Comscore Tracker

5 Tempat Wisata Favorit di Kapuas Hulu Kalbar, Pemandangannya Eksotis!

Indahnya bikin berdecak kagum

Liburan merupakan momen yang paling dinantikan oleh banyak orang karena bermanfaat untuk melepas penat setelah sibuk dengan rutinitas pekerjaan. Jika saat ini kamu sedang merencanakan liburan, tapi bingung menentukan destinasi tujuan, Kabupaten Kapuas Hulu di Provinsi Kalimantan Barat bisa menjadi pilihan.

Kabupaten yang lokasinya berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia ini merupakan tempat yang terkenal dengan kekayaan sumber daya alamnya. Banyak tempat wisata favorit yang bisa dikunjungi. Bahkan pengunjungnya pun tak hanya penduduk lokal saja, tapi juga banyak yang berasal dari daerah lain.

Nah, untuk kamu yang saat ini sedang merencanakan liburan, lima rekomendasi tempat wisata di Kapuas Hulu berikut bisa menjadi referensi liburan yang seru dan menyenangkan. Simak, ya.

1. Taman Nasional Gunung Palung

5 Tempat Wisata Favorit di Kapuas Hulu Kalbar, Pemandangannya Eksotis!Taman Nasional Gunung Palung (instagram.com/btn_gn_palung)

Dari namanya saja kamu pasti sudah dapat membayangkan betapa asri dan alaminya tempat ini. Berdasarkan keputusan Het Zelfbestuur van Het Landschap yang disahkan di Pontianak pada 29 April 1937, Taman Nasional Gunung Palung telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi dengan status kawasan suaka alam.

Kekayaan alam yang terdiri dari beragam spesies hewan dan tumbuhan taman nasional ini luar biasa. Jika ingin menyusurinya, kamu harus memanfaatkan jasa pemandu. Nantinya mereka akan memberikanmu beragam informasi yang tentunya dapat menambah wawasan.

Lokasi: Jalan Piere Tendean, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu

2. Air Terjun Medang

5 Tempat Wisata Favorit di Kapuas Hulu Kalbar, Pemandangannya Eksotis!Air Terjun Medang (instagram.com/aqeelakhalida)

Air terjun merupakan objek wisata yang populer di kalangan pencinta alam. Di Kapuas Hulu terdapat air terjun bernama Air Terjun Medang. Pemandangan di tempat wisata ini tampak asri karena dikelilingi oleh pepohonan lebat. Ada juga aliran air terjun berwarna jernih yang melewati bebatuan menuju ke kolam di bawahnya.

Kesegaran Air Terjun Medang membuat siapa saja tak sabar untuk segera menceburkan diri dan bermain air di dalam kolam. Jangan lupa selalu waspada dan berhati-hati. Aliran air terjun cukup deras serta batu-batu kecil yang licin memenuhi tempat wisata ini.

Lokasi: Sungai Medang, Tani Makmur, Kecamatan Hulu Gurung, Kabupaten Kapuas Hulu

3. Taman Nasional Betung Kerihun

5 Tempat Wisata Favorit di Kapuas Hulu Kalbar, Pemandangannya Eksotis!Taman Nasional Betung Kerihun (instagram.com/pachakusii)

Didirikan pada 1992, Taman Nasional Betung Kerihun memiliki luas wilayah sekitar 8 ribu kilometer persegi. Taman nasional ini kerap disebut-sebut sebagai surga tersembunyi di batas negeri karena lokasinya menjadi pembatas alam antara Indonesia dan Serawak, Malaysia.

Taman Nasional Betung Kerihun termasuk tempat wisata alam liar. Kamu harus menggunakan jasa pemandu wisata apabila ingin masuk ke dalamnya. Jika berkunjung, cobalah untuk melakukan aktivitas menyusuri sungai dan rasakan sensasi menegangkan bertemu spesies reptil berukuran besar atau ular piton yang banyak bersarang di pohon.

Lokasi: Jalan Piere Tendean, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Taman Nasional Meru Betiri, Serpihan Alam Jawa Timur

4. Bukit Tekenang

5 Tempat Wisata Favorit di Kapuas Hulu Kalbar, Pemandangannya Eksotis!Bukit Tekenang (instagram.com/hutanituid)

Bagi kamu yang mendambakan tempat wisata dengan suasana tenang dan minim kebisingan, berkunjung ke Bukit Tekenang adalah jawaban. Bukit ini terletak di tengah kawasan Taman Nasional Danau Sentarum.

Panorama yang disuguhkan Bukit Tekenang dijamin sukses membuatmu takjub, terlebih lagi saat sunrise maupun sunset. Untuk bisa sampai ke sini, kamu harus menempuh perjalanan melewati jalur air dengan naik speedboat selama kurang lebih 30 menit.

Lokasi: Sekulat, Kecamatan Selimbau, Kabupaten Kapuas Hulu

5. Danau Empangau

5 Tempat Wisata Favorit di Kapuas Hulu Kalbar, Pemandangannya Eksotis!Danau Empangau (instagram.com/danaulindung)

Kamu termasuk traveler pencinta alam bebas? Maka dengan memasukkan Danau Empangau ke dalam daftar tempat wisata yang akan kamu kunjungi di Kapuas Hulu adalah pilihan yang tepat.

Merupakan danau alami yang termasuk ke dalam kawasan hutan lindung, suasana alam liar yang disuguhkan oleh Danau Empangau begitu terasa. Tak heran jika keanekaragaman hayatinya juga sangat terjaga dengan baik.

Danau Empangau adalah habitat asli ikan arwana yang masyarakat setempat menyebutnya sebagai siluk. Hal ini ditandai dengan air danau yang berwarna cokelat dan merah kehitaman.

Lokasi: Nanga Empangau, Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu

Meskipun nama beberapa tempat wisata di atas mungkin terdengar asing di telinga, Kapuas Hulu menjadi daerah wisata favorit yang patut untuk dikunjungi. Pasalnya, keindahan pesona alamnya mampu membuat siapa pun terpukau.

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata Terbaik di Kalbar, Banyak Spot Instagramable, lho!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya