Comscore Tracker

Liburan ke Lombok, Yuk Lakukan 6 Aktivitas Wisata Halal

Bisa wisata sekaligus ibadah

Tren wisata halal belakangan ramai terdengar. Salah satu daerah yang gencar menangkap sekaligus mengimplementasikan peluang pasar halal tersebut adalah Pulau Lombok. Kini, tak hanya keindahan alam dan budaya adatnya yang dikenal dari Lombok, tetapi juga keberadaan Islamic Center dan aktivitas wisata halal lainnya.

Inilah aktivitas wisata halal yang bisa kamu lakukan di Pulau Seribu Masjid.

1. Membaca Alquran di tengah sawah

Liburan ke Lombok, Yuk Lakukan 6 Aktivitas Wisata Halalaboutislam.net

Desa 'halal' di Lombok Tengah yang sudah terkenal ke wisatawan mancanegara adalah Desa Setanggor. Konsep wisata halal benar-benar diterapkan di desa ini. Seperti menyediakan alat kelengkapan salat berupa mukena, sajadah, sarung, dan Alquran. Gak cuma itu, kebersihan penginapan juga diperhatikan di desa ini. 

Aktivitas khas yang gak boleh dilewatkan selama di Desa Setanggor adalah membaca Alquran di tengah sawah. Yup, kamu gak salah baca kok. Jika memang ada wisatawan yang tak bisa membaca Alquran, biasanya mereka mendengarkan ayat-ayat suci yang dilantunkan oleh anak-anak kecil di sana.

Kapan lagi baca Alquran di tengah sawah? 

2. Menginap di pondok pesantren

Liburan ke Lombok, Yuk Lakukan 6 Aktivitas Wisata HalalInstagram.com/fahrezabel

Lagi-lagi di Desa Setanggor nih. Turis akan diajak menginap semalam di pondok pesantren. Mereka akan diperkenalkan dengan kehidupan pondok pesantren sekaligus menjalin silaturahmi dengan sesama muslim.

Selana di pondok pesantren, wisatawan akan mengikuti rutinitas para santri. Bangun tengah malam untuk melaksanakan salat Tahajud, mengaji, dan dilanjutkan salat wajib.

3. Menikmati wisata khas pedesaan

Liburan ke Lombok, Yuk Lakukan 6 Aktivitas Wisata HalalInstagram.com/desasetanggor

Di Desa Setanggor, para turis juga diajak untuk menikmati wisata khas pedesaan. Mereka diajak untuk memanen ketela pohon dan buah-buahan di kebun, makan di tengah areal sawah, memerah susu sapi dan belajar menenun.

Saat belajar menenun, para turis didampingi langsung oleh warga setempat lho. Sebanyak 90 persen perempuan di Setanggor menafkahi hidupnya dari menenun.

4. Mengunjungi pantai yang masih perawan

Liburan ke Lombok, Yuk Lakukan 6 Aktivitas Wisata HalalInstagram.com/rivaan_lombokguide

Nama Gili Trawangan amat melekat dengan Lombok. Padahal, pantai yang memiliki panorama indah gak hanya Gili Trawangan. Ada Gili Nanggu dan Gili Gedes yang bisa kamu sambangi di Lombok bagian selatan. Pantainya masih bersih dan pemandangan wisatawan yang memakai pakaian vulgar tak dijumpai di sini.

5. Berkunjung ke Masjid Islamic Center

Liburan ke Lombok, Yuk Lakukan 6 Aktivitas Wisata Halaltravelingyuk.com

Masjid Islamic Center bertempat di Mataram, jantung pulau Lombok. Masjid yang berdiri di atas tanah seluas 7,6 hektar merupakan perpaduan arsitektur budaya Lombok dan Sumbawa.

Rencananya, area seluas itu tak hanya akan dibangun masjid, tapi juga wilayah komersial lainnya seperti hotel syariah. Di masjid ini, khususnya ketika bulan Ramadan, banyak imam besar dari berbagai negara memimpin salat Tarawih.

Selain itu, di Islamic Center pengunjung juga dapat memanfaatkan berbagai literatur untuk memperdalam ilmu agama Islam.

6. Berkunjung ke masjid kuno di Lombok

Liburan ke Lombok, Yuk Lakukan 6 Aktivitas Wisata HalalInstagram.com/backphographer1

Kecamatan Bayan adalah salah satu gerbang masuknya Islam di Lombok. Di sinilah, Masjid Bayan Beleq berdiri. Masjid kuno ini pada abad ke-17. Kini, usianya lebih dari 300 tahun.

Bangunan masjid ini berukuran 81 meter persegi. Dinding-dindingnya terbuat dari anyaman bambu, dengan atap berbentuk tumpang yang juga disusun dari bilah-bilah bambu. Sedangkan, alas masjid ini terbuat dari batu-batu kali.

Di area Masjid Bayan Beleq, terdapat makam Gaus Abdul Rozak, salah seorang penyebar agama Islam pertama di kawasan ini. Ada pula dua gubuk kecil yang merupakan makam tokoh-tokoh agama yang turut membangun dan mengurusi masjid ini sedari awal.

Keenam aktivitas itu bisa kamu lakukan saat ingin melakukan wisata halal di Lombok. Tertarik untuk menghabiskan waktu liburanmu di Lombok?

Defrina Sukma Photo Community Writer Defrina Sukma

bergiat di defrinasukma.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You