Comscore Tracker

5 Hutan Pinus Terbaik di Yogyakarta, Hawanya Sejuk dan Segar

Ada yang pernah didatangi Barack Obama!

Yogyakarta terkenal dengan wisata alam yang ada di setiap daerahnya. Kini, banyak wisatawan yang datang ke Yogyakarta tidak hanya untuk menikmati suasana Malioboro, namun juga berkunjung kr berbagai wisata alam.

Salah satu wisata alam yang berkembang di Yogyakarta adalah hutan pinus. Hutan pinus memiliki ciri khas daun berbentuk duri. Suasananya sejuk dan banyak spot foto yang Instagramable.

Banyak rekomendasi hutan pinus yang wajib kalian kunjungi saat ke Yogyakarta. Simak daftar selengkapnya berikut ini.

1. Seribu Batu Songgo Langit

5 Hutan Pinus Terbaik di Yogyakarta, Hawanya Sejuk dan SegarSeribu Batu Songgo Langit (Instagram.com/hansptra.hm)

Seribu Batu Songgo Langit memiliki berbagai spot foto yang unik. Ada rumah Hobbit, rumah seribu kayu, jembatan jomblo, taman tumpah, dan puncak songgo langit dengan panorama alam.

Untuk mencapai puncak songgo langit, kamu membutuhkan waktu kurang lebih satu jam. Di area puncak songgo langit terdapat berbagai macam spot foto, warung kuliner, musala, dan pemandangan alam sekitar. Harga tiket masuknya dikenakan tarif sekitar Rp3 ribu. 

2. Hutan Pinus Mangunan

5 Hutan Pinus Terbaik di Yogyakarta, Hawanya Sejuk dan SegarHutan Pinus Mangunan (instagram.com/iphul_stromp)

Tidak jauh dari Songgo Langit Seribu Batu terdapat Hutan Pinus Mangunan. Ciri khas tempat wisata ini adalah terdapat panggung pertunjukan dan bangku pengunjung yang terbuat dari kayu membentuk setengah lingkaran.

Ada beberapa spot foto yang bagus di tempat ini. Mulai dari gardu pandang, taman bunga, rumah pohon, dan beberapa area yang telah dipasangi ayunan tali, cocok banget untuk berfoto. Hutan pinus ini menjadi salah satu tempat yang ramai untuk prewedding, lho. Suasananya memang romantis banget. Harga masuknya cuma Rp3 ribu, lho.

3. Hutan Pinus Asri

5 Hutan Pinus Terbaik di Yogyakarta, Hawanya Sejuk dan SegarHutan Pinus Asri (instagram.com/soniegi_ofc)

Tidak jauh dari Mangunan, terdapat hutan pinus yang tak kalah menarik, yaitu Hutan Pinus Asri. Untuk masuk ke tempat wisata ini akan dikenakan tarif sekitar Rp3 ribu per orang.

Di samping area parkir banyak warung kuliner yang telah tersedia. Dengan menyantap es degan dan menikmati pemandangan pohon pinus, suasana akan terasa lebih sejuk dan nyaman.

Spot foto di tempat ini juga tidak kalah menarik, lho. Mulai dari gardu pandang, rumah pohon, spot berbentuk bintang, dan juga taman bunga. Untuk mencapai gardu pandang, kamu perlu berjalan kaki kurang lebih setengah jam dari pintu masuk. Pemandangan perbukitan yang tampak dari gardu pandang akan membayar lelahmu.

Baca Juga: 5 Wisata Hutan Pinus di Jawa Timur, Seru buat Dijelajahi!

4. Puncak Becici

5 Hutan Pinus Terbaik di Yogyakarta, Hawanya Sejuk dan SegarPuncak Becici (instagram.com/puncak_becici_jeep_adventure)

Puncak Becici merupakan hutan pinus dengan luas mencapai 4 hektare. Kamu bisa melihat pemandangan Candi Prambanan, pantai, dan juga menikmati keindahan matahari terbenam dengan leluasa.

Hutan pinus ini terletak di Gunung Cilik, Bantul. Terdapat beberapa spot foto, seperti gardu pandang, rumah marsupilami, rumah jamur, dan taman cinta.

Buat yang belum tahu, mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama juga pernah berkunjung ke sini, lho.  Untuk harga tiket, pengunjung dikenakan tarif Rp3 ribu saja.

5. Hutan Pinus Pengger

5 Hutan Pinus Terbaik di Yogyakarta, Hawanya Sejuk dan SegarHutan Pinus Pengger (twitter.com/Angie Achorn)

Hutan Pinus Pengger merupakan salah satu hutan pinus yang cocok dijadikan lokasi hunting foto pada malam hari. Lampu-lampu yang telah terpasang  akan membuat hasilnya semakin keren. Tidak hanya hasil foto yang keren, kamu pun akan merasakan suasana romantis dan syahdu.

Beberapa spot foto seperti tangan raksasa, sarang burung, jembatan kayu, dan rumah pohon bisa kamu temukan di sini. Lokasi hutan pinus ini terletak di Jalan Dlingo-Patuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Kelima hutan pinus di atas bisa menjadi tujuan wisatamu saat ke Yogyakarta. Nikmati sejuk dan damainya suasana hutan pinus ini, ya!

Baca Juga: 5 Spot Nongkrong di Puncak Cisarua Bogor, Estetik dan Nyaman

Siti Fitria Ratnasari Photo Writer Siti Fitria Ratnasari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya