Comscore Tracker

5 Negara Ini Mendapat Julukan sebagai Negara Tersehat di Dunia

Ada yang berada di wilayah Timur Tengah, loh!

Kesehatan merupakan investasi penting di masa depan. Dengan tubuh sehat, kita bisa melakukan banyak hal tanpa halangan berat. Kita bisa pergi kemanapun dan kapanpun. 

Menjaga kesehatan pun sejatinya tidak sulit. Pola hidup sehat, pola makan ideal, tidak malas olahraga dan lebih sering bahagia ketimbang tertekan atau depresi adalah kultur yang dimiliki oleh orang-orang sehat hingga di usia senja.

Nah, berikut ini terdapat daftar negara yang tergolong sebagai negara tersehat di dunia versi Channel fitOne. Yuk, simak!

1. Jepang

5 Negara Ini Mendapat Julukan sebagai Negara Tersehat di Duniapixabay/SasinTipchai

Jepang tergolong sebagai negara tersehat di dunia karena beberapa fakta. Di antaranya angka harapan hidup mencapai 79 tahun, angka kematian bayi hanya 2,9% dari 1000 kelahiran dan angka obesitas hanya mencapai 3, 3%.

Hal itu sewajarnya dimiliki Jepang karena penduduk di sana memiliki pola hidup sehat. Mereka senang berjalan kaki ketimbang naik kendaraan saat bepergian. Mereka juga senang mengonsumsi makanan dalam jumlah sedikit, rutin minum teh hijau dan mandi air hangat di onsen. Kebiasaan tersebut sangat mendukung kualitas kesehatan mereka dalam keseharian. 

2. Luksemburg

5 Negara Ini Mendapat Julukan sebagai Negara Tersehat di Duniapixabay/BartłomiejKoc

Luksemburg juga tergolong dalam daftar negara tersehat di dunia. Negara ini bersebelahan dengan Belanda. Angka harapan hidup di sana mencapai 79 tahun, angka kematian bayi 1,6% dari 1000 kelahiran.

Birokrasi pemerintahan Luksemburg juga menyadari pentingnya investasi kesehatan bagi masyarakat. Itu sebabnya, anggaran kesehatan di sana sangat besar. Dengan anggaran yang besar, persentase kematian anak dapat diminimalisasi.

Baca Juga: Sudah Tahu? 6 Negara Ini Mempunyai Pasar Tradisional Terbaik di Dunia

3. Swiss

5 Negara Ini Mendapat Julukan sebagai Negara Tersehat di Duniapixabay/DavidMark

Swiss yang dikenal akan keindahan alamnya ini juga tergolong dalam negara tersehat di dunia. Birokrasi di sana juga menyediakan anggaran kesehatan yang sangat besar demi kepentingan warga negaranya. 

Angka harapan hidup di Swiss mencapai 80 tahun. Sedangkan angka kematian bayi 3,6% dari 1000 kelahiran. Hanya saja, 31% penduduk yang berumur dewasa di sana masih mempertahankan kebiasaan merokok. 

4. Norwegia

5 Negara Ini Mendapat Julukan sebagai Negara Tersehat di Duniapixabay/MichelleMaria

Selanjutnya, negara tersehat di dunia jatuh pada Norwegia. Angka harapan hidup di sana mencapai 80 tahun, angka kematian bayi hanya 2,3% dari 1000 kelahiran. Negara yang terletak di Eropa Utara ini memang memiliki tingkat perekonomian kuat. Itu sebabnya, setiap warga negara berpotensi mendapatkan fasilitas kesehatan terbaik melalui anggaran kesehatannya yang besar. 

5. Qatar

5 Negara Ini Mendapat Julukan sebagai Negara Tersehat di Duniapixabay/Konevi

Selain negara terkaya d dunia, Qatar juga cocok mendapatkan julukan sebagai negara tersehat di dunia. Mengapa demikian? 

Negara yang terletak di Timur Tengah itu memiliki angka harapan hidup 77 tahun dan angka kematian bayi hanya 7% dari 1000 kelahiran. Selain itu, Qatar juga memiliki tingkat kematian terkecil di dunia yaitu 1,4% dari 1000 orang.

Hal itu sewajarnya terjadi karena pemerintah Qatar sangat peduli dengan kualitas kesehatan warganegaranya. Layanan kesehatan di sana mendapatkan memberikan vaksin secara rutin untuk anak-anak. Tidak hanya itu, dengan perekonomian yang kuat, fasilitas kesehatan di sana terbilang lengkap.

Itulah negara-negara yang mendapat julukan sebagai negara tersehat di dunia. Kira-kira, kamu memilih tinggal di mana?

Baca Juga: 6 Toko Buku Unik di Berbagai Negara, Bikin Betah Baca!

Uswatun Niswi Photo Community Writer Uswatun Niswi

Penyuka fiksi dan animasi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You