Comscore Tracker

7 Oleh-oleh yang Wajib Kamu Bawa Pulang Saat Berkunjung ke India

India juga terkenal akan rempahnya lho!

India dengan seluruh keindahan dan keunikannya tentu memiliki tempat tersendiri di ingatan para wisatawannya. Bicara soal wisata ke India, ternyata ada beberapa hal yang wajib kalian beli untuk dijadikan oleh-oleh nih. Oleh-oleh yang 'India banget' ini tentu akan meninggalkan kesan spesial bagi para penerimanya, seperti sederet oleh-oleh berikut.

1. Karpet Kashmir

7 Oleh-oleh yang Wajib Kamu Bawa Pulang Saat Berkunjung ke IndiaYakcarpet.in

Karpet Kashmir merupakan karpet handmade yang biasanya terbuat dari wol, sutera, atau gabungan dari keduanya. Karpet ini kerap kali ditemukan dalam motif bunga dan warna-warna cerah, seperti merah, biru safir, serta hijau. 

Berdasarkan tradisi penduduknya, sebuah rumah tak akan lengkap tanpa keberadaan karpet ini. Karena kualitas bahan dan tingkat kesulitan pembuatannya yang tinggi, harga karpet ini dapat mencapai jutaan. Oleh karena itu, pandai-pandailah menawar harga saat hendak membelinya, ya. 

2. Dekorasi dari kuningan

7 Oleh-oleh yang Wajib Kamu Bawa Pulang Saat Berkunjung ke IndiaJaypore.com

Di bagian selatan India, kuningan seringkali dijadikan bahan untuk membuat berbagai dekorasi, mulai dari lampu, patung, vas, lonceng, hingga peralatan makan. Salah satu lokasi di India yang paling terkenal akan kerajinan kuningannya adalah Moradabad di Uttar Pradesh. 

Kota yang diberi julukan Brass City tersebut merupakan salah satu eksportir kuningan terbesar di dunia. Oleh karena itu, kalian wajib banget singgah di Moradabad untuk membeli pernak-pernik dari kuningan. 

3. Jutti

7 Oleh-oleh yang Wajib Kamu Bawa Pulang Saat Berkunjung ke IndiaNewlookpunjabijutti.business.site

Jutti adalah sepatu kulit tradisional dari India Utara yang juga disebut sebagai mojari atau nagra. Dulunya, sepatu jenis ini dipakai oleh kalangan bangsawan dan dihias dengan batu permata. Kini, jutti telah dibuat menjadi lebih modern dan dapat dikenakan oleh siapa saja. Warna, model, dan gambarnya pun kini telah beragam. 

Sepasang jutti umumnya memiliki kisaran harga 800 hingga 1,000 Rupee atau setara dengan Rp165-206 ribu. 

Baca Juga: 5 Oleh-oleh Khas Yogyakarta yang Enak dan Tahan Lama, Apa Saja?

4. Lac bangle

7 Oleh-oleh yang Wajib Kamu Bawa Pulang Saat Berkunjung ke IndiaPinterest.com/Culturebuy.com

Lac bangle merupakan gelang tradisional India yang terdiri dari berbagai macam warna dan dihias dengan manik-manik, mutiara, atau bebatuan lainnya.

Gelang ini cukup terkenal di daerah Andhra Pradesh dan Rajasthan. Bahkan, ada beberapa acara yang memerlukan gelang dalam warna tertentu, seperti merah atau hijau untuk acara pernikahan. 

Selusin gelang ini biasanya dijual seharga 500 Rupee atau setara dengan Rp103 ribu. 

5. Kain sari

7 Oleh-oleh yang Wajib Kamu Bawa Pulang Saat Berkunjung ke IndiaTheculturetrip.com

Tentu kurang tepat rasanya jika pulang tanpa membawa kain sari sebagai oleh-oleh. Dengan warna dan motifnya yang menarik serta teksturnya yang halus, kalian tentu gak bisa menolak membeli kain cantik ini kan?

Dan faktanya, terdapat berbagai jenis sari di India, di antaranya adalah Banarasi silk saree yang terkenal akan kemewahannya, Kota saree yang sederhana dan seringkali dikenakan di rumah, dan masih banyak lagi. 

6. Rempah-rempah

7 Oleh-oleh yang Wajib Kamu Bawa Pulang Saat Berkunjung ke IndiaKenresearch.com

Seperti Indonesia, India juga terkenal akan kekayaan rempah-rempahnya. Untuk kerabat yang hobi masak, rempah-rempah khas India yang cocok dijadikan oleh-oleh adalah bubuk kari, kapulaga hitam, masala, mustard seed, ataupun saffron. 

7. Teh

7 Oleh-oleh yang Wajib Kamu Bawa Pulang Saat Berkunjung ke IndiaStaging.greatbasinfood.coop

Selain rempah-rempah, kalian juga dapat memilih teh untuk dijadikan oleh-oleh, mengingat bahwa India adalah produsen teh terbesar kedua setelah Tiongkok. Assam dan Darjeeling adalah dua jenis teh India yang paling terkenal di dunia. 

Teh Assam merupakan teh hitam dengan aroma yang lembut, memiliki warna terang, serta rasa yang malty. Sedangkan teh Darjeeling dapat diproses menjadi teh hitam, hijau, putih, ataupun oolong. Ketika diseduh, teh ini memiliki warna yang terang serta beraroma floral

Kira-kira kalian akan bawa pulang yang mana nih? 

Baca Juga: 5 Destinasi Musim Dingin Kece di India, Wajib Masuk Bucket List!

V Hendardy Photo Community Writer V Hendardy

"You can make anything by writing" - C.S Lewis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You