Comscore Tracker

5 Tempat Wisata di Albury-Australia yang Memikat dan Wajib Dikunjungi 

Di sini terdapat sungai terpanjang di Australia

Albury merupakan salah satu kota yang terletak di negara bagian New South Wales, Australia. Kota ini menyuguhkan beragam tempat wisata yang unik dan menarik, mulai dari keindahan alam yang menakjubkan hingga museum dengan koleksi sejarah yang kaya.

Nah, berikut ini deretan tempat wisata di Albury yang wajib masuk list liburanmu di Australia. Keep scrolling!

1. Albury Botanic Gardens

5 Tempat Wisata di Albury-Australia yang Memikat dan Wajib Dikunjungi Albury Botanic Gardens (instagram.com/suewallace54)

Albury Botanic Gardens telah ada sejak tahun 1877. Keberadaan kebun raya kota ini diawali ketika Walikota Albury menanam pohon elm dari Inggris.

Meski wilayahnya tak terlalu luas, tapi di kebun ini terdapat lebih dari 1.000 spesies tanaman. Beberapa di antaranya adalah jati australia, quince asli, weeping lilly pilly, pohon kincir api, getah air, dan pohon api illawarra. Semuanya dapat kamu lihat dengan menyusuri kebun raya selama 40 menit.

Tersedia juga taman kecil untuk anak-anak di mana di dalamnya terdapat dinosaurus seukuran aslinya, kuil peri, dan gua troll.

2. Murray Art Museum

5 Tempat Wisata di Albury-Australia yang Memikat dan Wajib Dikunjungi Murray Art Museum (instagram.com/mamalbury)

Murray Art Museum dibangun pada tahun 1907. Setelah direnovasi dengan menghabiskan dana jutaan dolar, Murray Art Museum dibuka kembali pada tahun 2015. Dilihat dari bangunannya saja museum ini menyuguhkan seni kontemporer yang ciamik.

Ada banyak pameran seni yang bisa kamu saksikan dengan cara berkeliling dari satu tempat ke tempat lainnya, yaitu pameran tentang sistem Sungai Murray, kumpulan fotografi di pedesaan Australia dari awal abad ke-20, Little Gems, dan pertunjukan multi-disiplin oleh seniman dekoratif terkenal bernama Kate Rohde.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Newcastle-Australia Ini Punya Pemandangan Istimewa

3. Lake Hume

5 Tempat Wisata di Albury-Australia yang Memikat dan Wajib Dikunjungi Lake Hume (instagram.com/alburywodongasurrounds)

Didirikan pada tahun 1919, Lake Hume berasal dari Sungai Murray yang dibendung beberapa kilometer di sebelah timur Albury. Luas danau ini sangat besar dan diperkirakan dapat menampung lima kali Pelabuhan Sydney. Tingginya saja mencapai 51 meter dan panjang 1.615 meter.

Berjalan di sepanjang dinding bendungan kamu dapat melihat pemandangan danau dan Gunung Granya yang menjulang di timur. Sedangkan tepi danau dikhususkan bagi kamu yang ingin berkemah.

Lake Hume juga merupakan habitat bagi beberapa ikan air tawar, seperti ikan mas, sirip merah, trout cokelat, trout pelangi, bertengger emas, dan ikan kod murray.

4. Albury Library Museum

5 Tempat Wisata di Albury-Australia yang Memikat dan Wajib Dikunjungi Albury Library Museum (instagram.com/matthewholy)

Albury Library Museum merupakan landmark Kota Albury yang paling terkenal di abad 21. Ini adalah tempat yang tepat untuk mengetahui sejarah Kota Albury. Di dalam museumnya terdapat koleksi berupa artefak, rekaman audio, fotografi, dan cuplikan mengenai perkembangan kota ini dari waktu ke waktu.

Pameran yang tak kalah menarik dan sayang untuk dilewatkan adalah pameran dan pertunjukan tentang perusahaan penerbangan awal lokal bernama "Robbins and Porter". Setidaknya terdapat empat kali pertunjukan yang bisa kamu saksikan dalam sehari.

5. Murray River

5 Tempat Wisata di Albury-Australia yang Memikat dan Wajib Dikunjungi Murray River (instagram.com/lotsoleum)

Murray River merupakan sungai terpanjang di Australia yang panjangnya mencapai 2.508 kilometer. Di sekitar sungai ini kamu akan menemukan pedesaan yang penduduknya ramah, alam berbatu, dan anggur yang nikmat.

Keindahan Murray River dapat kamu jelajahi dengan naik kano ataupun kayak. Kamu dapat melakukannya seorang diri atau menyewa jasa pemandu. Jika beruntung, selama menyusuri Murray River kamu akan melihat langsung sekawanan platipus yang banyak mendiami kawasan ini.

Albury menjadi destinasi tujuan liburan yang tepat bagi kamu yang suka dengan pesona alam dan sejarah. Yakin bisa menolak pesonanya?

Baca Juga: 5 Oleh-oleh Khas Australia yang Unik dan Wajib Kamu Dibawa Pulang!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya