Comscore Tracker

10 Rekomendasi Onsen Terbaik di Jepang yang Harus Kamu Kunjungi

Cocok nih buat kamu yang butuh relaksasi!

Onsen atau pemandian air panas tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke Jepang. Onsen memang sering dijadikan alternatif untuk menyembuhkan penyakit ataupun untuk sekedar relaksasi melepas lelah. Kini, onsen sudah banyak tersebar di pelosok Jepang dan selain menawarkan mata air panas juga menawarkan pemandangan alam yang bisa memanjakan matamu.

Kalau kamu berencana atau sedang berada di negeri sakura, lagi butuh relaksasi berikut 10 rekomendasi onsen di Jepang yang harus banget kamu kunjungi.

1. Hakone onsen

10 Rekomendasi Onsen Terbaik di Jepang yang Harus Kamu Kunjungijw-webmagazine.com

Pemandian ini cukup populer dan bisa ditempuh dalam satu setengah jam perjalanan dari Tokyo menggunakan kereta maupun mobil. Ada banyak spa di sana yang bisa kalian kunjungi, dan untuk masalah suvenir, kalian gak perlu bingung karena di sana juga ada banyak toko yang menjual beraneka ragam oleh-oleh sebagai kenang-kenanganmu di Jepang.

2. Yufuin onsen

10 Rekomendasi Onsen Terbaik di Jepang yang Harus Kamu Kunjungimatcha-jp.com

Terletak di kaki gunung Yufudake, Oita, pemandian ini termasuk dalam onsen terbaik di Kyushu dan populer di kalangan wanita. Berendam di onsen ini, kamu akan disuguhkan pemandangan pegunungan yang indah dan asri. Selain akomodasinya berada di pedesaan, di sini juga banyak terdapat banyak restoran yang fashionable, cocok banget nih buat yang doyan fashion!

3. Kusatsu onsen

10 Rekomendasi Onsen Terbaik di Jepang yang Harus Kamu Kunjungitokyocheapo.com

Kusatsu Onsen terletak di Gunma dan termasuk onsen terkemuka di Jepang. Ada fasilitas simbolis yang disebut Yubatake (ladang air panas) yang merupakan sumber utama mata air panas di sana. Area onsen ini sangat ramai, kamu dapat mengunjungi beberapa sumber air panas secara gratis dan juga berbelanja di berbagai toko yang tersedia. Untuk masalah akomodasi gak perlu pusing, di sana ada banyak penginapan yang bagus, hotel dan kafe di sekitar kota.

4. Noboribetsu onsen

10 Rekomendasi Onsen Terbaik di Jepang yang Harus Kamu Kunjungitravelience.com

Onsen ini diakui sebagai yang terbaik di Hokkaido karena akses, kepopuleran, sejarah, dan kualitasnya. Air panasnya mengandung sulfur dan hidrogen sulfida, yang dapat melembutkan dan mencerahkan kulit. Terdapat juga mata air yang mengandung zat besi yang punya efek bagus untuk meredakan kelelahanmu.

5. Beppu onsen

10 Rekomendasi Onsen Terbaik di Jepang yang Harus Kamu Kunjungitravelience.com

Terletak di Oita, Kyushu, onsen Ini adalah yang terbesar di Jepang. Di pemandian ini ada tour terkenal yang disebut Beppu Jigoku Meguri (Tour Neraka Beppu) di mana kamu bisa melihat berbagai jenis mata air Jigoku, seperti Sea Hell, Blood pond Hell, White pond Hell, dan Tornado Hell. Selain itu, kamu juga bisa menikmati telur onsen yang khusus dikukus atau direbus di mata air di sana.

Baca Juga: The Onsen Hotspring: Destinasi Wisata Ala Jepang di Kota Malang

6. Kurokawa onsen

10 Rekomendasi Onsen Terbaik di Jepang yang Harus Kamu Kunjungimatcha-jp.com

Onsen ini berdekatan dengan gunung Aso, Kumamoto. Hampir semua penginapan disini memiliki onsen yang terbuka di alam. Kamu bisa berendam di tiga pemandian yang berbeda jika membeli pass (tiket) yang disebut "nyuyoku tegata". Adapun berendam di sini sangat efektif untuk meredakan nyeri saraf.

7. Ibusuki onsen

10 Rekomendasi Onsen Terbaik di Jepang yang Harus Kamu Kunjungijapanvisitor.com

Letaknya cukup dekat dengan bandara Kagoshima, kamu hanya butuh satu jam 35 menit perjalanan menggunakan bus. Onsen ini terkenal dengan pemandian pasir alami yang disebut "Sunamushi". Tidak seperti onsen yang lain, pemandian ini cukup unik, di mana kamu akan ditutupi dengan pasir di pantai seperti gambar. Meskipun begitu, onsen ini memiliki efek meredakan sakit saraf dan sakit otot, juga memiliki efek pada kecantikan seperti perawatan di salon.

8. Arima onsen

10 Rekomendasi Onsen Terbaik di Jepang yang Harus Kamu Kunjungitravelience.com

Onsen ini adalah salah satu sumber air panas tertua dan terkenal di Jepang yang berjarak satu jam dari Osaka. Ini terkenal dengan sumber air panas Hideyoshi Toyotomi yang merupakan penguasa sejarah yang kuat. Di sini kamu bisa menemukan mata air panas coklat kemerahan yang disebut Kinsen (mata air emas) dan mata air panas bening disebut Ginsen (mata air perak).

9. Gero onsen

10 Rekomendasi Onsen Terbaik di Jepang yang Harus Kamu Kunjungiwillerexpress.com

Berlokasi di Gifu, onsen ini merupakan salah satu dari tiga sumber air panas paling terkenal di Jepang. Sumber mata air di sini mengandung alkaline, yang memberikan efek halus ketika disentuh. Ada baiknya jika untuk mengunjungi onsen ini ketika musim semi sampai musim gugur, karena pada masa itu di sana juga digelar pekan raya yang disebut ideyu ichi yang bisa kamu nikmati.

10. Shibu onsen

10 Rekomendasi Onsen Terbaik di Jepang yang Harus Kamu Kunjungishibuonsen.net

Pemandian yang terletak di Nagano ini cukup unik dan terkenal. Terutama Jigokudani Noen Koen (Jigokudani Wild Monkey Park) yang merupakan satu-satunya onsen di mana kamu bisa melihat sekumpulan monyet berendam dalam mata air panas ini.

11. Bonus nih, sebelum pergi ke onsen, jangan lupa kenali beberapa aturan ini ya sebelum berendam!

10 Rekomendasi Onsen Terbaik di Jepang yang Harus Kamu Kunjungiteplis.com

Berendam di onsen Jepang gak boleh asal nyebur, lho. Bukannya tanpa alasan, karena merupakan pemandian umum dan dipakai publik, pastikan kamu mengikuti etika di bawah ini ya agar semua orang juga nyaman berendam di sana.

  1. Bersihkan badan sebelum berendam.
  2. Tidak boleh menggunakan apapun ketika memasuki onsen.
  3. Jangan berendam menggunakan handuk.
  4. Tidak boleh masuk jika mempunyai tato.
  5. Jangan berendam sampai membasahi rambut.
  6. Berendam dengan santai dan tidak berisik.

Nah itu dia 10 rekomendasi onsen yang bisa kamu kunjungi di Jepang. Kalau berlibur ke Jepang, pemandian yang mana nih yang pengen kamu kunjungi duluan?

Baca Juga: Review The Onsen, Potongan Negeri Sakura di Kota Batu

Trisnaynt Photo Verified Writer Trisnaynt

Balinese

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya