Comscore Tracker

8 Lokasi di Islandia yang Jadi Inspirasi Album Route One Karya Sigur Rós

Fans wajib tahu, tempat-tempat ini jadi inspirasi dan koordinatnya diabadikan sebagai judul lagu

Tahun 2016 lalu, grup musik asal Islandia, Sigur Rós, melakukan perjalanan melalui Route One. Route One atau ring road adalah jalan nasional Islandia yang menghubungkan wilayah-wilayah berpenduduk. Diresmikan tahun 1974, Route One memiliki panjang 1.332 kilometer atau setara 828 mil.

Perjalanan yang menempuh dari ujung ke ujung ring road ini pernah disiarkan di YouTube. Suasana petualangan yang ditempuh kemudian diolah dengan sebuah perangkat lunak. Bila kamu mendengar seluruh lagu dalam album ini, Sigur Ros berhasil membuatmu merasa turut serta dalam perjalanan di atas jalan yang diresmikan bertepatan 1.100 tahun pasca country settlement di Islandia.

Inilah delapan lokasi di Islandia yang termasuk dalam album Route One.

1. 63º32'43.7"N 19º43'46.3"W (Þjóðvegur atau Jalan raya)

8 Lokasi di Islandia yang Jadi Inspirasi Album Route One Karya Sigur RósInstagram.com/jennierunk

Tepat di koordinat ini, kamu berada di jalan yang wilayah sekitarnya dikelilingi rumput dan danau Holtsos. Air di danau ini mengalir ke Samudera Atlantik. Sama sekali tidak ada pemukiman di koordinat ini. Beberapa meter dari koordinat ini, terdapat gua Steinahellir.

2. 63º47'36.2"N 18º02'16.9"W (Kirkjubæjarklaustur, Suðurland)

8 Lokasi di Islandia yang Jadi Inspirasi Album Route One Karya Sigur RósInstagram.com/rasmonkal_md

Koordinat ini juga menunjukkan wilayah jalan raya. Bedanya, jalan ini terletak di wilayah Kirkjubæjarklaustur, Suðurland. Di wilayah ini, ada area pom bensin dan bar. Terletak di selatan Islandia, Kirkjubæjarklaustur merupakan wilayah pertanian.

3. 64º02'44.1"N 16º10'48.5"W (Austurland)

8 Lokasi di Islandia yang Jadi Inspirasi Album Route One Karya Sigur RósInstagram.com/theclumsytraveler

Austurland dikenal dengan Fyord Timur adalah wilayah di timur Islandia. Wilayahnya mencapai 22.721 km2. Tepat di koordinat ini adalah jembatan Þjóðvegur yang di sekitarnya terdapat berbagai agen tur ke Ice Lagoon.

4. 64º08'43.3"N 21º55'38.8"W (Laugavegur)

8 Lokasi di Islandia yang Jadi Inspirasi Album Route One Karya Sigur RósInstagram.com/frozenmohawk

Terletak di barat daya Islandia, koordinat di Laugavegur ini merupakan wilayah padat penduduk. Selain perumahan, ada pula pusat perekonomian seperti hotel, toko roti, dan bar.

Wilayah Laugavegur ini juga merupakan rute pendakian dari daerah sumber air panas Landmannalaugar dan hingga lembah glasial Þórsmðrk.

5. 64º46'34.1"N 14º02'55.8"W (Austurland)

8 Lokasi di Islandia yang Jadi Inspirasi Album Route One Karya Sigur RósInstagram.com/tinnaadventure

Sama di wilayah tiga, koordinat ini masih menunjukkan wilayah Austurland. Bedanya, di sepanjang jalan Þjóðvegur dikelilingi rumput dan danau. Benar-benar indah!

6. 65º27'29.1"N 15º31'56.0"W (Norðausturvegur)

8 Lokasi di Islandia yang Jadi Inspirasi Album Route One Karya Sigur RósInstagram.com/antigoni_papantoni

Koordinat ini bersimpangan dengan jalan Norðausturvegur. Di wilayah Norðausturvegur sendiri merupakan daerah padat penduduk dan pusat perekonomian.  Wilayah Norðausturvegur ini terletak di Islandia bagian utara.

7. 65º30'17.9"N 18º37'01.3"W (Norðurland)

8 Lokasi di Islandia yang Jadi Inspirasi Album Route One Karya Sigur RósInstagram.com/bjaddni123

Norðurland, dalam bahasa Indonesia berarti region utara Islandia. Ada Norðurland eystra, vestra, dan enam region tradisional lainnya. Selain pemukiman dan pusat perekonomian, Norðurland memiliki Taman Nasional Vatnajðkull.

8. 65º38'27.9"N 20º16'56.9"W (Blönduós)

8 Lokasi di Islandia yang Jadi Inspirasi Album Route One Karya Sigur RósInstagram.com/polarboki

Blönduós adalah sebuah kota di utara Islandia yang menjadi hulu sungai Blanda. Sungai Blanda ini adalah salah satu titik favorit para turis untuk berhenti dan menyaksikan pemandangan utara Islandia.

Nah, itulah delapan wilayah yang masuk dalam album Route One karya Sigur Ros. Sudah gak penasaran lagi kan? Dengerin lagu-lagunya biar serasa di Islandia.

Defrina Sukma Photo Community Writer Defrina Sukma

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You