Comscore Tracker

Rileks Sejenak, Ini 5 Destinasi Wisata Puncak di Sulawesi Selatan 

Menikmati udara sejuk dan hijaunya pegunungan #LokalIDN

Menjelang libur akhir tahun, masyarakat di Indonesia memiliki kebiasaan unik untuk melakukan perjalanan liburan ke beberapa destinasi wisata lokal hingga mancanegara. Seperti tak ada habisnya, dalam satu lokasi saja biasanya memiliki berbagai wisata yang menarik untuk dijelajahi.

Wisata puncak selalu menjadi pilihan untuk menghabiskan libur akhir tahun sekaligus bisa menikmati sejuknya udara. Bukan hanya di Jawa Barat, wisata puncak juga bisa kamu temukan di Sulawesi Sekatan lho. Beberapa destinasi ini telah dikenal hingga mancanegara. Berikut ini destinasi puncak di Sulawesi Selatan yang bisa kamu kunjungi.

1. Malino

Rileks Sejenak, Ini 5 Destinasi Wisata Puncak di Sulawesi Selatan Instagram.com/malinohighlands

Menjadi destinasi wisata puncak terdekat dari kota Makassar, kamu hanya membutuhkan waktu selama 3 jam untuk menempuh jarak 90 km untuk sampai ke Malino. Di sepanjang perjalanan kamu akan disambut dengan pemandangan bendungan Bili-Bili dan rimbunnya pepohonan serta jalanan yang berkelok-kelok dan mendaki.

Selain hamparan perkebunan teh dan hutan pinus, kamu juga bisa menikmati indahnya air terjun Takapala, green house yang dihiasi bunga-bunga hias khas pegunungan, memanen buah stroberi hingga berkuda.

Memasuki musim penghujan, suhu di Malino bisa mencapai 10 hingga 26 derajat celcius. Jangan lupa bawa jaket ya!

2. Puncak Lolai

Rileks Sejenak, Ini 5 Destinasi Wisata Puncak di Sulawesi Selatan Instagram.com/ardylastt

Siapa yang belum kenal dengan Tana Toraja ? Sebuah kabupaten di Sulawesi Selatan yang adat dan keasrian alamnya masih terjaga. Jika berkunjung ke Tana Toraja, kamu akan menemukan berbagai macam destinasi wisata yang menarik.

Berada di ketinggian 1.300 mdpl, Puncak Lolai merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Tana Toraja. Menjadi daya tarik tersendiri untuk bisa bersantai sambil menikmati pemandangan awan-awan tebal yang menyelimuti Tana Toraja dari dekat.

Selain itu, ada berbagai wahana yang tersedia di puncak Lolai, seperti flying fox, paintball, sepeda gantung, hingga paralayang.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Malino, Sulawesi Selatan yang Bikin Kamu Betah

3. Puncak Karomba

Rileks Sejenak, Ini 5 Destinasi Wisata Puncak di Sulawesi Selatan Instagram.com/ppiie_slfrn

Puncak Karomba merupakan sebuah destinasi wisata puncak berupa perbukitan yang berada di antara gunung Buttu Sarangsarang dan Buttu Batusia di Kabupaten Pinrang.

Selain menyajikan indahnya pemandangan pegunungan yang hijau dan udara yang sejuk, kamu juga bisa menikmati wahana jembatan gantung yang menghubungkan bukit-bukit, agrowisata berupa perkebunan buah-buahan seperti jeruk, apel dan belimbing, serta kolam ikan di antara bukit-bukit. Di atas bukit juga terdapat vila dengan berbagai arsitektur rumah adat di Sulawesi Selatan.

4. Lappa Laona

Rileks Sejenak, Ini 5 Destinasi Wisata Puncak di Sulawesi Selatan Instagram.com/hery_shagqank

Berbeda dari puncak lainnya, Lappa Laona hadir menawarkan wisata puncak dengan hamparan rumput hijau yang luas di antara pegunungan. Diresmikan sejak 2018, kini Lappa Laona menjadi destinasi favorit para wisatawan lokal.

Berada di Kabupaten Barru, Lappa Laona menyediakan fasilitas camping ground, gazebo berbentuk segitiga yang dapat digunakan untuk beristirahat, flying fox sepanjang 270 meter, hingga mountain bike park untuk menjelajahi hijaunya Lappa Laona.

5. Kambo Highland

Rileks Sejenak, Ini 5 Destinasi Wisata Puncak di Sulawesi Selatan Instagram.com/jabbaridriscentre

Selain dikenal sebagai penghasil buah durian, salah satu destinasi yang wajib kamu kunjungi saat berada di Kota Palopo adalah Kambo Highland atau yang biasa disebut Benteng Bukit Kambo oleh warga sekitar.

Didesain dengan arsitektur semi Eropa, Kambo Highland menyediakan berbagai vila yang bisa kamu sewa, kolam renang, cafe yang menyajikan makanan lokal hingga western, serta berbagai spot foto yang menampilkan hijaunya bukit Kambo.

Nah, walaupun masih terbilang baru, destinasi wisata puncak di Sulawesi Selatan gak kalah keren kan? Masih banyak destinasi wisata menarik yang bisa kamu kunjungi di provinsi ini. Tapi, jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan, biar bisa traveling lagi.

Baca Juga: Ada Mirip Raja Ampat, 5 Destinasi Wisata Puncak di Sulawesi Selatan

Ridha Tiara Motik Photo Verified Writer Ridha Tiara Motik

Ig : tiamo_tiara

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya