Comscore Tracker

Diunggulkan Pemerintah Jawa Barat, Inilah 5 Pesona Curug Malela   

Pemandangannya asri nan memukau #LokalIDN

Wisata alam menjadi salah satu pilihan untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Dan warga Indonesia gak perlu jauh-jauh ke luar negeri ketika hendak berwisata sebab negeri ini terkenal dengan kekayaan alamnya yang dikelola menjadi destinasi wisata alam.

Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote terdapat tempat wisata yang menarik, tak terkecuali Bandung. Kota Kembang terkenal dengan tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam. Namun siapa sangka, ternyata Bandung memiliki curug atau air terjun yang dijuluki 'The Little Niagara' karena mirip dengan air terjun yang ada di perbatasan Amerika-Kanada.

Curug tersebut bernama Curug Malela. Letaknya di Kampung Malid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Karena keunikannya, Curug Malela menjadi salah satu destinasi wisata yang diunggulkan oleh Pemerintah Jawa Barat dan diharapkan dapat menarik banyak wisatawan. 

Penasaran seperti apa keindahan Curug Malela? Yuk, wisata online dulu!

1. Di tengah perjalanan akan disuguhkan pemandangan perkebunan teh. Sejuk banget!   

Diunggulkan Pemerintah Jawa Barat, Inilah 5 Pesona Curug Malela   Dok. Pribadi/Sri Maria

Dari pusat Kota Bandung ke Kampung Malid membutuhkan waktu sekitar 3-4 jam. Cukup melelahkan tetapi akan terbayar ketika memasuki Kecamatan Gununghalu. Mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan perkebunan teh dan pepohonan rindang di kiri dan kanan jalan.

Jalan yang harus dilewati cukup sempit dan berbelok-belok, tentunya akan menguji adrenalinmu. Benar-benar petualangan yang gak terlupakan. 

2. Lahan parkir yang luas dan terdapat banyak warung. Murah dan sehat, lho!

Diunggulkan Pemerintah Jawa Barat, Inilah 5 Pesona Curug Malela   Dok. Pribadi/Sri Maria

Pengunjung yang membawa kendaraan motor maupun mobil, jangan khawatir karena lahan parkir di Curug Malela luas dan bersih. Cukup dengan membayar biaya parkir Rp3000-5000 rupiah, kendaraan kamu akan aman dalam pantauan mamang parkir di sana.

Selain itu, buat pengunjung yang gak sempat atau gak mau repot membawa bekal makanan dari rumah, bisa membelinya di warung-warung sekitar area parkir. Makanan dan minuman yang dijual tentunya halal, enak, dan harganya terjangkau.

Baca Juga: Wisata Curug Badak Batu Hanoman: Info Rute, Lokasi, Harga, dan Tips

3. Banyak spot foto instagramable berlatar pemandangan alam. Yakin gak mau ke sini?

Diunggulkan Pemerintah Jawa Barat, Inilah 5 Pesona Curug Malela   Dok. Pribadi/Sri Maria

Perjalanan dari area parkir ke lokasi air terjunnya dibutuhkan waktu sekitar 30 menit jika ditempuh dengan berjalan kaki. Pengunjung yang gak mau capek atau ingin cepat sampai bisa menggunakan jasa ojek. Pastinya tukang ojek di sana sudah berpengalaman melewati jalanan berbatu dan tanah licin.

Selama perjalanan kamu akan melihat keindahan hamparan gunung dari jarak jauh, dan rasanya seperti di atas awan. Udara sejuk khas Bandung akan membayar rasa lelahmu. Di beberapa titik disediakan spot foto instagramable. 

4. Ikon Curug Malela menjadi favorit para pengunjung. Keren banget! 

Diunggulkan Pemerintah Jawa Barat, Inilah 5 Pesona Curug Malela   Dok. Pribadi/Sri Maria

Plaza Curug Malela berbentuk lingkaran ini dibangun pada tahun 2019 dan menghabiskan dana sebesar Rp 3 miliar. Plaza ini menjadi ikon Curug Malela sekaligus menjadi tempat favorit para pengunjung.

Setiap pengunjung yang datang ke sana gak pernah melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen bahagia mereka. Biasanya mereka akan meng-share di sosial media atau sekadar untuk koleksi di galeri handphone

5. Pesona 'The Little Niagara' milik Indonesia memang gak terbantahkan. Semakin cinta Indonesia! 

Diunggulkan Pemerintah Jawa Barat, Inilah 5 Pesona Curug Malela   Dok. Pribadi/Sri Maria

Gak heran kalau Curug Malela dijuluki 'The Little Niagara'. Rupanya air terjun kebanggaan Jawa Barat ini memiliki tinggi 60-70 meter dengan lebar 50 meter. Uniknya, Curug Malela memiliki 5 jalur air terjun. 

Nah, itu dia daya tarik yang dimiliki Curug Malela.Traveler sejati wajib banget mengunjungi air terjun ini. Tetap bangga dengan kekayaan alam Indonesia, ya!

Baca Juga: 5 Air Terjun Paling Indah di Garut Selatan, Nyegerin Banget!

Sri Maria Photo Verified Writer Sri Maria

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya