Comscore Tracker

6 Tempat Wisata di Kota Padang Panjang, Wajib Dikunjungi!

Dari wisata alam hingga wisata religi

Kota Padang Panjang adalah kota terkecil yang terdapat di provinsi Sumatra Barat. Kota yang terletak di dataran tinggi ini dijuluki Kota Serambi Mekkah. Hawanya sejuk dengan pemandangan yang indah menawan.

Walaupun ukurannya paling kecil di Sumatra Barat, kota ini punya beberapa tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Berikut ini deretan tempat wisata yang harus kamu kunjungi kalau datang ke Kota Padang Panjang.

1. Pemandian Lubuk Mata Kucing

6 Tempat Wisata di Kota Padang Panjang, Wajib Dikunjungi!tempat wisata pemandian di Padang Panjang (instagram.com/wisata.padangpanjang)

Tempat wisata ini sudah ada sejak tahun 1918, berarti sudah berusia 100 tahun lebih. Sempat tutup beberapa kali karena kalah bersaing dengan tempat wisata lain, tempat ini lalu berbenah dan melakukan renovasi untuk mempercantik diri. Sekarang pemandian ini kembali ramai dikunjungi para wisatawan.

Yang istimewa dari pemandian ini adalah airnya berupa air tawar yang bersumber dari mata air terdekat. Airnya segar, tidak membuat kulit kering dan tidak berkaporit. Baik anak-anak maupun orang dewasa pasti senang bermain di sini karena tidak membuat mata pedih. Satu lagi yang istimewa, pada hari Rabu dan Jumat pemandian ini hanya dibuka khusus untuk pengunjung wanita, lho!

Lokasi: Jl. Lubuk Mata Kucing, Ps. Usang, Kec. Padang Panjang Bar, Kota Padang Panjang, Sumatra Barat

Jam operasional: Setiap hari, pukul 06.30—17.30 WIB (kecuali Jumat buka pukul 14.00 WIB)

2. Masjid Asasi

6 Tempat Wisata di Kota Padang Panjang, Wajib Dikunjungi!salah satu tempat wisata religi di Padang Panjang (instagram.com/tourismsumbar)

Masjid ini dibangun tahun 1702, menjadikannya salah satu masjid tertua di Sumatra Barat serta masjid tertua kedua di Indonesia. Sejak didirikan, masjid ini tidak mengalami kerusakan yang berarti. Renovasi yang pernah dilakukan hanya mengganti atap dan dinding, tanpa mengubah bentuk asli masjid.

Daya tarik utama Masjid Asasi ada pada ukirannya. Ukiran ini tersebar di seluruh dinding, pintu dan jendela, dengan warna biru, coklat dan putih. Selain cantik, ukiran ini juga mempunyai filosofi yang dalam lho. Karena latar belakang sejarah dan keunikannya, masjid ini dijadikan sebagai benda cagar budaya.

Lokasi: Jl. Syech Ibrahim Musa No.40, Sigando, Padang Panjang Tim, Kota Padang Panjang, Sumatra Barat 27112

Jam operasional: buka 24 jam

3. Minang Fantasi

6 Tempat Wisata di Kota Padang Panjang, Wajib Dikunjungi!tempat wisata air di Padang Panjang (wisata.padangpanjang.go.id)

Jakarta punya Dunia Fantasi, Kota Padang Panjang juga tidak mau kalah, dong. Kota ini punya Minang Fantasi, sebuah tempat wisata modern dengan 18 wahana permainan yang terbagi menjadi 2 area, basah dan kering. Dijamin seru seharian bermain di sini!

Minang Fantasi mempunyai luas 9,8 hektar dan dapat menampung hingga 25 ribu pengunjung. Walaupun Minang Fantasi dianggap sebagai objek wisata modern, tetapi suasananya dikembangkan dengan konsep tradisional. Dengan lokasi yang berada di antara pegunungan bukit barisan, suasananya sangat alami dan hijau.

Lokasi: Jl. Sutan Syahrir No.252, Silaing Bawah, Kec. Padang Panjang Bar, Kota Padang Panjang, Sumatra Barat 27118

Jam operasional: setiap hari, pukul 09.00—18.00 WIB

Baca Juga: 5 Wisata Alam di Padang yang akan Membuatmu Terpana

4. Desa Wisata Kubu Gadang

6 Tempat Wisata di Kota Padang Panjang, Wajib Dikunjungi!wisata budaya di Padang Panjang (instagram.com/desawisatakubugadang)

Jika kamu ingin merasakan tinggal di tengah-tengah masyarakat Sumatra Barat, maka kunjungilah Desa Wisata Kubu Gadang. Di sini kamu bisa tinggal di homestay yang disediakan dan membaur dengan warga sekitar.

Desa ini berada di lembah di antara 3 gunung, Gunung Marapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Tandikat. Dengan hamparan sawah, udara yang segar, dan pemandangan yang indah, kamu pasti akan betah berlama-lama tinggal di sini. Di desa ini juga kamu akan disuguhi beragam atraksi budaya dan kuliner yang memberikan pengalaman baru yang tak terlupakan.

Lokasi: Jl. H. Miskin, Ekor Lubuk, Padang Panjang Tim, Kota Padang Panjang, Sumatra Barat 27122

Jam operasional: buka 24 jam

5. Museum Kebudayaan Minangkabau

6 Tempat Wisata di Kota Padang Panjang, Wajib Dikunjungi!museum kebudayaan di Padang Panjang (instagram.com/pdikm.padangpanjang)

Museum ini juga dikenal dengan nama Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM). Tempat ini menjadi tujuan yang tepat jika kamu mencari wisata yang bersifat edukasi, terutama yang berkaitan dengan Sumatra Barat.

Bangunan PDIKM ini berbentuk rumah adat Minang (Rumah Gadang), dengan landscape yang indah dan instagramable. Berbagai tanaman dan bunga ditata rapi dan cantik di halamannya. Di museum ini kamu bisa mencari tahu informasi seputar Minangkabau, menyewa baju adat Minang dan menyaksikan pertunjukan seni.

Lokasi: Komplek PDIKM, Silaing Bawah, Kec. Padang Panjang Bar, Kota Padang Panjang, Sumatra Barat 27118

Jam operasional: setiap hari, pukul 07.30—16.00 WIB (kecuali Jumat buka pukul 09.00)

6. Islamic Centre Kota Padang Panjang

6 Tempat Wisata di Kota Padang Panjang, Wajib Dikunjungi!tempat wisata religi di Padang Panjang (wisata.padangpanjang.go.id)

Selain Masjid Asasi, Islamic Centre di Kota Padang Panjang ini juga termasuk wisata religi yang jangan sampai terlewatkan. Karena suasana religinya yang kental dan pemandangannya yang indah, Islamic Center ini masuk tiga besar nominator Daya Tarik Wisata (DTW) Halal Sumatra Barat 2021.

Di halaman depan bangunan Islamic Centre terdapat Monumen Al-Qur’an yang baru saja diresmikan November 2021 lalu. Monumen ini  menampilkan Al-Qur’an yang terbuka pada surat Shad ayat 6-36. Adanya monumen ini semakin memperkuat identitas Kota Padang Panjang sebagai kota religi.

Lokasi: Jl. Lingkar Selatan Rt.04 Kelurahan Koto Katiak, Kota Padang Panjang, Sumatra Barat

Jam operasional: buka 24 jam

Kalau kamu berkunjung ke Sumatra Barat, jangan hanya ke Padang atau Bukittinggi ya, kunjungi juga Padang Panjang. Kota ini tidak kalah cantik dan punya banyak tempat wisata yang menawan. Dengan hawa yang sejuk dan pemandangan yang indah, kamu pasti betah liburan di kota ini. Selamat menikmati Kota Padang Panjang!

Umara Sri Photo Verified Writer Umara Sri

senang desain, suka foto, hobi nulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya