Comscore Tracker

10 Pantai Terindah di Tulungagung, Pesonanya Bikin Gak Mau Beranjak

Keindahan alamnya bikin penat minder datang

Tulungagung merupakan salah satu kabupaten yang terletak di pesisir selatan Jawa Timur. Oleh karena itu, kabupaten ini memiliki banyak pantai populer dengan pesona luar biasa yang bisa dijadikan sebagai pilihan berlibur.

Bahkan, kepopulerannya tak hanya di kalangan wisatawan dalam negeri saja, tetapi juga hingga wisatawan mancanegara. Jika kamu sedang singgah atau liburan ke Tulungagung, sepuluh wisata pantai berikut ini wajib banget masuk dalam daftar kunjunganmu.

1. Pantai Ngalur

10 Pantai Terindah di Tulungagung, Pesonanya Bikin Gak Mau Beranjakpotret Pantai Ngalur (instagram.com/irsaputraw)

Pengunjung Pantai Ngalur cukup banyak saat hari libur atau akhir pekan. Tak tanggung-tanggung, mereka biasanya datang dari luar kota.

Keindahan panorama pantai ini amat memanjakan mata. Hamparan pasir lembutnya yang luas cocok untuk bermain voli pantai atau piknik bersama keluarga maupun teman-teman. Deburan ombaknya juga tenang, sehingga kamu bisa bermain air dengan nyaman.

Lokasi: Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: gratis.

2. Pantai Pucang Sawit

10 Pantai Terindah di Tulungagung, Pesonanya Bikin Gak Mau Beranjakpotret Pantai Pucang Sawit (instagram.com/inazshin)

Pemandangan Pantai Pucang Sawit akan mengingatkanmu dengan pantai-pantai indah di Belitung. Karakteristik utamanya ada pada bebatuan pantai yang berukuran kecil dan teksturnya halus.

Karena lokasi pantai sedikit tersembunyi, jumlah pengunjungnya pun tak banyak. Dengan begitu kebersihan lingkungan masih terjaga dan alamnya pun sangat asri.

Lokasi: Desa Pucanglaban, Kecamatan Pucanglaba, Kabupaten Tulungagung.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: gratis.

3. Pantai Lumbung

10 Pantai Terindah di Tulungagung, Pesonanya Bikin Gak Mau Beranjakpotret Pantai Lumbung(instagram.com/lojikka.hotel)

Dinamakan Pantai Lumbung karena di pinggir pantainya terdapat sebuah batu karang berukuran besar yang dalam bahasa Jawa disebut “watu lumbung.” Memang tidak bisa dipanjat, tapi kamu masih bisa memanfaatkannya sebagai objek foto yang cantik.

Sementara itu, panorama Pantai Lumbung yang indah akan membuat pikiranmu lebih tenang. Kamu juga dapat mendirikan tenda sembari membakar ikan atau jagung bersama partner liburanmu.

Lokasi: Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: gratis.

4. Pantai Klatak

10 Pantai Terindah di Tulungagung, Pesonanya Bikin Gak Mau Beranjakpotret Pantai Klatak (instagram.com/alexander_dendy)

Pemandangan berupa bebatuan kali yang tertata rapi di bibir pantai akan langsung menyambut kedatanganmu begitu tiba di Pantai Klatak. Hal tersebut menimbulkan bunyi “klatak” saat ombak memecah pantai. Alasan inilah yang menjadi cikal bakal dinamakan Pantai Klatak.

Keberadaan tebing karang yang gagah dan menjulang tinggi semakin menambah keindahan pantai. Kamu tak perlu khawatir jika ingin bermain air di Pantai Klatak, karena deburan ombaknya cukup aman.

Lokasi: Jalan Pantai Waru Doyong, Klatak, Keboireng, Besuki, Kabupaten Tulungagung.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: gratis.

5. Pantai Sine

10 Pantai Terindah di Tulungagung, Pesonanya Bikin Gak Mau Beranjakpotret Pantai Sine (instagram.com/tulungagungsparkling)

Jika Pantai Pucang Sawit mirip dengan pantai-pantai di Belitung, lain halnya dengan Pantai Sine. Pantai ini menyuguhkan pemandangan yang tidak jauh berbeda dengan Pantai Sanur di Bali.

Jadi, kamu pun tak perlu jauh-jauh pergi ke Bali dan sebagai gantinya kamu bisa berkunjung ke Pantai Sine di Tulungagung. Keindahan pantai ini mencapai puncaknya saat matahari terbit.

Oleh sebab itu, kamu disarankan datang saat subuh agar bisa mendapatkan pemandangan matahari terbit yang sangat cantik dan istimewa.

Lokasi: Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: gratis.

6. Pantai Sioro

10 Pantai Terindah di Tulungagung, Pesonanya Bikin Gak Mau Beranjakpotret Pantai Sioro (instagram.com/kitatulungagung)

Pantai Sioro menyajikan pemandangan indah nan elok yang dikelilingi tebing karang yang menjorok ke lautan. Kamu juga dapat menyaksikan bukit karang tinggi menjulang yang tak kalah indah.

Namun, karena ombaknya sangat besar dan ganas, disarankan tidak bermain air saat mengunjungi pantai ini.

Lokasi: Area Pegunungan, Ngrejo, Kabupaten Tulungagung.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: gratis.

Baca Juga: 5 Toko Oleh-Oleh di Tulungagung dengan Harga Terjangkau

7. Pantai Dlodo

10 Pantai Terindah di Tulungagung, Pesonanya Bikin Gak Mau Beranjakpotret Pantai Dlodo (instagram.com/kacamata_tulungagung)

Di Pantai Dlodo kamu dapat melihat pemandangan unik dan menarik berupa gundukan pasir atau yang dikenal juga sebagai “gumuk”. Tekstur pasir pantainya halus, sehingga kamu dapat bermain pasir atau piknik sembari membakar ikan dengan nyaman bersama keluarga atau teman.

Memiliki garis pantai sepanjang dua kilometer menobatkan Pantai Dlodo sebagai pantai dengan garis terpanjang di Tulungagung. Garis pantai yang membentang dari sisi timur ke barat ini dibelah oleh sebuah sungai kecil.

Lokasi: Rejosari, Kalidawir, Panggungkalak, Pucang Laban, Kabupaten Tulungagung.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: gratis.

8. Pantai Gerangan

10 Pantai Terindah di Tulungagung, Pesonanya Bikin Gak Mau Beranjakpotret Pantai Gerangan (instagram.com/tulungagungtourism)

Deburan ombak di Pantai Gerangan cukup tenang. Dikelilingi pepohonan asri, sehingga suasananya menjadi lebih sejuk.

Hamparan pasir pantainya juga lembut. Jadi, kamu dapat menggunakannya sebagai tempat untuk berkemah atau sekedar duduk-duduk santai sembari menikmati pemandangan pantai yang indah.

Lokasi: Tanggung Gunung, Area Pegunungan, Ngrejo, Kabupaten Tulungagung.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: gratis.

9. Pantai Sawah Ombo

10 Pantai Terindah di Tulungagung, Pesonanya Bikin Gak Mau Beranjakpotret Pantai Sawah Ombo (instagram.com/mampirotulungagung)

Lokasinya yang tersembunyi berdampak pada masih jarangnya jumlah pengunjung yang datang ke Pantai Sawah Ombo. Namun, suasana tenangnya sangat cocok dijadikan sebagai tempat healing.

Dan meskipun letaknya jauh dari perkotaan, pemandangan yang sangat indah menjadikan pantai ini layak dikunjungi. Kamu pun dapat merasakan sensasi seperti sedang berlibur di pantai pribadi.

Lokasi: Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: gratis.

10. Pantai Brumbun

10 Pantai Terindah di Tulungagung, Pesonanya Bikin Gak Mau Beranjakpotret Pantai Brumbun (instagram.com/kacamata_tulungagung)

Pantai Brumbun memiliki garis pantai sepanjang 500 meter. Deburan ombaknya tenang, sehingga kamu dapat bermain air atau berenang. Terdapat pula sebuah delta kecil cantik yang kerap dijadikan sebagai latar belakang berfoto.

Lantaran akses jalannya cukup terjal dan berliku, kamu disarankan mengendarai sepeda motor jika ingin datang ke sini.

Lokasi: Area Pegunungan, Ngrejo, Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung.

Jam operasional: setiap hari, 24 jam.

Harga tiket: gratis.

Itu dia sepuluh rekomendasi wisata pantai di Tulungagung yang wajib kamu kunjungi. Keindahan pantai-pantai tersebut pun dapat kamu nikmati dengan gratis, lho. Kira-kira pantai mana nih yang ingin kamu kunjungi pertama kali?

Baca Juga: Memesona, Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata Alam Populer di Tulungagung

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya