Comscore Tracker

7 Tempat Wisata yang Menarik Dikunjungi di Sumatera Utara

Tempat wisata yang layak dikunjungi di daerah Sumut

Sumatera Utara adalah daerah yang dikenal dengan adat bataknya yang menjadi daya tarik tersendiri. Selama ini, mungkin daerah wisata yang paling dikenal di daerah Sumatera Utara adalah Danau Toba yang dekat dengan kota Parapat di Sumatera Utara. Selain Danau Toba, masih banyak tempat wisata yang dapat menarik perhatian apabila mengunjungi Sumatera Utara terutama di kota Medan. 

1. Danau Toba

7 Tempat Wisata yang Menarik Dikunjungi di Sumatera Utarakoran-jakarta.com

Wisata danau toba sepertinya sudah menjadi sebuah kewajiban ketika mengunjungi Sumatera Utara. Disini, para wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan alam di sekitar Danau Toba dan keindahan air yang jernih. 

Dalam mencari penginapan sangat mudah dikarenakan di sekitar Danau Toba banyak tersedia jenis penginapan seperti hotel dan mess. Satu hal yang harus diperhatikan adalah memastikan makanan yang dimakan apakah halal atau tidak dikarenakan mayoritas masyarakatnya adalah non muslim. 

2. Pulau Samosir

7 Tempat Wisata yang Menarik Dikunjungi di Sumatera UtaraPinterest

Pulau Samosir adalah sebuah pulau kecil yang letaknya terdapat di tengah-tengah Danau Toba. Jika mengunjungi Danau Toba, maka Pulau Samosir merupakan opsi yang harus dipertimbangkan. 

Di Pulau ini, akan banyak ditemukan toko-toko yang menjual oleh-oleh khas kota Samosir yang otentik. Selain itu, dapat juga ditemukan patung-patung khas suku yang tinggal di Pulau Samosir. Pulau Samosir juga akan menampakkan pemandangan alam yang indah di sekeliling pulau. 

Di Pulau Samosir ini juga dapat ditemukan berbagai macam makanan khas batak yang wajib dicoba ketika mengunjungi Pulau Samosir nantinya. 

3. Rumah Tjong A Fie

7 Tempat Wisata yang Menarik Dikunjungi di Sumatera Utaraksmtour.com

Rumah ini dulunya ditempati oleh orang terkaya di Medan pada masa lampau. Beliau meninggal pada tahun 1926 akibat pendarahan otak. 

Ia meninggalkan warisan berupa rumahnya yang menjadi saksi sejarah pada masa penjajahan dan juga sekarang sebagai sebuah museum. 

Di sini, kita dapat melihat bagaimana kehidupan dari Tjong A Fie beserta dengan ketiga istrinya dan anak-anaknya. Terdapat juga berbagai foto-foto tentang hubungan antara Tjong A Fie dengan para penguasa Belanda dan banyak peralatan rumah yang dulunya sering digunakan oleh Tjong A Fie dan keluarganya seperti tempat tidur, kursi, cangkir, piring, dan masih banyak lagi. 

Dengan biaya masuk Rp. 35.000 per orang, maka kita dapat menjelajahi rumah Tjong A Fie dan mempelajari sejarah dari hidup Tjong A Fie. 

4. Istana Maimun

7 Tempat Wisata yang Menarik Dikunjungi di Sumatera Utaraliputan6.com

Istana Maimun saat ini telah menjadi ikon dari kota Medan, Sumatera Utara. Istana ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Deli. Memiliki luas 2700 meter persegi dan terdapat lebih dari 30 ruangan dengan konsep desain interior yang menggabungkan budaya Melayu, Islam, Italia dan Spanyol. 

Di dalam Istana Maimun sendiri, pengunjung dapat melihat secara langsung koleksi perabotan kuno yang dulunya digunakan pada masa penjajahan Belanda, foto kerajaan Sultan yang pernah menempati Istana, dan koleksi berbagai macam senjata kuno. 

Untuk dapat memasuki Istana Maimun, tiap orang hanya dikenakan biaya Rp. 5000. 

Baca Juga: Unik, 5 Jajanan Manis Khas Sumatera Barat Ini Wajib Kamu Cobain Nih!

5. Taman Alam Lumbini

7 Tempat Wisata yang Menarik Dikunjungi di Sumatera Utarakumparan.com

Taman Alam Lumbini merupakan taman yang dikenal karena keindahan dari Pagoda Buddha yang dicat berwarna emas yang menyerupai Pagoda Swhedagon yang terletak di Myanmar. 

Tampak dari Pagoda yang berwarna emas menjadi daya tarik khusus bagi para wisatawan ketika berkunjung ke Tanah Karo/Berastagi, Sumatera Utara. Selain Pagoda, taman ini juga dikelilingi oleh banyak tanaman hijau dan bunga yang memiliki warna yang beragam sehingga menjadikan Taman Alam Lumbini ini sebagai salah satu objek wisata yang harus diperhitungkan ketika mengunjungi daerah Berastagi. 

6. Air Terjun Telaga Dwi Warna

7 Tempat Wisata yang Menarik Dikunjungi di Sumatera Utarajejakpiknik.com

Keindahan sekeliling dari air terjun serta keunikan dari airnya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Untuk dapat mencapai lokasi Air Terjun Telaga Dwi Warna, akan melewati hutan. Jika anda takut tersesat saat melewati hutan, maka dapat menyewa seorang pemandu jalan. 

Air pada air terjun ini memiliki dua warna yaitu warna putih keabu-abuan dan warna biru. Untuk air warna biru cenderung memiliki suhu yang lebih dingin daripada air berwarna putih keabu-abuan. Perbedaan warna yang dihasilkan sendiri disebabkan adanya kandungan belerang dan fosfor dalam air. 

7. Citraland Gama City Medan 

7 Tempat Wisata yang Menarik Dikunjungi di Sumatera Utaraproperti.kompas.com

Citraland Gama City merupakan daerah kompleks perumahan yang memiliki konsep pembangunan jalan dan nama jalan seperti Negara Singapura. Disini juga terdapat patung Singa Merlion yang mirip dengan yang terdapat di Singapura. 

Nama jalan yang digunakan juga menggunakan nama jalan yang digunakan di Singapura seperti Orchard dan daerah jalan dapat digunakan untuk kepentingan kesehatan seperti lari jogging dan bersepeda. 

Kompleks perumahan ini dapat dipertimbangkan untuk dikunjungi dikarenakan memiliki konsep pembangunan kompleks yang berbeda dari biasanya dan juga terdapat banyak spot foto yang menarik untuk upload ke social media. 

Baca Juga: Ada dari Lampung! 10 Tempat Wisata Terbaik di Sumatera 2021

Steven Laivando Photo Writer Steven Laivando

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya