Comscore Tracker

Sebelum Puasa, 9 Destinasi Alam di Jawa Timur Ini Wajib Dikunjungi

Mumpung belum puasa nih, habiskan waktu buat trekking

Dua minggu lagi bulan Ramadan akan segera tiba. Mumpung masih dua akhir pekan di depan mata, kenapa gak dimanfaatkan saja untuk berwisata alam. Jawa Timur punya banyak banget destinasi alam terindah yang terkenal hingga mancanegara.

Apa saja sih destinasi alam di Jawa Timur yang sebaiknya kamu kunjungi sebelum bulan Ramadan tiba? Simak yuk artikelnya.

1. Gunung Bromo

Sebelum Puasa, 9 Destinasi Alam di Jawa Timur Ini Wajib DikunjungiInstagram.com/jasminetooke

Gunung Bromo adalah salah satu wisata alam yang cukup primadona di Jawa Timur. Banyak wisatawan mengunjungi gunung ini untuk memburu matahari terbit. Padahal, setelah matahari telah meninggi, alam ini masih keterlaluan indahnya. Kalau kamu kuat, naiklah 250 anak tangga untuk mencapai puncak Bromo.

2. Ranukumbolo, Gunung Semeru

Sebelum Puasa, 9 Destinasi Alam di Jawa Timur Ini Wajib DikunjungiInstagram.com/yopimarissasihite

Jika mendaki puncak Mahameru di Gunung Semeru terlampau ekstrem bagimu, maka habiskan waktumu selama dua hingga tiga hari untuk berkemah di Ranukumbolo bersama kawan-kawanmu. Selama trekking ke Ranukumbolo, kamu akan menyaksikan pemandangan yang menyegarkan mata. Sesampainya di tepi ranu, biarkan tubuh dan jiwamu menyesap dengan alam.

3. Air Terjun Madakaripura

Sebelum Puasa, 9 Destinasi Alam di Jawa Timur Ini Wajib DikunjungiInstagram.com/doningluyur

Turun dari gunung Bromo, sempatkanlah untuk berkunjung ke air terjun Madakaripura. Menurut legenda, air terjun ini dulunya merupakan tempat Patih Gajah Mada bertapa. Nah, jika kamu sudah sampai di tempat air terjun, lihatlah ke atas, maka kamu akan takjub dengan bebatuan tebing, dan biarkan air terjun itu bertempias mengenai wajahmu.

4. Kawah Ijen

Sebelum Puasa, 9 Destinasi Alam di Jawa Timur Ini Wajib DikunjungiInstagram.com/erfakamelia_

Jika kamu sedang berada di perbatasan Bondowoso dan Banyuwangi, berkunjunglah ke kawah Ijen. Terletak di puncak gunung Ijen, ada danau indah bersifat asam yang ketika dini hari mengeluarkan api berwarna biru (blue fire).

Dari Paltuding, kamu cukup trekking selama dua hingga tiga jam saja. Pastikan kamu mengenakan jaket tebal dan masker untuk melindungi bau belerang kawah yang menyengat, ya.

5. Taman Nasional Baluran

Sebelum Puasa, 9 Destinasi Alam di Jawa Timur Ini Wajib DikunjungiInstagram.com/helmyrafsanjani

Berjarak sekitar tiga jam dari gunung Ijen, ada Taman Nasional Baluran di Situbondo. Di taman nasional ini, kamu bisa melihat kawanan kijang yang berkejaran di savana seperti di National Geographic lho!

Selama di kawasan Baluran, kamu juga bisa bermain pasir di Pantai Bama. Gak cuma itu, kamu bisa melihat Baluran dari menara pandang yang ada di sana. Wah, seru!

6. Gili Ketapang

Sebelum Puasa, 9 Destinasi Alam di Jawa Timur Ini Wajib DikunjungiInstagram.com/lailulmarom

Berjarak sekitar delapan kilometer dari pantai utara Probolinggo, ada pulau bernama Gili Ketapang. Belakangan, popularitas pulau ini melambung berkat unggahan warganet di media sosial. Alam bawah laut Gili Ketapang bakal ‘menarikmu’ untuk menyusuri keindahannya.

7. Air Terjun Tumpak Sewu

Sebelum Puasa, 9 Destinasi Alam di Jawa Timur Ini Wajib DikunjungiInstagram.com/sandy_utsman

Banyak yang menganggap air terjun Tumpak Sewu di Lumajang ini layaknya Niagara di Amerika Serikat. Dinamakan tumpak sewu karena air terjun ini punya banyak aliran air. Ada dua titik yang tepat untuk menikmati pemandangan kawasan air terjun yang memiliki ketinggian 120 meter ini. Yakni, dari ketinggian dan lembah air terjun.

8. Gili Labak

Sebelum Puasa, 9 Destinasi Alam di Jawa Timur Ini Wajib DikunjungiInstagram.com/yohan.silent

Di ujung Madura, alam bawah laut Gili Labak menjadi primadona para penggemar pelesiran. Airnya masih bening dan alam bawah laut Gili Labak juga masih terjaga. Soal harga, umumnya penyelenggara tur wisata mematok biaya Rp250ribu bila berangkat dari Surabaya. Cukup terjangkau kan?

9. Pantai Plengkung

Sebelum Puasa, 9 Destinasi Alam di Jawa Timur Ini Wajib DikunjungiInstagram.com/bintangaurel

Bila kamu penggemar olahraga selancar, pantai Plengkung yang terletak di Banyuwangi cocok buat kamu. Pantai yang terkenal dengan sebutan G-Land ini berlokasi di area Taman Nasional Alas Purwo. Kenapa jadi favorit? Gelombang air di pantai ini sangat besar dan bergulung-gulung.

Nah, itulah sembilan destinasi alam yang keren di Jawa Timur. Yuk, travelling sebelum bulan puasa tiba.

Defrina Sukma Photo Community Writer Defrina Sukma

bergiat di defrinasukma.wordpress.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You