Comscore Tracker

5 Air Terjun di Jember yang Suguhkan Pemandangan Alam Menawan

Panorama debit air yang mengalir dari atas tebing #LokalIDN

Jember merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Timur yang menyimpan potensi wisata alam melimpah, salah satunya adalah wisata air terjun dengan pemandangan alamnya yang menawan. Selain pemandangannya yang menawan, alam di Jember terkenal dengan keasriannya karena belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaan destinasi wisata di kota ini.

Bagi kamu yang mencari alternatif tujuan wisata dengan panorama alam yang masih asri sekaligus alami, air terjun di Jember ini pantas dijadikan tujuan wisata kamu selanjutnya. 

Ini dia lima air terjun di Jember yang suguhkan pemandangan alam menawan.

1. Air Terjun Antrokan

5 Air Terjun di Jember yang Suguhkan Pemandangan Alam Menawaninstagram.com/semborobikecommunity

Air terjun Antrokan berada di kawasan PTPN XII Gunung Rayap Desa Kemuning lor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember. Pemandangan air terjun yang menyatu dengan alam semakin menambah keasrian dan kesejukan udara di sekitar destinasi ini.

Selain berendam dan berenang, ada aktivitas seru lainnya yang dapat kamu lakukan di air terjun antrokan seperti memancing, hunting foto, ataupun sekadar menikmati sajian makanan di warung dekat lokasi sembari menikmati sejuknya pemandangan alam sekitar.

Untuk sampai di lokasi membutuhkan waktu sekitar satu jam dari arah pusat kota Jember.

2. Air Terjun Tancak

5 Air Terjun di Jember yang Suguhkan Pemandangan Alam Menawaninstagram.com/daniel.tims

Lokasi air terjun tancak berada di Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Air terjun Tancak merupakan salah satu air terjun tertinggi yang ada di jember dengan ketinggian tebing mencapai sekitar 82 meter. Selain itu, air terjun ini masih sepi pengunjung lho. Belum banyak wisatawan yang mengetahui keberadaannya, tak heran jika air terjun tancak memiliki suasana yang asri dan masih alami. 

Untuk sampai di destinasi ini, kamu harus melewati jalur trekking berupa pemandangan kebun kopi di sepanjang jalan. Sesampainya di lokasi kamu akan disambut dengan pemandangan debit air yang jatuh dari atas tebing bak air yang jatuh di atas awan.

Baca Juga: 9 Potret Pesona Jembatan Semanggi, Spot Selfie Kekinian di Kota Jember

3. Air Terjun Sumbersalak

5 Air Terjun di Jember yang Suguhkan Pemandangan Alam Menawaninstagram.com/christofferhove

Berada di Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Air terjun sumber salak memiliki bentuk tebing yang tidak terlalu curam, bahkan air terjun ini disebut mirip dengan Niagara falls.

Debit air yang tidak terlalu deras sangat cocok jika digunakan sebagai tempat berendam ataupun berenang. Suasana yang tenang yang menyatu dengan hijaunya dedauan alam juga cocok dijadikan spot foto yang epik.

4. Air Terjun Watu Ondo

5 Air Terjun di Jember yang Suguhkan Pemandangan Alam Menawaninstagram.com/pesonajember

Lokasi air terjun Watu Ondo berada di perkebunan Kota Blater, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember. Watu Ondo sendiri berasal dari kata Watu dalam bahasa Jawa berarti Batu dan Ondo yang berarti Tangga, disebut demikian karena bentuk bebatuan di air terjun ini menyerupai tangga.

Untuk menuju di destinasi kamu harus melewati jalur trekking dan uniknya di sepanjang jalur kamu akan disuguhkan pemandangan perkebunan karet yang rindang. Selain itu kamu juga bisa melihat tetesan getah pohon karet secara langsung. Selain berendam di sejuknya air terjun Watu Ondo, kamu juga bisa nih memancing di lokasi ini.

5. Air Terjun Berundak Mandigu

5 Air Terjun di Jember yang Suguhkan Pemandangan Alam Menawaninstagram.com/awanvovo

Air terjun Berundak Mandigu berlokasi di Desa Suco, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember. Memiliki bebatuan yang berundak menjadikan setiap debit air yang berjatuhan sangat epik, panjang bebatuan berundak air terjun ini hampir mencapai 30 meter sehingga cocok sebagai tempat hunting foto instagramable.

Untuk sampai di lokasi hanya membutuhkan waktu satu jam dari arah pusat kota Jember. Salah satu aktivitas favorit wisatawan di air terjun Berundak Mandigu adalah hunting foto, jadi jika kamu ingin berkunjung ke destinasi wisata yang satu ini jangan lupa siapkan kamera ya.

Dari kelima air terjun di atas, mana nih yang ingin kamu kunjungi?

Baca Juga: 10 Potret Wana Wisata Simbat Jember, Destinasi Wisata Selfie

Windy Ayu Lestari Photo Writer Windy Ayu Lestari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya