Comscore Tracker

Marine Buddies WWF, Aplikasi Wajib bagi "Traveller Laut"

Kamu bisa melaporkan kerusakan

WWF Indonesia baru-baru ini meluncurkan aplikasi Marine Buddies. Dengan aplikasi ini, wisatawan bisa memberikan penilaian lokasi wisata bahari di Indonesia yang kamu kunjungi. WWF mengajak para traveller mengenal, mengunjungi, dan mengawasi kawasan wisata bahari. Tak hanya itu, traveller juga diminta mau memberi penilaian kawasan tersebut. Sebab, wilayah konservasi Indonesia banyak menjadi pariwisata dunia, karena jalur terumbu karang yang dilindungi.

Aplikasi Marine Buddies bisa diunduh di Playstore.

Marine Buddies WWF, Aplikasi Wajib bagi Traveller LautAplikasi Marine Buddies WWF

Cara menggunakan aplikasi ini cukup mudah. Kamu bisa mengunduhnya di Playstore untuk Android. Ketika masuk aplikasi Marine Buddies, kamu akan diberi empat pilihan tombol. Di antaranya kawasan konservasi bahari, berita, penilaian, dan laporkan. Masing-masing tombol memiliki fungsi yang berbeda. Misalnya tombol konservasi bahari yang memuat ragam wilayah konservasi laut di Indonesia, lengkap dengan informasi dan penjelasan. Seperti habitat, luas kawasan, dan jenis kawasan.

Hal ini memungkinkan kamu memiliki data di daerah yang didatangi. Di situ juga terdapat peta kawasan wilayah destinasimu. Ada 32 wilayah yang terdapat pada aplikasi Marine Buddies. Kamu bisa juga mengetahui lokasi penyelaman atau hanya sekedar wisata lokasi konservasi.

Kamu akan diberi pertanyaan tentang kondisi wilayah konservasi yang didatangi. Kamu bisa berbagi informasi dengan pengguna aplikasi lain. Sebaiknya, kamu menulis ulasan tentang lokasi konservasi dan menyelam.

Terakhir adalah pilihan laporkan. Pilihan ini bisa kamu gunakan saat kamu melihat kondisi atau kegiatan yang berpotensi merusak wilayah konservasi laut.

Baca Juga: Bersama WWF, Uber Indonesia Menambah Taman di 4 Kota Besar Indonesia

Pelaporan akan langsung diterima pemerintah daerah dan pusat.

Marine Buddies WWF, Aplikasi Wajib bagi Traveller LautDiving di Wilyaah Konservasi

Indikator sederhana melihat sebuah wilayah adalah bagian konservasi yakni adanya petugas atau pengelola, papan informasi wilayah konservasi, patroli, atau program pemberdayaan masyarakat dari pemerintah. Informasi tentang kondisi wilayah konservasi akan diterima langsung pemerintah daerah dan pusat. Sehingga, tak perlu khawatir informasimu bakal menguap sia-sia.

Baca Juga: Selamat, Menteri Susi Dapat Penghargaan dari WWF Internasional!

T. Wikie Photo Verified Writer T. Wikie

Fotografer, copywriter, web & grafis desainer. Kontributor pada media berita & hiburan. Bekerja sebagai konsultan & freelancer di bidang marketing communication.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya