Comscore Tracker

5 Fakta Museum Surabaya yang Wajib Kamu Tahu

Biar gak ke mall terus

Kota Pahlawan punya Museum Surabaya yang bisa dikunjungi, lho. Berkunjung ke Museum Surabaya ini, kamu akan mengetahui bagaimana sejarah, kebudayaan, dan fakta-fakta unik lain tentang kota di Jawa Timur ini. Jadi belum lengkap rasanya jika kamu jalan-jalan ke Surabaya tapi belum sempat mampir ke destinasi budaya satu ini. Inilah fakta bila kamu mengujunginya.

1. Profil Walikota Surabaya sejak 1916

5 Fakta Museum Surabaya yang Wajib Kamu TahuDok. Pribadi

Jika kamu hanya tahu asal nama Surabaya, agaknya dengan berkunjung ke Museum Surabaya pengetahuanmu tentang Surabaya semakin banyak. Mulai dari zaman sejarah perjuangan, pasca kemerdekaan, bahkan hingga kini. Profil wali kota Surabaya juga bisa kamu baca ketika masuk ke dalam museum. Selain itu, pemandu wisata juga akan menjelaskan secara singkat dan menjawab dengan ramah jika kamu bertanya.

2. Ternyata banyak sekali kebudayaan di Jawa Timur

5 Fakta Museum Surabaya yang Wajib Kamu TahuDok. Pribadi

Di sini kamu bisa menemukan beberapa informasi, baik berbentuk poster maupun replika. Misalnya tari remo dan juga jaranan. Buat kamu yang belum tahu, tentu hal ini informatif sekali. Dengan mengetahui beberapa hasil kebudayaan tersebut, diharapkan kamu mampu mencintai dengan menghargai dan melestarikannya. Tidak hanya itu, ada juga beberapa partitur lagu dan lukisan yang dipajang di Museum Surabaya ini.

3. Ini dia gambar taman-taman di Surabaya

5 Fakta Museum Surabaya yang Wajib Kamu TahuDok. Pribadi

Demi membangun ruang terbuka hijau, Surabaya pada masa Tri Rismaharini ini telah menambah sejumlah taman. Oleh karena itu, tepat kiranya jika Walikota yang satu ini sering dijuluki Wagiman atau Walikota gila taman. Atas perubahan-perubahan besar kota Surabaya, pihaknya telah menerima beberapa penghargaan untuk mengapresiasi hal ini.

Baca Juga: 15 Potret Blockbuster Museum Surabaya, Surganya Para Pecinta Film

4. Penampakan pawon, dapur Jawa jadul

5 Fakta Museum Surabaya yang Wajib Kamu TahuDok. Pribadi

Jika saat ini memasak sudah menggunakan kompor gas, dulu tidak. Masyarakat Jawa memasak di dapur atau pawon ini dengan menggunakan kayu. Selain itu, tungku tempat memasak masih dibuat dari tanah liat. Di beberapa daerah, tungku jenis ini masih digunakan hingga kini.

5. Wayang, kesenian daerah yang patut dibanggakan

5 Fakta Museum Surabaya yang Wajib Kamu TahuDok. Pribadi

Di museum ini bisa ditemui beraneka jenis wayang, termasuk wayang kulit serta wayang orang. Wawasanmu tentang dunia pewayangan bisa diasah di sini serta menyaksikan langsung penampakannya, gak hanya dari foto saja.

Jika kamu penasaran, kamu bisa langsung ke Surabaya Museum pada hari Selasa hingga Minggu. Museum ini dibuka mulai dari pukul 9.00 hingga 21.00. Museum Surabaya berada satu lokasi dengan Mall Pelayanan Publik di Gedung Siola, Jalan Tunjungan, Surabaya.

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Kamu Temukan di Museum Dr. Soetomo Surabaya

Suci Umi Photo Writer Suci Umi

Temukan aku di instagram @suciumiii

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya