Comscore Tracker

5 Tempat Wisata di Kubu Raya yang buat Kamu Pengin Kembali Berkunjung 

Di mana ya letak Kubu Raya? #LokalIDn

Bagi beberapa orang yang pernah berkunjung ke sini, Kabupaten Kubu Raya di Provinsi Kalimantan Barat dinilai dapat memberikan nuansa dan rasa liburan yang berbeda.

Kabupaten dengan luas wilayah sekitar 6.958 kilometer persegi ini tak hanya terkenal dengan ragam sajian khas yang memanjakan lidah, tapi juga memiliki pesona alam yang memukau. Mulai dari wisata alam hingga wisata sejarahnya pun tak pernah luput dari perhatian wisatawan.

Nah, bagi kamu yang sudah penasaran dengan Kabupaten Kubu Raya, berikut ini terdapat 5 rekomendasi tempat wisata yang bisa menjadi referensi liburanmu. Simak ya!

1. Gunung Ambawang

5 Tempat Wisata di Kubu Raya yang buat Kamu Pengin Kembali Berkunjung Gunung Ambawang (instagram.com/galeri_ambawang)

Nama gunung ini disesuaikan dengan lokasinya yang memang berada di daerah Ambawang. Karena belum pernah terjamah oleh tangan manusia, Gunung Ambawang dikatakan masih perawan. Tak heran jika suasana alami dan asrinya terasa sangat kental.

Selain menyuguhkan pesona gunung yang mampu membuat siapa saja berdecak kagum, Gunung Ambawang juga menyimpan banyak cerita sejarah, lho.

Sayangnya hanya ada beberapa situs sejarah saja yang bisa kamu saksikan, seperti makam tua milik Suku Dayak, tiang bendera bekas penjajahan, dan situs sejarah lain yang tidak memiliki catatan sejarahnya.

Lokasi: Sei Bemban, Kecamatan Kubu, Kabupaten Kubu Raya.

2. Pantai Tengkuyung

5 Tempat Wisata di Kubu Raya yang buat Kamu Pengin Kembali Berkunjung Pantai Tengkuyung (instagram.com/pantaitengkuyung)

Pantai Tengkuyung memiliki garis pantai yang sangat panjang, yakni sekitar 16 kilometer. Dengan garis pantai sepanjang ini tentunya bisa kamu jadikan sebagai tempat rekreasi yang mengasyikkan bersama teman atau keluarga tercinta.

Beragam aktivitas bisa kamu lakukan di sini mulai dari olahraga pantai, bermain pasir, hingga berenang.

Saat senja tiba, pemandangan Pantai Tengkuyung tak kalah eksotis dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Yang menarik adalah pantainya berhadapan langsung dengan Laut China Selatan dan menjadi habitat penyu belimbing.

Lokasi: Desa Sungai Nibung, Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya.

Baca Juga: Resep Pisang Gapit, Makanan Khas Kalimantan yang Nikmat untuk Camilan

3. Dermaga Batu Ampar

5 Tempat Wisata di Kubu Raya yang buat Kamu Pengin Kembali Berkunjung Dermaga Batu Ampar (instagram.com/kak_epeng)

Kamu pasti bertanya-tanya mengapa sebuah dermaga masuk ke dalam daftar tempat wisata di Kubu Raya yang wajib dikunjungi.

Jangan salah. Meskipun berupa dermaga, tapi Dermaga Batu Ampar sangat berbeda dengan dermaga lain yang biasa kamu jumpai. Pemandangannya saja sangat memesona. Terutama saat matahari terbit dan tenggelam.

Tak jauh dari dermaga terdapat pulau-pulau kecil yang semakin menambah indah tempat wisata yang satu ini.

Selain hanya duduk-duduk santai menikmati panoramanya, kamu juga bisa berenang, menyusuri hutan mangrove, dan memancing karena dermaga ini dikenal dengan hasil laut yang cukup banyak. Bila beruntung, kamu bisa membawa pulang udang galah yang ketika dimasak cita rasanya sangat lezat dan nikmat.

Lokasi: Batu Ampar, Kecamata  Batu Ampar, Kabupaten Kubu Raya.

4. Batu Masjid

5 Tempat Wisata di Kubu Raya yang buat Kamu Pengin Kembali Berkunjung Batu Masjid (instagram.com/ardichuan)

Tempat wisata ini dinamakan dengan Batu Masjid karena terdapat gugusan batu yang bentuknya mirip seperti masjid. Uniknya gugusan batu ini terbentuk secara alami dan tak dapat kamu temui di tempat lain karena termasuk jenis batu yang sangat langka. Tentu saja hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Lokasi: Teluk Pakedai Hulu, Kecamatan Telok Pa’kedai, Kabupaten Kubu Raya.

5. Sungai Kakap

5 Tempat Wisata di Kubu Raya yang buat Kamu Pengin Kembali Berkunjung Sungai Kakap (instagram.com/informasipontianak)

Berbatasan langsung dengan Laut Natuna dan Kota Pontianak, Sungai Kakap memiliki peranan penting sebagai alat transportasi dan jalur perdagangan antar daerah.

Saat mengunjungi tempat ini, jangan lewatkan kesempatan menyusuri sungai menggunakan kapal mesin atau klotok, ya. Kamu juga diperbolehkan untuk memancing, lho.

Lokasi: Sungai Belidak, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

Ternyata Kabupaten Kubu Raya menyimpan destinasi wisata alam yang sangat memukau. Mana nih tempat wisata yang membuatmu susah move on karena pesonanya?

Baca Juga: 7 Masjid Tertua di Kalimantan Barat, Saksi Sejarah Penyebaran Islam

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya