Comscore Tracker

5 Wisata Bekas Tambang di Indonesia, Ada yang Mirip Grand Canyon

Saatnya kamu liburan ke tempat yang antimainstream

Saat ini, sebagian area bekas pertambangan banyak yang dijadikan tempat wisata menarik bagi wisatawan. Bahkan, keindahannya tidak kalah menarik dengan destinasi wisata lainnya, lho.

Lahan area pertambangan yang sudah tak digunakan diubah jadi tempat wisata. Selain mendatangkan keuntungan, cara ini dapat mengurangi dampak negatif dari kerusakan lingkungan yang ditimbulkan.

Bagi kamu yang penasaran dan ingin mengunjungi wisata bekas tambang yang ada di Indonesia, berikut lima rekomendasinya. Ada yang mirip Grand Canyon di Amerika Serikat, lho!

1. Danau Kaolin, Bangka Belitung

5 Wisata Bekas Tambang di Indonesia, Ada yang Mirip Grand CanyonDanau Kaolin (instagram.com/ayodolan)

Danau Kaolin berada di wilayah Belitung. Area ini merupakan bekas galian tambang kaolin atau sejenis mineral tanah liat yang mengandung aluminium silikat. Kandungan mineral tersebut menciptakan daratan berwarna putih yang menakjubkan.

Perpaduan daratan berwarna putih dengan air danau biru toska membuat suasana kian menawan. Bahkan, banyak sudut tempat ini menarik dijadikan sebagai spot foto, lho.

2. Kampung Reklamasi Air Jangkang, Bangka Belitung

5 Wisata Bekas Tambang di Indonesia, Ada yang Mirip Grand CanyonKampung Reklamasi Air Jangkang (instagram.com/phieophie)

Kampung Reklamasi Air Jangkang jadi kawasan bekas pertambangan yang dialihfungsikan sebagai agrowisata. Gak cuma itu, wisata ini juga sebagai tempat rehabilitasi satwa khas Bangka Belitung.

Sesampainya di sana, pengunjung akan disuguhkan dengan beragam jenis tanaman buah dan sayuran. Ada pula satwa khas Bangka Belitung yang dilindungi di sini.

3. Bukit Jaddih, Jawa Timur

5 Wisata Bekas Tambang di Indonesia, Ada yang Mirip Grand CanyonBukit Jaddih (instagram.com/ayodolan)

Bukit Jaddih adalah area penambangan batu kapur yang masih aktif di daerah Bangkalan, Madura. Beberapa area yang sudah tidak ditambang dialihfungsikan sebagai kawasan wisata menakjubkan.

Genangan air berwarna biru toska yang dikelilingi dengan bebatuan kapur di sekitarnya memberi kesan nyaman bagi pengunjung yang berkunjung di tempat ini. Pengunjung juga bisa naik hingga ke puncak pertambangan, lho.

4. Brown Canyon, Semarang

5 Wisata Bekas Tambang di Indonesia, Ada yang Mirip Grand CanyonBrown Canyon (instagram.com/browncanyonsemarang)

Wisata bekas tambang yang satu ini mirip dengan Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat. Brown Canyon merupakan area bekas tambang di Semarang. 

Beberapa bukit dan tebing yang menjulang tinggi menjadikan tempat ini memang mirip seperti Grand Canyon. Aktivitas utama di destinasi wisata ini adalah mengabadikan foto dengan latar tebing-tebing menjulang tinggi. Serasa gak di Indonesia, deh!

5. Tebing Breksi, Yogyakarta

5 Wisata Bekas Tambang di Indonesia, Ada yang Mirip Grand CanyonTebing Breksi (instagram.com/jogjaseni)

Yogyakarta juga punya wisata bekas tambang, yakni Tebing Breksi. Area bekas galian tambang ini sempat dihentikan pada 2014 karena larangan pemerintah. Meski begitu, bekas galian tambang ini kini menjadi wisata yang menakjubkan dan ramai.

Salah satu ukiran berbentuk naga pada dinding tebing menjadi spot foto favorit pengunjung. Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan keindahan Yogyakarta dari atas tebing.

Indonesia memang menyimpan ribuan wisata unik yang menarik untuk dieksplorasi. Salah satunya wisata bekas tambang ini. Meski terik dan gersang, pemandangannya mampu teduhkan hati. Mana wisata bekas tambang yang pengin kamu datangi?

Windy Ayu Lestari Photo Verified Writer Windy Ayu Lestari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya