri dan pemandangannya sangat indah.

12. Air Terjun Murundao

Kamu Pasti Belum Tahu 18 Pesona Ende, Flores yang Mengagumkan Iniinstagram.com/ata.lio

Air terjun yang terletak di Desa Koanara ini memiliki ketinggian kurang lebih 15 meter. Pemandangan alam di danau ini masih sangat alami, pesona keindahannya mampu menyihir siapa saja agar betah berlama-lama di sini.

13. Pantai Penggajawa (Blue Stone Beach)

Kamu Pasti Belum Tahu 18 Pesona Ende, Flores yang Mengagumkan Iniinstagram.com/edededan

Keunikan pantai ini adalah adanya batu berwarna hijau kebiru-biruan yang menutupi pasir putih pantai. Karena itulah pantai ini disebut juga Blue Stone Beach. Keindahan pantai ini sangat memanjakan mata dengan air lautnya yang sangat jernih dan alamnya yang masih asri.

14. Pantai Ria

Kamu Pasti Belum Tahu 18 Pesona Ende, Flores yang Mengagumkan Iniinstagram.com/tafakkur.idn

Akses menuju pantai ini sangat mudah karena masih terletak di tengah kota. Air laut yang jernih dengan pasir hitamnya menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai ini. Sangat cocok bagi kamu yang suka memburu sunrise maupun sunset.

15. Pantai Mbu'u

Kamu Pasti Belum Tahu 18 Pesona Ende, Flores yang Mengagumkan Iniinstagram.com/vasc_trip

Belum banyak wisatawan yang mengunjungi pantai ini, sehingga masih sangat asri. Kamu juga bisa menikmati pesona Gunung Meja dari pantai ini. Untuk bisa menikmati keindahan di sini para pengunjung bisa bebas keluar masuk karena tidak ada biaya untuk karcis masuknya.

16. Pantai Batu Cincin

Kamu Pasti Belum Tahu 18 Pesona Ende, Flores yang Mengagumkan Iniinstagram.com/nttadventure

Dari namanya yang tidak biasa, banyak wisatawan yang penasaran ingin mengunjungi tempat ini. Ciri khas dari pantai ini adalah tebing yang terkikis oleh ombak sampai akhirnya membentuk lingkaran seperti cincin sehingga disebut dengan pantai batu cincin. Menikmati hamparan batu alam yang cantik di sepanjang pasir pantai batu cincin juga jangan sampai dilewatkan.

17. Pantai Ena Bara Maurole Read

Kamu Pasti Belum Tahu 18 Pesona Ende, Flores yang Mengagumkan Iniinstagram.com/_dhania90

Berwisata ke pantai ini kamu akan merasakan sensasi berlibur di privat beach karena Pantai Ena Bara belum banyak dikunjungi wisatawan. Yang unik dari pantai ini adalah kamu akan melihat adanya daratan saat ai laut surut pada sore hari sehingga kamu bisa berjalan-jalan hingga ke tengah laut, lho.

18. Danau Kelimutu

Kamu Pasti Belum Tahu 18 Pesona Ende, Flores yang Mengagumkan Iniinstagram.com/celotehbackpacker

Wisatawan yang mengunjungi Danau Kelimutu tidak akan pernah melewatkan sunrise. Pemandangan saat matahari terbit di sini sangat indah. Jangan lupa abadikan momen indahmu di danau ini dan dokumentasikan sebanyak-banyaknya, ya.

Jadi, tempat wisata mana yang akan kamu kunjungi terlebih dahulu? Jangan lupa berfoto sebanyak-banyaknya, ya. Karena fotomu ikut berkontribusi dalam mempromosikan keindahan wisata dalam negeri.

Baca Juga: 6 Wisata Kampung Adat Paling Unik di Flores, Eksotis Banget!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya