Comscore Tracker

5 Tempat Sejarah Keren yang Wajib Dikunjungi Saat ke Maluku Utara

Yuk, sesekali ke tempat bersejarah!

Sebagai daerah yang ratusan tahun lalu pernah diperebutkan oleh berbagai bangsa di Eropa membuat Maluku Utara memiliki banyak tempat bersejarah yang menjadi saksi bisu perjuangan masyarakat untuk mempertahankan keutuhan wilayahnya dari para penjajah. Dan jika ingin napak tilas sejarah di Maluku Utara kamu bisa mengunjungi lima tempat berikut ini. Selain liburan, kamu juga bisa sekaligus belajar untuk menambah wawasanmu mengenai sejarah di tanah air. 

1. Benteng Kalamata

5 Tempat Sejarah Keren yang Wajib Dikunjungi Saat ke Maluku Utarainstagram.com/kita.ternate

Benteng Kalamata yang juga dikenal sebagai Benteng Kayu Merah terletak di bibir pantai, tepatnya di Kelurahan Kayu Merah, Kota Ternate Selatan. Keberadaan Benteng Kalamata juga bisa kamu lihat dengan jelas dari Pulau Tidore dan Pulau Maitara.

Benteng yang didirikan pada tahun 1540 oleh bangsa Portugis ini sangat terkenal di benua Eropa karena pernah diduduki oleh Belanda pada tahun 1609 dan Spanyol pada tahun 1625. Benteng Kalamata memiliki bentuk yang menyerupai empat penjuru mata angin yang terdiri dari empat bastion dengan ujung yang runcing dan memiliki lubang khusus untuk bidikan senjata.

2. Kedaton Kesultanan Ternate

5 Tempat Sejarah Keren yang Wajib Dikunjungi Saat ke Maluku Utarainstagram.com/travelingternate

Kedaton Kesultanan Ternate berlokasi di Limau, Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Sao Siau, Ternate Utara, Pulau Ternate, Maluku Utara. Meskipun didirikan pada tahun 1813, namun sampai sekarang tempat bersejarah yang satu ini masih kokoh dan berfungsi sebagai rumah bagi Sultan Ternate. Bangunan Kedaton Kesultanan Ternate berbentuk segi delapan yang bentuknya menyerupai singa duduk dengan dua kaki menghadap ke arah laut.

Pada bagian tengah bangunan ini digunakan sebagai museum untuk menyimpan berbagai macam benda geologi, etnografi, arkeologi, filologi, teknologi, seni rupa, keramik dan berbagai macam peninggalan Kesultanan Ternate seperti singgasana, mahkota, baju adat, Al-Quran tulisan tangan serta peralatan perang. 

3. Museum Perang Dunia II

5 Tempat Sejarah Keren yang Wajib Dikunjungi Saat ke Maluku Utarainstagram.com/hujantanpapetir

Museum Perang Dunia II beralamat di Juanga, Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara. Museum ini menyimpan berbagai macam bekas peninggalan peperangan antara tentara Sekutu dengan Jepang yang disumbangkan secara langsung oleh mereka yang pernah dan mengalami sendiri peristiwa tersebut.

Pengunjung museum ini sebagian besar adalah para keluarga veteran perang yang datang jauh-jauh dari Amerika dan Australia. Pokoknya Museum Perang Dunia II harus menjadi tempat bersejarah pertama yang harus kamu kunjungi saat pergi ke Maluku Utara, guys.

Baca Juga: Mutiara di Bibir Pasifik, Surga Maluku Utara yang Tersembunyi

4. Benteng Tolukko

5 Tempat Sejarah Keren yang Wajib Dikunjungi Saat ke Maluku Utarainstagram.com/hsbn_marco

Benteng Tolukko terletak di atas bukit yang menjorok ke laut, tepatnya di Kelurahan Sangaji, Kota Ternate, Maluku Utara. Dulu benteng yang dibangun pada tahun 1540 ini digunakan oleh bangsa Portugis untuk memantau kedatangan kapal dan mengerahkan seluruh pasukan ke arah pantai. Puncak Benteng Tolukko menyajikan pemandangan indah dari Laut Maluku, Pulau Tidore dan pesisir barat Pulau Halmahera yang pastinya akan membuat siapa pun terpesona.

5. Benteng Oranje

5 Tempat Sejarah Keren yang Wajib Dikunjungi Saat ke Maluku Utarainstagram.com/anifmiss

Benteng Oranje atau yang juga disebut sebagai Benteng Melayu karena pernah menjadi tempat tinggal orang Melayu saat bangsa Portugis berkuasa ini terletak di Kelurahan Gamalama, Ternate, Maluku Utara. Benteng yang didirikan pada tahun 1607 tersebut juga masih berdiri kokoh sampai sekarang dan merupakan salah satu tempat wisata sejarah favorit di Maluku Utara. Benteng Oranje juga kerap kali digunakan sebagai tempat berkumpulnya berbagai komunitas kreatif asal Ternate, lho. 

Nah, itu lah lima tempat wisata sejarah keren yang wajib dikunjungi saat berada di Maluku Utara. Jadi, kapan kamu kesini, guys?

Baca Juga: Penuh Sejarah, 5 Benteng di Indonesia Ini Wajib Jadi Destinasi Liburanmu

Sinta Listiyana Photo Community Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You