Comscore Tracker

5 Tempat Wisata Populer di Bago-Myanmar, Arsitekturnya Megah!

Bikin berdecak kagum

Bago merupakan salah satu kota besar dan paling bersejarah di Myanmar. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya bangunan berarsitektur kuno dan reruntuhan megah yang kaya dengan nilai-nilai sejarah.

Kamu bisa menemukan dari kuil terkenal hingga patung Buddha berukuran besar yang unik di Bago, Myanmar. Bagi yang penasaran ingin mengetahui lebih banyak tempat wisata di Bago, Myanmar, berikut ini lima rekomendasi yang bisa kamu datangi.

1. Shwethalyaung Buddha

5 Tempat Wisata Populer di Bago-Myanmar, Arsitekturnya Megah!Shwethalyaung Buddha (instagram.com/matarazzokatia)

Menurut legenda yang beredar di masyarakat setempat, Shwethalyaung Buddha dibangun pada abad ke-10 di bawah pemerintahan Raja Mgadeikpa. Patung kemudian direnovasi pada 1906 oleh arsitek terkenal di Myanmar kala itu.

Shwethalyaung Buddha merupakan patung Buddha terbesar di Myanmar dan terbesar kedua di dunia. Panjangnya saja mencapai 180 kaki dengan tinggi 53 kaki.

2. Kanbawza Thardi Palace

5 Tempat Wisata Populer di Bago-Myanmar, Arsitekturnya Megah!Kanbawza Thardi Palace (instagram.com/claracastillo78)

Kanbawza Thardi Palace dibangun oleh Raja Bayinnaung dari Dinasti Taungoo. Arsitektur bangunan ini mencerminkan kemegahan dan kejayaan Myanmar di masa lalu.

Istana besar ini terdiri dari 76 apartemen dan sebuah lounge. Terdapat hiasan berupa dua burung merak pada bagian istana. Sedangkan atapnya dibuat seperti tingkatan dengan jumlah ganjil yang disebut atap pyatthat.

Di dalam istana ada museum dengan koleksi berupa barang, artefak kuno, dan segala informasi tentang sejarah Myanmar. Wah, wisata yang edukatif banget, nih.

3. Shwemawdaw Pagoda

5 Tempat Wisata Populer di Bago-Myanmar, Arsitekturnya Megah!Shwemawdaw Pagoda (instagram.com/kittipongjeng)

Tak jauh dari Kanbawza Thardi Palace terdapat Shwemawdaw Pagoda. Tinggi pagoda yang berusia ribuan tahun ini mencapai 114 meter, lho.

Pagoda berarsitektur kuno tersebut dilapisi emas, sehingga membuatnya tampak berkilauan di bawah sinar matahari. Suasana di sekitar Shwemawdaw Pagoda sangat damai. Di sini juga kerap diadakan upacara dan ritual keagamaan.

Baca Juga: 5 Pulau Paling Mengesankan di Myanmar, Bikin Liburan Tak Terlupakan!

4. Mount Kyaiktiyo

5 Tempat Wisata Populer di Bago-Myanmar, Arsitekturnya Megah!Mount Kyaiktiyo (the Golden Rock) (instagram.com/jgs1812)

Kyaikhtiyo merupakan salah satu monumen paling terkenal di Myanmar dan menjadi mahakarya alam paling mengagumkan. Batu Emas yang sangat dikeramatkan di atas batu ini sudah ada sejak 2.000 tahun lalu.

Batu emas ini berada tepat di tepi gunung. Di bagian atasnya terdapat menara setinggi 7,3 meter. Di setiap sudutnya banyak patung Buddha bertahtakan ribuan batu mulia, ratusan berlian, dan lonceng emas.

Selain arsitektur yang unik dan mengagumkan, pemandangan indah dari puncak gunung juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Indah banget!

5. Kyaik Pun Paya

5 Tempat Wisata Populer di Bago-Myanmar, Arsitekturnya Megah!Kyaik Pun Paya (instagram.com/k.takamine)

Biasanya, dalam perjalanan dari Yangon menuju ke Mount Kyaiktiyo, wisatawan akan menyempatkan singgah di Kyaik Pun Paya. Tempat yang dianggap suci ini merupakan kuil segi empat dengan empat patung Buddha setinggi 27 meter dinamakan Kakusandha, Konagamana, Kassapa, dan Gautama.

Kyaik Pun Paya pernah direnovasi pada abad ke-15 di masa pemerintahan Raja Dhammazedi. Mereka yang datang ke sini selain untuk berdoa juga karena ingin mendapatkan tempat tenang dan damai.

Bago, Myanmar, merupakan destinasi wisata paket lengkap yang menyuguhkan bangunan dengan arsitektur menakjubkan. Semua destinasi wisatanya akan membuat liburanmu semakin berkesan!

Baca Juga: 10 Fakta Kuil Sensoji, Kuil Tertua dan Bersejarah di Jepang

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya