Comscore Tracker

Yuk, Jelajahi 8 Pantai Eksotis di Malang Selatan Ini!

Letaknya yang berdekatan bikin kamu mudah mengeksplorasi

Garis pantai Indonesia yang membentang luas seakan tak ada habisnya untuk dijelajahi. Bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki jawara pantai masing-masing. Tak terkecuali dengan Malang di bagian selatan.

Ada begitu banyak pantai eksotis yang bisa kamu temui di sepanjang area Malang selatan. Akses jalan yang tak terlalu sulit makin memudahkanmu untuk mengeksplorasi. Penasaran dengan pantai apa saja yang terdapat di Malang selatan? Ini dia beberapa daftarnya.

1. Pantai Goa Cina

Yuk, Jelajahi 8 Pantai Eksotis di Malang Selatan Ini!instagram.com/onlylences

Terletak di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, pantai ini sebenarnya memiliki nama asli yaitu pantai Rowo Indah. Namun karena dahulu kala pernah ada seorang Tionghoa yang melakukan pertapaan di gua yang ada di pinggir pantai, maka nama pantai ini menjadi pantai Goa Cina.

Sebelum memasuki pantai Goa Cina, kamu akan melewati jembatan Bajulmati dengan tiang yang melengkuh di tengah jembatan. Karena keunikannya, banyak orang yang menjadikan jembatan ini sebagai spot foto.

Keindahan pantai Goa Cina sendiri terletak pada adanya 3 pulau yang berada di tengah laut yaitu Pulau Bantengan, Pulau Goa Cina, dan Pulau Nyonya.

2. Pantai Tiga Warna

Yuk, Jelajahi 8 Pantai Eksotis di Malang Selatan Ini!instagram.com/yoopomalang

Pantai ini dinamakan demikian karena seakan-akan warna lautnya terbagi 3 yaitu merah, hijau, dan biru. Warna-warni ini dihasilkan dari kedalaman laut yang berbeda.

Untuk menuju ke pantai yang terletak di Desa Tambakerejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan ini, kamu harus berjalan masuk ke hutan mangrove dengan jalan kaki. Kemudian kalian akan menemukan pos penjagaan di mana si penjaga pantai akan melihat barang bawaanmu apakah berpotensi menjadi sampah atau tidak. Jika nanti saat kembali dari pantai, jumlah barangmu tidak sama dengan saat berangkat, kamu akan diinterogasi dan jika terbukti kamu membuang sampah sembarangan makan kamu akan didenda cukup besar.

Uniknya lagi, jumlah pengunjung per harinya dibatasi hanya 200 orang. Semuanya ini bertujuan untuk menjaga keadaan pantai yang ada di sana.

3. Pantai Parang Dowo

Yuk, Jelajahi 8 Pantai Eksotis di Malang Selatan Ini!instagram.com/malangplace

Pantai Parang Dowo juga menjadi salah satu pantai eksotis di Malang selatan yang wajib dikunjungi. Sesuai dengan namanya, salah satu spot menarik di pantai ini adalah adanya karang yang membujur di sepanjang garis pantai yang berguna untuk memecah ombak. Dan di tengah karang ini terdapat kolam-kolam kecil di mana kamu bisa berendam di dalamnya.

Selain keberadaan karang, pantai yang berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan ini juga dikelilingi perbukitan kecil di mana kamu bisa naik ke atasnya saat sore hari untuk menikmati matahari tenggelam. Pemandangan yang disuguhkan sungguh eksotis!

Baca Juga: 8 Pantai Eksotis di Kawasan Pecatu Bali, Referensi Buat Pencinta Senja

4. Pantai Bajulmati

Yuk, Jelajahi 8 Pantai Eksotis di Malang Selatan Ini!instagram.com/malangchannel

Pantai Bajulmati juga wajib kamu kunjungi kala main ke Malang selatan. Berjarak hanya 2 kilometer dari pantai Goa Cina, di sini kamu akan disambut dengan hamparan pasir putih dengan teluk-teluk kecil yang indah. Akan tetapi, pantai Bajulmati cukup dalam sehingga pengunjung disarankan untuk tidak berenang di sini.

Pantai ini dinamakan Bajulmati karena saat ditemukan tahun 1890-an, terdapat batu karang panjang yang bentuknya mirip dengan buaya (bajul).

5. Pantai Sendiki

Yuk, Jelajahi 8 Pantai Eksotis di Malang Selatan Ini!instagram.com/erikapujilestari

Jika kamu mencari pantai yang sedikit landai dengan hamparan pasir putih menakjubkan, maka kamu wajib mengunjungi pantai Sendiki. Meski begitu, kamu tetap disarankan untuk tidak berenang di sini karena arus air lautnya yang kencang.

Untuk menuju ke pantai yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan ini kamu wajib berjalan sejauh 3 km untuk mencapai garis pantainya. Sedikit perjuangan memang. Namun kelelahan ini akan terganti dengan eksotisnya pemandangan pantai yang ditawarkan.

6. Pantai Wedi Awu

Yuk, Jelajahi 8 Pantai Eksotis di Malang Selatan Ini!instagram.com/igor_bhaskara

Berbeda dengan pantai lainnya di mana hamparan karang bertebaran di mana-mana, pantai Wedi Awu merupakan pantai yang cocok digunakan untuk olahraga surfing. Hal ini juga ditunjang dengan ketinggian ombaknya yang bisa mencapai 3 meter.

Wisata pantai Wedi Awu seringkali dijadikan paket destinasi pantai di desa Tirtoyudo dengan nama paket bowele yang terdiri dari pantai Bolu-Bolu, pantai Wedi Awu, dan pantai Lenggoksono.

7. Pantai Ngliyep

Yuk, Jelajahi 8 Pantai Eksotis di Malang Selatan Ini!instagram.com/pantaingliyepmalang

Pantai yang terletak di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo ini juga wajib kamu kunjungi saat main ke Malang. Sebabnya selain menawarkan keindahan pemandangan, di sini juga terdapat pulau Gunung Kombang dengan pura di atasnya di mana kamu pun bisa melihat pemandangan laut yang indah.

8. Pantai Balekambang

Yuk, Jelajahi 8 Pantai Eksotis di Malang Selatan Ini!instagram.com/pantai_malang

Nah, kalau pantai yang ini sih sudah lama tersohor karena keindahannya. Akses jalannya pun paling mudah dibanding pantai lainnya.

Selain menyimpan keindahan pasir putih, di pantai Balekambang juga terdapat pulau yang menjorok ke lautan bernama pulau Ismoyo. Di atas pulau ini terdapat Pura Amarta Jati dengan arsitekturnya yang indah.

Pantai Balekambang terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Itulah beberapa pantai eksostis di Malang selatan yang menunggu untuk kamu jelajahi. Nah, kamu tertarik untuk mengunjungi yang mana dulu nih?

Baca Juga: Mulai Hiu sampai Ombak Besar, Ini 7 Pantai Paling Mematikan di Dunia

Bu Nanik Photo Verified Writer Bu Nanik

Pisang goreng hangat diangkat langsung dari penggorengan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya