Comscore Tracker

Liburan Hemat, Ini 5 Destinasi dengan Tiket Paling Murah di Jakarta

Anti kantong kering!

Tak perlu merogoh kocek yang banyak untuk merencanakan liburan, apalagi jika berencana berlibur di Indonesia. Tak hanya suguhkan fasilitas serta destinasi wisata yang menarik, beberapa tempat wisata di Indonesia juga tawarkan tiket masuk yang terbilang murah bahkan adapula yang gratis. Meskipun terbilang cukup murah, kebersihan dan kenyamanan di lokasi wisata juga masih diprioritaskan bagi pengunjung.

Bagi kamu yang ingin merencanakan liburan hemat tanpa perlu merogoh kocek banyak, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Jakarta. Tak hanya menawarkan tiket masuk yang murah, destinasi wisata berikut ini juga tak kalah menarik jika dibandingkan destinasi wisata lainnya. Yuk intip apa saja!

1. Museum Nasional

Liburan Hemat, Ini 5 Destinasi dengan Tiket Paling Murah di JakartaMuseum Nasional (Instagram.com/adityaindi)

Museum Nasional merupakan sebuah museum yang menjadi tempat penyimpanan benda-benda bersejarah Nusantara. Museum ini juga sering disebut sebagai Museum Gajah karena di halaman depan terdapat arca berbentuk gajah yang merupakan hadiah pemberian dari Raja Thailand bernama Chulalongkorn. Berada di pusat kota tepatnya di Jalan Medan Merdeka Barat No.12, Gambir, Kita Jakarta Pusat, museum ini termasuk dalam kategori tempat wisata yang tergolong memiliki tiket masuk murah yakni Rp 5.000 untuk desawa, Rp 2.000 untuk anak-anak dan Rp 10.000 untuk mancanegara. 

Di sini pengunjung dapat melihat sekaligus menambah wawasan tentang benda-benda peninggalan sejarah Indonesia zaman dahulu. Museum Nasional menjadi salah satu rekomendasi destinasi Ibu Kota yang murah sekaligus mengedukasi. Hingga saat ini, Museum Nasional sudah memiliki koleksi benda-benda bersejarah sebanyak ±160.000 buah. Benda sejarah tersebut berupa arca, alat musik, mata uang, prasasti dan masih banyak lagi.

2. Pos Bloc

Liburan Hemat, Ini 5 Destinasi dengan Tiket Paling Murah di JakartaPos Bloc (instagram.com/reyistanto)

Pos Bloc merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang terbilang cukup unik, pasalnya tempat ini awalnya merupakan bekas gudang kantor pos Pasar Baru di Jakarta. Berlokasi di Jakarta Pusat, destinasi wisata ini dibuka sejak awal September tahun 2021 lalu dan kerap dijadikan tempat bersantai dan berlibur bagi pengunjung. Beralamat di Jalan Pos No.2 Pasar Baru Kec. Sawah Besar Jakarta Pusat, tempat wisata ini dibuka setiap hari pukul 10.00-21.00 WIB dan akhir pekan pada pukul 07.00-21.00 WIB. 

Beragam aktivitas wisata dapat dilakukan pengunjung di sini. Tak hanya bersantai, pengunjung juga dapat memesan makanan dan minuman dari toko yang ada di sekitar lokasi. Harga makanan dan minuman pun terbilang cukup murah yakni berada pada kisaran Rp20 ribu saja. Jika sudah kenyang menyantap makanan, pengunjung juga dapat membeli beberapa produk ekraf yang tersedia di dalam ruangan. Produk ekraf pun cukup beragam mulai dari sepatu, sandal, kaos kaki, tas, aroma terapi, hingga pakaian. Jika ingin mengabadikan moment di tempat ini, pengunjung juga dapat memanfaatkan fasilitas photobox yang telah disediakan pengelola wisata. 

Baca Juga: Old Shanghai Kelapa Gading, Destinasi Wisata Ikonik Baru di Jakarta 

3. Sarinah

Liburan Hemat, Ini 5 Destinasi dengan Tiket Paling Murah di JakartaSarinah (instagram.com/stephanyjosephine)

Bagi kamu yang ingin berwisata malam dengan budget yang tak terlalu besar dan bahkan gratis, Sarinah menjadi tempat yang tepat untuk kamu kunjungi. Tak hanya berfungsi sebagai pusat perbelanjaan, Sarinah yang berlokasi di Jakarta Pusat ini juga mengusung tema community mall, artinya mall ini diharapkan juga menjadi tempat berkumpulnya anak mudah dan komunikasi.

Pada bagian mall ini, disediakan area taman terbuka yang bisa digunakan tempat untuk nongkrong dan berswafoto. Pengunjung dapat memesan beragam camilan dan makanan untuk dinikmati sembari menyaksikan indahnya Kota Jakarta di malam hari dari sudut mall Sarinah. Sesekali pula terdapat konser live music yang digelar didepan area terbuka mall Sarinah ini. Hal ini dapat menambah daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

4. Planetarium

Liburan Hemat, Ini 5 Destinasi dengan Tiket Paling Murah di JakartaPlanetarium (instagram.com/ahmadtaufiqtv)

Destinasi wisata selanjutnya yang memiliki tiket masuk murah di Jakarta adalah Planetarium. Lokasinya berada di Taman Ismail Marzuki Jalan Cikini Raya No.73, Menteng, Jakarta Pusat. Planetarium merupakan sebuah area teater bioskop yang mempertunjukkan ilmu astronomi atau pergerakan tata surya. Bagi kamu yang berminat dan penasaran dengan ilmu astronomi di jagat raya ini, wajib nih berkunjung ke Planetarium di Jakarta Pusat. Selain menambah wawasan dan sebagai wahana edukasi, biaya tiket masuknya pun juga terbilang cukup murah yakni mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 12.000 saja per orang.

Gedung teater ruang angkasa ini juga dibuka pada hari Selasa hingga Minggu pada pukul 08.00-15.00 WIB. Tak hanya teater bioskop sebagai pertunjukan ruang angkasa yang disediakan untuk pengunjung, terdapat pula ruang pameran yang mempertunjukkan aneka peralatan astronomi, gambar benda di langit, pakaian astronot beserta dengan informasi lengkapnya.

5. Setu Babakan

Liburan Hemat, Ini 5 Destinasi dengan Tiket Paling Murah di JakartaSetu Babakan (instagram.com/now_jakarata)

Setu Babakan merupakan kawasan cagar budaya Betawi yang diresmikan pada tahun 2004. Kawasan perkampungan ini masih mempertahankan dan melestarikan budaya khas Betawi seperti bahasa, desain bangunan, seni tari, seni drama dan seni musik. Tak heran jika Setu Babakan ditetapkan sebagai tempat wisata untuk melestarikan pengembangan budaya Betawi oleh pemerintah DKI Jakarta. 

Kawasan Setu Babakan juga dibagi menjadi 3 zona pelestarian. Di antaranya zona yang digunakan sebagai pelestarian budaya Betawi, pada zona ini dikembangkan berbagai rumah adat khas Betawi. Selain itu, terdapat pula gedung teater lenong Betawi yang kerap digelar. Zona B menjadi pusat kuliner Betawi, di dalam zona ini terdapat 250 pedagang yang menjual aneka makanan khas Betawi, dan yang terakhir adalah zona C yang digunakan sebagai tempat didirikannya replika perkampungan Betawi. Bagi pengunjung yang tertarik mempelajari kebudayaan khas Betawi di Setu Babakan, hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 2.000 hingga Rp 5.000 saja.

Nah, itu dia kelima destinasi wisata yang ada di Jakarta dengan tiket masuk paling murah. Dijamin anti kantor kering. Yuk ,sempatkan mampir ke salah satu rekomendasi destinasi di atas!

Baca Juga: 5 Hotel Murah Terbaik dekat Jakarta International Stadium

Windy Ayu Lestari Photo Verified Writer Windy Ayu Lestari

Bismillahirrahmanirrahim

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya