Comscore Tracker

5 Bangunan Terbengkalai di Dunia yang Diubah Jadi Rumah Mewah

Ada yang bekas bangunan Perang Dunia II lho

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, bangunan bukan hanya sebagai tempat tinggal atau berteduh saja. Manusia saat ini telah berhasil mengembangkan dan membawa desain, serta arsitektur yang menakjubkan ke ruang hidup kita.

Pemilik dan arsitek bahkan melakukan pekerjaan yang hebat dalam mengubah bangunan yang terbengkalai dan tidak memiliki nilai jual menjadi properti yang mahal dan spektakuler.

Berikut ini beberapa bangunan terbengkalai di dunia yang disulap menjadi bangunan menakjubkan oleh para arsitektur.

 

1. Menara air di Belgia direnovasi menjadi rumah mewah dengan enam lantai

5 Bangunan Terbengkalai di Dunia yang Diubah Jadi Rumah MewahMenara air Steenokkerzeel, Belgia (dok. Bham Design Studio)

Sebuah menara air yang pernah digunakan sebagai menara pengawas dalam Perang Dunia II di Desa Steenokkerzeel, Belgia, yang telah ditinggalkan sejak 1990-an direnovasi sepenuhnya oleh Bham Design Studio pada 2009. Mereka mengubah menara setinggi 30 meter tersebut menjadi rumah mewah yang menakjubkan.

Menara air itu dibeli seharga 43 ribu dolar pada 1996 oleh Patrick Mets yang telah terpesona pada menara seluas 450 meter ini sejak masa remaja. Renovasi menara dirancang selama lima tahun dan menelan dana sebesar 2,1 juta dolar.

Menara air ini terdiri dari enam lantai dengan lantai pertama dan kedua digunakan sebagai pintu masuk utama.

2. Kuil Freemason direnovasi menjadi rumah yang menyenangkan bagi anak-anak

5 Bangunan Terbengkalai di Dunia yang Diubah Jadi Rumah MewahKuil Freemason (insider.com/Theresa Cannizzaro)

Di Indiana, terdapat kuil Freemason yang pernah digunakan oleh perkumpulan rahasia untuk bertemu selama hampir 100 tahun. Suku tersebut akhirnya meninggalkan tempat itu dan dijual pada 2017.

Sepasang suami istri asal San Diego, Theresa dan Atom Cannizzaro, membelinya seharga 89 ribu dolar dan mengubahnya menjadi rumah mewah bagi mereka. Alasan mereka membeli kuil Freemason tersebut pada dasarnya karena ingin menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak-anak mereka, serta di dekatnya terdapat pertanian yang menarik perhatian mereka.

Mereka akhirnya mengubah bangunan tersebut yang terbengkalai dan berhantu menjadi rumah yang menyenangkan bagi anak-anak mereka.

Namun, renovasi rumah relatif lambat karena Theresa dan Atom tidak memutuskan mengambil pinjaman untuk melakukannya. Dana untuk merenovasi kuil Freemason berasal dari hasil penjualan rumah lama mereka di San Diego.

Kabarnya, mereka berencana membangun ruang bawah tanah untuk tempat-tempat acara komunitas atau bioskop.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Menarik dan Populer yang Bisa Dikunjungi di San Diego

3. Sekolah dasar di Pennsylvania diubah menjadi rumah yang bernilai 2,3 juta dolar

5 Bangunan Terbengkalai di Dunia yang Diubah Jadi Rumah MewahRumah sekolah di Mount Morris, Pennyslvania (realtor.com/Lisa Brennen)

Sebuah sekolah dasar seluas 11 hektar yang terbengkalai dan berhantu di Mount Morris, Pennsylvania diubah menjadi rumah bergaya peternakan oleh sepasang suami istri pada 2016. Sekolah dasar Perry dibuka pada 1965 dan mereka menyebut bahwa rumah ini mereka bernilai 2,3 juta dolar setelah direnovasi.

Di depan rumah ini, siapa pun bisa melihat tulisan tebal bertuliskan 'Rumah Sekolah' dengan ruang tamu yang besar yang memiliki perapian modern. Sementara kantin sekolah di rumah ini diubah menjadi dapur modern dengan ruang penyimpanan makanan yang memiliki kapasitas raksasa.

Terdapat empat kamar tidur dengan kamar mandi yang memiliki interior yang dibiarkan seperti aslinya. Beberapa aspek seperti gimnasium, ruang kebugaran pribadi, dan arkade besar juga dibiarkan tetap utuh.

Karena ruang kosong yang luas, rumah ini memiliki garasi yang bisa menampung 30 mobil, lho.

4. Pabrik pemompaan air diubah menjadi rumah mewah sekaligus tempat kerja

5 Bangunan Terbengkalai di Dunia yang Diubah Jadi Rumah MewahPabrik pemompaan air di Berlin (archdaily.com)

Karena lokasinya yang aneh, rencana pemompaan air di pinggiran kota Berlin yang rimbun tidak berjalan lancar pada 1990-an. Namun, dua teman seniman, Michael Elmgreen dan Ingar Dragster, melihat peluang untuk mendapatkan bangunan yang terbengkalai tersebut dan membelinya hanya dengan harga 700 ribu dolar.

Michael dan Ingar melihat unggahan penjualan pabrik pemompaan air itu di situs real estate online dan langsung membelinya pada 2006. Keduanya kemudian mengubah bangunan itu menjadi rumah sekaligus tempat kerja.

Bangunan yang direnovasi oleh arsitek Wenk dan Wiese itu memiliki aula utama setinggi 13 meter, serta empat lantai yang lebih kecil di bagian utara. Saat ini, aula utama digunakan sebagai ruang bekerja bagi seniman sekaligus galeri mereka.

5. Pusat kontrol lalu lintas udara direnovasi menjadi rumah dengan panorama lapangan terbang Little Walden

5 Bangunan Terbengkalai di Dunia yang Diubah Jadi Rumah MewahPusat kontrol lalu lintas udara di Hadstock, Essex (standard.co.uk)

Terletak di Hadstock, Essex, bangunan terbengkalai ini pernah digunakan sebagai pusat kendali lalu lintas udara dalam Perang Dunia II. Namun pada 2002, seseorang membelinya dan memodifikasinya menjadi rumah modern dengan mempertahankan desain aslinya.

Bangunan ini memiliki pemandangan lapangan terbang Little Walden yang damai dengan pedesaan di sekitarnya. Dinamai menara kontrol, karena bangunan ini terletak tiga mil dari Saffron Walden serta dahulu digunakan untuk menyimpan surplus militer sebelum akhirnya ditutup pada 1958.

Ruang tamu dan kamar tidur terletak di lantai pertama bangunan ini untuk memudahkan menikmati pemandangan pedesaan di sekitarnya yang indah. Sementara bagian bawah terdiri dari dapur, kamar tidur yang lain, ruang keluarga, dan taman besar dengan area dek.

Dengan ide dan tenaga yang dikerahkan oleh pemilik dan arsitektur, hal ini membuktikan bahwa bangunan terbengkalai saat ini bisa menjadi rumah dengan nilai yang fantastis. Bahkan bekas sekolah di Pennsylvania bernilai 2,3 juta setelah direnovasi, lho.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Terpopuler di Delaware-Amerika Serikat, Memukau!

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya