Comscore Tracker

7 Lokasi Wisata Balon Udara Terbaik di Dunia, Rasanya Gak Pengin Turun

Setidaknya harus naik sekali seumur hidup guys

Pertama kali diterbangkan pada tahun 1783, balon udara menjadi salah satu transportasi terunik yang pernah ditemukan. Seiring berjalannya waktu, balon udara berkembang fungsinya menjadi sarana rekreasi dan dari sekian banyak lokasi wisata balon udara.

Ternyata ada beberapa tempat wisata yang menawarkan pengalaman mengudara terbaik di dunia.

Penasaran di mana saja? Yuk simak!

1. Napa Valley, California, Amerika Serikat

7 Lokasi Wisata Balon Udara Terbaik di Dunia, Rasanya Gak Pengin TurunAlterra.cc

Napa Valley yang terkenal dengan perkebunan anggurnya menawarkan pengalaman menaiki balon udara yang mengagumkan. Dari atas, kalian dapat menikmati pemandangan berupa hamparan kebun anggur dan pegunungan. Jika cuacanya cukup cerah, maka kalian akan melihat keindahan San Francisco dari kejauhan. 

Pengalaman naik balon udara di Napa Valley ini biasanya berlangsung selama 1 jam ketika fajar tiba. Setelah puas menikmati pemandangan Kalifornia, maka kalian akan disuguhkan sarapan oleh perusahaan balon udara tersebut, bahkan dipersilahkan untuk mencicipi wine khas Napa Valley. 

Untuk naik balon udara di Napa Valley sekaligus menikmati sarapan dan wine, maka perusahaan balon udara di sana akan mematok harga mulai dari Rp. 3,36 juta. 

2. Loire Valley, Prancis

7 Lokasi Wisata Balon Udara Terbaik di Dunia, Rasanya Gak Pengin TurunMylittleadventure.com

Berlokasi 2 jam dari Paris, ada lokasi indah lainnya untuk berwisata dengan balon udara, yaitu di Loire Valley. Di sini, kalian dapat naik balon udara sambil dimanjakan dengan kemegahan arsitektur bangunan di Loire Valley. 

Balon udara di Loire Valley ini beroperasi setiap hari (bahkan pada hari libur nasional) pada pagi dan sore. Namun, karena faktor musim dan cuaca, balon udara ini hanya beroperasi dari bulan April hingga Oktober. 

Tiket untuk weekday dapat kalian beli seharga kurang lebih Rp. 2,78 juta dan jika kalian mengunjunginya pada hari weekend, maka kalian perlu membayar tiket seharga Rp. 3,37 juta. 

3. Bagan, Myanmar

7 Lokasi Wisata Balon Udara Terbaik di Dunia, Rasanya Gak Pengin TurunPixels.com

Negara tetangga kita yang satu ini juga menawarkan pengalaman naik balon udara terbaik di dunia. Di Bagan, Myanmar, kalian dapat naik balon udara sambil menikmati keindahan ratusan bahkan ribuan kuil, stupa, dan pagoda. Jadi betah berlama-lama di atas deh.

Pengalaman wisata balon udara di Bagan ini dapat kalian nikmati dari bulan Maret hingga Oktober dan kalian akan menghabiskan waktu dari 45-90 menit di udara tergantung paket wisata yang kalian pakai.

Menariknya, kalian akan mendapatkan sarapan lengkap dengan buah-buahan dan champagne lho. Paket naik balon udara di Bagan dapat kalian beli dengan kisaran Rp. 4,76 hingga 6.2 juta, dengan catatan, anak di bawah 8 tahun tidak diperbolehkan naik ya. 

Baca Juga: Suka Traveling? 7 Variety Show Korea Ini Tak Boleh Kamu Lewatkan

4. Luxor, Mesir

7 Lokasi Wisata Balon Udara Terbaik di Dunia, Rasanya Gak Pengin TurunEgypttoday.com

Luxor adalah sebuah kota di bagian selatan Mesir dengan wisata balon udara yang menakjubkan. Selama 30-45 menit di dalam keranjang balon udara, kalian akan disuguhkan pemandangan berupa pegunungan, Sungai Nil, serta berbagai monumen kuno.

Jika anginnya cukup mendukung, maka kalian akan mendapat kesempatan untuk 'terbang' ke atas Ramesseum, yaitu kuil peringatan Firaun Ramesses II yang meninggal pada tahun 1213 SM.

Untuk menikmati keindahan Mesir dari balon udara, maka kalian perlu mengeluarkan dana sebesar Rp. 2,85 juta

5. Letchworth State Park, New York, Amerika Serikat

7 Lokasi Wisata Balon Udara Terbaik di Dunia, Rasanya Gak Pengin TurunNysyogafestival.com

Di Letchworth State Park, kalian dapat naik balon udara sambil menikmati keindahan air terjun dari ketinggian 610 meter selama 45-60 menit. Balloons Over Letchworth, yaitu perusahaan balon udara di State Park ini menjamin para penumpang tidak akan merasa mabuk selama di udara karena balon tersebut sangat stabil dan tidak berayun-ayun layaknya di taman rekreasi.

Para penumpang juga akan dijamu dengan champagne sesaat setelah turun dari balon udara tersebut. 

Tiket untuk naik balon udara di Letchworth State Park ini dapat diperoleh seharga Rp. 4 juta dan hanya mereka yang berusia 12 tahun ke atas saja yang diperbolehkan untuk naik. 

6. Serengeti National Park, Tanzania

7 Lokasi Wisata Balon Udara Terbaik di Dunia, Rasanya Gak Pengin TurunTwinserengetisafaries.com

Jika kalian tertarik untuk menyaksikan alam liar Afrika yang luar biasa, maka kalian dapat mencoba naik balon udara di Serengeti National Park yang terletak di Tanzania bagian utara yang setiap tahunnya dipenuhi oleh zebra dan wildebeest yang bermigrasi untuk mencari padang rumput lebih subur. 

Kalian akan lepas landas pada pagi hari ketika matahari terbit dan dibawa hingga ketinggian 305 meter atau lebih. Wisata balon udara ini akan berlangsung selama 1 jam sebelum akhirnya kalian mendarat di tempat yang letaknya tidak dapat dipastikan dan disuguhkan sarapan, lengkap dengan champagne

Untuk ikut serta dalam wisata alam Afrika yang menakjubkan ini, kalian perlu merogoh kocek lebih dalam dari wisata balon udara lainnya, yaitu sebesar 600 dollar AS atau Rp. 8,54 juta. 

7. Cappadocia, Turki

7 Lokasi Wisata Balon Udara Terbaik di Dunia, Rasanya Gak Pengin TurunTravelandleisure.com

Dan inilah lokasi wisata balon udara terbaik dan terpopuler di dunia, guys! Tidak seperti wisata balon udara biasanya, kalian dan balon udara yang kalian naiki tidak akan sendirian di udara, melainkan ditemani oleh lebih dari 100 balon udara lainnya. Ya, seramai itu, guys. Tapi tenang, gak akan bertabrakan kok, karena pilotnya sudah sangat terlatih dan handal. 

Selama 45-60 menit mengapung di udara, kalian akan dibuat terpesona pemandangan berupa hamparan lembah dan perkebunan anggur yang dijamin bikin kalian enggan untuk turun dari balon tersebut. Kalian juga akan disuguhi sarapan yang tentunya dilengkapi dengan segelas champagne, sesuai dengan tradisi yang sudah dilakukan di Prancis sejak lama. 

Tiket untuk naik balon udara di Cappadocia ini cukup beragam karena ada banyak perusahaan balon udara yang menawarkan wisata tersebut, namun harganya dimulai dari 139 dollar AS atau 1,98 juta. 

Itulah ketujuh wisata balon udara terbaik di dunia, gengs. Setidaknya pengalaman ini harus kalian coba sekali seumur hidup. 

Baca Juga: Yuk, Jelajahi 7 Objek Wisata di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

V Hendardy Photo Verified Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya