Comscore Tracker

Tak Punya Waktu Mendaki Rinjani? Bukit Pergasingan Bisa Jadi Alternatif lho!

Dari puncak Bukit Pergasingan bisa lihat Gunung Rinjani lho!

Gunung Rinjani yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, menjadi salah satu destinasi impian bagi pendaki Indonesia. Dengan ketinggian mencapai 3.726 meter di atas permukaan laut, Gunung Rinjani memiliki panorama alam yang super epic.

Untuk mendaki Gunung Rinjani, diperlukan waktu kurang lebih lima hari hingga mencapai puncaknya. Terlebih jika harus bermalam di Danau Segara Anak, tentu akan membutuhkan waktu lebih lama. Nah, bagi yang tak punya banyak waktu, Bukit Pergasingan bisa menjadi alternatif lho!

Tak Perlu Waktu Berhari-hari 

Tak Punya Waktu Mendaki Rinjani? Bukit Pergasingan Bisa Jadi Alternatif lho!rinjanimountaineer.com

Bukit Pergasingan terletak di sebelah timur laut Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Dengan ketinggian tak sampai setengah Gunung Rinjani, tak perlu waktu berhari-hari untuk mendaki bukit pergasingan.

Bukit dengan ketinggian 1.670 meter di atas permukaan dapat dicapai hanya sekitar tiga jam. Umumnya, pendaki berangkat dini hari dan bermalam di puncak untuk menunggu matahari terbit. Perjalanan menuju Bukit Pergasingan dapat dimulai dari Desa Sembalun Lawang menuju gerbang pendakian Bukit Pergasingan.

Dari Desa Sembalun Lawang menuju gerbang pendakian dapat ditempuh dengan menyewa ojek motor ataupun mobil pikap. Atau jika ingin pemanasan sebelum benar-benar mendaki, bisa juga dengan berjalan kaki.

Baca Juga: 7 Alasan Lombok Layak Jadi Objek Pariwisata Halal

Trek Terbilang Cukup Mudah

Tak Punya Waktu Mendaki Rinjani? Bukit Pergasingan Bisa Jadi Alternatif lho!travel.kompas.com

Untuk sampai ke puncak Gunung Rinjani, pendaki harus melewati beragam jenis trek. Bukit Penyesalan dan Bukit Penderitaan merupakan dua trek di Gunung Rinjani yang benar-benar berat. Bayangkan saja, sebanyak tujuh buah gundukan di Bukit Penyesalan dan sembilan buah gundukan di Bukit Penderitaan harus dilewati.

Namun, untuk sampai di puncak Bukit Pergasingan tak perlu menyesal atau bahkan menderita. Trek di awal pendakian berupa anak tangga berjumlah 105 buah. Setelah itu, trek berlanjut dengan jalur tanah berbatu dengan kemiringan sekitar 60-70 derajat. Meskipun tak terlalu sulit, harus tetap berhati-hati, karena jurang terjal ada di sisi kanan dan kiri.

Pemandangannya Tak Kalah Epic

Tak Punya Waktu Mendaki Rinjani? Bukit Pergasingan Bisa Jadi Alternatif lho!indonesia-tourism.com

Dibandingkan Gunung Rinjani, ketinggian Bukit Pergasingan memang nggak ada setengahnya. Tapi soal pemandangan selama perjalanan, Bukit Pergasingan tak kalah ciamik. Terlebih jika sudah mencapai puncak bukit, beragam pemandangan disajikan oleh alam, mulai dari persawahan, permukiman penduduk, hingga Gunung Rinjani yang gagah menjulang tinggi. Tak cuma itu, saat itu di puncak bukit, padang sabana yang cukup luas akan menyambutmu.

Masih ragu mendaki Bukit Pergasingan? Jangan terlalu lama berpikir, yuk segera kemasi ranselmu!

Baca Juga: 7 Open Trip Paling Bagus di Indonesia, Harganya Terjangkau Lho!

Topic:

Berita Terkini Lainnya