Comscore Tracker

5 Tempat Wisata Hits di Tanah Bumbu, Kalsel yang Seru buat Dijelajahi!

Ada goa pra sejarah yang menunggu untuk dieksplorasi

Namanya mungkin masih terdengar asing jika dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia. Namun siapa sangka, Tanah Bumbu yang terletak di Provinsi Kalimantan Selatan ini ternyata memiliki sejuta pesona yang wajib kamu jelajahi. Ada banyak tempat wisata unggulan yang tidak hanya menjadi favoritnya wisatawan lokal, tapi juga wisatawan mancanegara.

Bagi kamu yang masih merasa asing dengan Kabupaten Tanah Bumbu tapi penasaran dengan keindahan alamnya, berikut ini terdapat 5 rekomendasi tempat wisata di Tanah Bumbu yang seru dan menarik untuk dikunjungi. Pastinya akan membuat liburanmu lebih istimewa.

Simak yuk!

1. Air Terjun Mandin Damar

5 Tempat Wisata Hits di Tanah Bumbu, Kalsel yang Seru buat Dijelajahi!Air Terjun Mandin Damar (instagram.com/ceritabanjar_)

Memiliki ketinggian 10 meter dengan lebar sekitar 15-18 meter, Air Terjun Mandin Damar mengaliri sungai-sungai yang ada di Tanah Bumbu. Menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa, air terjun ini kerap dianggap sebagai surga tersembunyi di tanah Kalimantan.

Suasananya asri dan alami, air terjunnya pun berwarna jernih. Sambil bermain air, kamu berkesempatan melihat langsung keanekaragaman flora dan fauna yang menakjubkan.

Lokasi: Gunung Raya, Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu.

2. Goa Liang Bangkai

5 Tempat Wisata Hits di Tanah Bumbu, Kalsel yang Seru buat Dijelajahi!Goa Liang Bangkai (instagram.com/murnie_rifda)

Kamu lebih suka dengan wisata alam? Tenang, tempat wisata alam di Tanah Bumbu ada beragam jenisnya lho. Salah satunya adalah Goa Liang Bangkai atau yang disebut juga dengan nama Goa Peradaban Prasejarah.

Hal tersebut dikarenakan Goa Liang Bangkai memiliki banyak gua lagi di dalamnya, seperti gua candi, gua jamur, gua ukir, gua utama, dan masih banyak lagi yang lainnya. Saat menyusuri goa, kamu akan melihat banyak sarang kelelawar yang hidup di sini

Lokasi: Dukuh Rejo, Kecamatan Mantewe, Kabupaten Tanah Bumbu.

Baca Juga: 7 Air Terjun di Kalimantan Selatan yang Pamerkan Panorama bak Lukisan

3. Pantai Pagatan

5 Tempat Wisata Hits di Tanah Bumbu, Kalsel yang Seru buat Dijelajahi!Pantai Pagatan (instagram.com/witry.photography)

Didominasi dengan pantai dan wisata alam, salah satu pantai terbaik di Tanah Bambu adalah Pantai Pagatan. Pantai ini memiliki deburan ombak yang tenang. Jadi kamu dapat bermain air dengan santai. Hamparan pasir pantainya juga sangat lembut.

Pemandangan yang disuguhkan semakin eksotis dengan kehadiran pohon kelapa di sisi pantai. Terlebih lagi saat senja tiba, suasananya damai dan syahdu.

Pada bulan April di setiap tahunnya selalu diadakan ritual pesta laut atau yang lebih dikenal dengan nama maccera tasi. Tujuan diadakannya ritual ini adalah sebagai bentuk rasa syukur atas hasil laut yang melimpah sekaligus memohon perlindungan untuk para nelayan.

Lokasi: Sei Lembu, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu.

4. Pantai Angsana

5 Tempat Wisata Hits di Tanah Bumbu, Kalsel yang Seru buat Dijelajahi!Pantai Angsana (instagram.com/obbieakhbar)

Sebagai tempat wisata primadona di Tanah Bumbu, tak heran apabila Pantai Angsana selalu ramai dikunjungi. Pengunjungnya pun tak hanya warga lokal saja, tapi juga ada yang berasal dari daerah lain.

Selain menyajikan pemandangan pantai yang memukau, tempat wisata ini juga menyediakan beragam wahana permainan air yang seru, mulai dari banana boat hingga jet ski. Ingin menyaksikan terumbu karang secara langsung pun kamu tak perlu risau karena banyak tempat penyewaan peralatan snorkeling di sini.

Lokasi: Jalan Sawit KM 8, Bunati, Kecamatan Angsana, Kabupaten Tanah Bumbu.

5. Danau Biru Batu Licin

5 Tempat Wisata Hits di Tanah Bumbu, Kalsel yang Seru buat Dijelajahi!Danau Biru Batu Licin (instagram.com/ijas65)

Sebelum dijadikan sebagai tempat wisata, dulunya Danau Biru merupakan bekas galian tambang yang luasnya mencapai 2 hektare. Danau yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan ini memiliki air berwarna biru dan pasir berwarna putih seperti di pantai.

Lokasi: Pondok Butun, Kecamatan Batulicin, Kabupaten Tanah Bumbu.

Bagaimana, terbukti 'kan bahwa tempat wisata di Tanah Bumbu itu sangat beragam? Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk menambah bucket list liburanmu di Kalimantan Selatan, ya! 

Baca Juga: Resep Bubur Baayak Khas Kalimantan Selatan, Kudapan Bergizi

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya