Comscore Tracker

Berangkat Sampai Pulang, Ini Panduan Wisata Seru ke Danau Toba

Pantengin dulu ini tipsnya!

Buat kamu yang bosan dengan pantai atau gunung, Danau Toba bisa jadi salah satu alternatif terbaikmu untuk liburan. Suasana baru yang pastinya beda dengan tempat wisata pada umumnya bakal bikin kamu betah dan enggan pulang. 

Danau terbesar se-Asia Tenggara ini memiliki panjang 100 kilometer , lebar 30 kilometer dan kedalaman 1.600 meter. Pemandangan yang bakal kamu dapatkan di sana sungguh priceless dan pastinya bikin kamu gak bisa lupa. Nah, tahu gak sih kamu berapa biaya, penginapan, sampai tempat apa saja yang wajib kamu kunjungi di sana?

Buat kamu yang ingin menjadikan Toba sebagai destinasi wisata kamu selanjutnya, sebaiknya kamu baca baik-baik informasi di bawah ini, ya!

1. Gak menguras seluruh tenagamu untuk perjalanan, itu sebabnya Danau Toba perlu kamu pertimbangkan sebagai destinasi wisatamu selanjutnya

Berangkat Sampai Pulang, Ini Panduan Wisata Seru ke Danau Tobadestinasian.co.id

Soal transportasi ke sana, kamu gak perlu takut bakal menghabiskan waktu seharian di jalan atau bersusah-susah ria. Jalan ke lokasi terbilang mudah dan bisa diakses kapan saja. Buat kamu yang melakukan perjalanan udara, dari Jakarta misalnya, kamu tinggal naik satu kali pesawat dengan harga minimal Rp. 1.700.000.

Turun di Bandara Udara Silangit, kamu harus melanjutkan perjalanan dengan mobil yang hanya memakan waktu sekitar 2 jam untuk sampai ke Parapat. Sewa mobilnya minimal Rp. 350.000 saja. Nah, kamu sudah bisa merasakan keindahan Danau Toba karena disekitar sana ada beberapa hotel yang bisa kamu pilih dan balkonnya menghadap langsung ke Toba.

2. Penginapan yang langsung menghadap ke Danau Toba tentu bikin liburanmu makin menyenangkan

Berangkat Sampai Pulang, Ini Panduan Wisata Seru ke Danau Tobapegipegi.com

Ada beberapa hotel yang terdapat disekitaran Danau Toba. Kamu tinggal pilih mau yang mana karena rata-rata antara satu hotel dan hotel lainnya tidak ada perbedaan yang cukup berarti. Semua hotel di sekitar Toba ini tidak memiliki lift. Jadi biar kamu olahraga juga, naik tangga sebentar gak masalah dong ya. Harganya juga relatif murah, per malamnya hanya minimal Rp. 280.000 saja.

3. Soal makanan, gak perlu takut gak cocok, ada banyak makanan khas enak yang harus dicoba

Berangkat Sampai Pulang, Ini Panduan Wisata Seru ke Danau Tobareseputama.com

Ada beberapa makanan yang patut dicoba selama masa liburanmu:

  • Ikan Natinombur

Hidangan khas satu ini menggunakan ikan lele atau mujahir yang dibakar dan disajikan dengan sambal. Hampir mirip dengan pecel lele. Sebenarnya bisa juga menggunakan ikan mas, asal Tomburnya adalah bumbu dan saus yang dilumuri ke ikan. Pastikan kamu mencobanya ya!

  • Lampet

Kalau tadi makanan berat, ini adalah kue Lampet, jajanan tradisional khas Batak ini bakal jadi bukti kalau kamu sudah pernah menginjakkan kaki di Batak. Bentuknya menyerupai limas dan dibungkus daun pisang. Proses pembuatannya sendiri menggunakan tepung beras, kelapa parut, gula merah dan air. Enak lah pokoknya!

  • Ikan Mas Arsik

Makanan khas Tapanuli ini sangat populer, lho. Dikenal juga sebagai ikan mas bumbu kuning, ini disajikan dengan beberapa komponen khas dari wilayah pegunungan Sumatera Utara seperti andaliman dan asam cikala.

Baca Juga: Wah, Danau Toba Bakal Hadirkan 2 Atraksi Baru Bertaraf Internasional!

4. Jangan lupa kunjungi objek wisata super keren di Kabupaten Samosir

Berangkat Sampai Pulang, Ini Panduan Wisata Seru ke Danau Tobatempatwisataid.com

Ada banyak banget tempat wisata lain yang bisa kamu kunjungi di Toba, contohnya:

  • Air Terjun Situmurun

Letaknya ada di Jonggi Nihuta, Hatinggian, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Posisinya yang berada di pinggir danau membuatmu bisa melihat lebih jelas jatuhnya air setinggi 70 meter ke bawah. Nah, kedalaman air terjun ini sekitar 500 meter ke bawah, jadi jangan lupa untuk memakai pelampung buat kamu yang gak jago berenang. Dari dermaga, kamu butuh melakukan perjalanan sekitar satu setengah sampai dua jam di atas perahu untuk sampai ke sini. Tapi perjalanan tersebut gak bakal kerasa karena pemandangan yang super kece dari Danau Toba itu sendiri.

  • Gunung Pusuk Buhit

Buat kamu anak gunung yang juga ingin menikmati keindahan Toba, destinasi ini bisa jadi pilihanmu selanjutnya. Terletak di pulau Samosir, kamu bisa melihat Toba dari ketinggial 1.900 dari permukaan laut. Udara sejuk dan pemandangan super bagus, masih mau mikir lagi nih buat kesini?

  • Bukit Indah Simarjarunjung

Tempat ini cocok banget kalau kamu memang mau mengoleksi foto atau video instagramable. Ada banyak spot foto yang disediakan mulai dari sarang burung, ayunan ekstrem, papan bintang dan masih banyak lagi yang bisa kamu jadikan latar berfoto. Kerennya lagi, dari bukit ini kamu juga bisa melihat jelas pemandangan indah Toba, lho.

5. Jangan lupa bawa Kopi Lintong khas Sumatera Utara sebagai buah tangan saat pulang

Berangkat Sampai Pulang, Ini Panduan Wisata Seru ke Danau Tobasemedan.com

Sudah puas jalan-jalan, berenang dan foto, jangan lupa bawa pulang oleh-oleh khas dari Sumut yakni kopi lintong. Kopi ini diakui sebagai kopi terbaik yang perlu kamu coba. Nama Lintong sendiri itu bukan jenis kopi, melainkan nama tempat ditanamnya biji kopi tersebut, di Lintong, Sumatera Utara. Harganya bervariasi mulai dari Rp50.000 saja. Cukup murah nih untuk oleh-oleh yang pasti disukai!

Dengan mengetahui semua informasi di atas, kamu bisa berangkat dengan nyaman dan tenang. Tempat mendukung, transportasi mudah, penginapan dan makanan oke, sayang banget lah ya kalau kamu gak mengabadikan momen liburanmu yang gak setiap hari itu ke sebuah foto atau video. 

Nah, tinggal aktifkan Smartfren Unlimited saja dengan Rp60.000, bisa update dan upload foto sesuka kamu. Tenang, gak perlu khawatir soal sinyal karena Smartfren bisa digunakan di semua smartphone 4G. Apalagi Smartfren #UnlimitedAja bikin kamu punya tabungan foto instagramable buat media sosial. Jadi saksi indahnya Danau toba dan tunjukkin kalau #IndonesiaGueKeren.

https://www.youtube.com/embed/jJYhAyK0LiI

Baca Juga: 6 Destinasi Wisata di Medan ini, Bikin Nggak Mau Pulang!

Stella Azasya Photo Verified Writer Stella Azasya

A chronic daydreamer || IG: @stellaazasya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya