Comscore Tracker

6 Wisata Alam Karanganyar yang Sejuk, Memesona, dan Instagramable

Kapan liburan ke sini?

Karanganyar adalah kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Letaknya tidak jauh dari Solo, hanya berjarak sekitar 15 km. Oleh karena itu biasanya paket wisata ke Solo akan menyertakan wisata ke Karanganyar juga. Walaupun tak seterkenal Solo, Karanganyar punya sejuta pesona yang tak kalah menarik.

Karanganyar terletak di lereng gunung Lawu membuat kabupaten ini mempunyai alam dan panorama yang indah. Udaranya yang masih sejuk bisa menjadi pilihan untuk melarikan diri sejenak dari polusi udara perkotaan dan menikmati alam pegunungan yang hijau dan memanjakan mata. Berikut beberapa pilihan tempat wisata yang bisa kamu kunjungi jika ke Karanganyar.

1. Air terjun Grojogan Sewu

6 Wisata Alam Karanganyar yang Sejuk, Memesona, dan Instagramablebackpackerjakarta.com

Karanganyar memiliki beberapa wisata air terjun, salah satunya adalah grojogan sewu atau sering disebut Tawang Mangu. Tawang mangu sangat terkenal dan selalu ramai oleh pengunjung. Udara yang sejuk dan pemandangan alamnya banyak menarik wisatawan. Untuk mencapai air terjun dari pintu masuk pengunjung harus menuruni anak tangga yang diperkirakan berjumlah 1250 buah.


Kamu tidak perlu khawatir, rasa lelah akan hilang dengan melihat pemandangan alamnya. Di dekat air terjun terdapat jembatan yang disebut "kretek pegat", artinya jembatan putus yang mempunyai cerita dibaliknya. Konon pasangan yang melintasi jembatan itu akan putus hubungan, namun itu hanya mitos. Di sana juga masih banyak kera yang berkeliaran sehingga kamu harus senantiasa menjaga barang bawaanmu tertutama makanan, jika tidak ingin direbut oleh kera kelaparan.

2. Air terjun parang ijo

6 Wisata Alam Karanganyar yang Sejuk, Memesona, dan Instagramablecatatanpringadi.com

Tak kalah menarik dengan grojogan sewu, air terjun parang ijo juga menarik untuk dikunjungi. Di sana terdapat beberapa tingkat air terjun. Airnya yang jernih dan menyegarkan membuat pengunjung tak tahan untuk bermain air.


Untuk mencapai air terjun dari pintu masuk tidak sejauh grojogan sewu. Dari pintu masuk pengunjung harus menuruni anak tangga dengan di sampingnya terdapat parit yang airnya sangat jernih. Air terjun parang ijo tidak sederas tawang mangu sehingga sangat menyenangkan untuk sekadar berfoto atau basah-basahan.

3. Air terjun Jumog

6 Wisata Alam Karanganyar yang Sejuk, Memesona, dan Instagramablewww.panorlens.com

Air terjun jumog masih belum terkenal seperti tawang mangu padahal letaknya cukup berdekatan. Sehingga wisatawan yang datang tak seramai tawang mangu. Debit airnya juga tidak sederas tawang mangu. Namun pesona alam dan kesejukan air terjjn Jumog tak kalah dengan tawang mangu dan parang ijo.

Baca Juga: Kembangkan Wisata Sejarah, Banyuwangi Akan Revitalisasi Kantor Pos  

4. Telaga Madirdo

6 Wisata Alam Karanganyar yang Sejuk, Memesona, dan Instagramableamzngargoyoso.blogspot.com

Telaga madirdo adalah salah satu tempat wisata tersembunyi di Karanganyar. Terletak di kecamatan Ngargoyoso dan tak jauh dari air terjun Jumog. Di sini pengunjung akan disuguhi jernihnya air telaga dan terdapat sumber mata air yang mengalir ke parit yang airnya sangat jernih. Pengunjung bisa berfoto-foto, menghirup udara yang sejuk dan menikmati pemandangan alam yang indah.

5. Kebun teh kemuning

6 Wisata Alam Karanganyar yang Sejuk, Memesona, dan Instagramablepigilagi.com

Di Karanganyar juga terdapat hamparan kebun teh yang sangat luas. Hijaunya kebun teh bisa membuat mata berelaksasi sejenak. Di sana juga terdapat beberapa anak sungai yang jernih membuat tertarik para wisatawan. Apalagi sekarang sudah banyak spot foto yang disediakan di sekitar kebun teh. Tak perlu khawatir, kamu akan mempunyai banyak stok foto yang instagramable di sini.

6. Bukit Paralayang

6 Wisata Alam Karanganyar yang Sejuk, Memesona, dan Instagramablerri.co.id

Tak jauh dari kebun teh kemuning terdapat bukit yang digunakan sebagai spot paralayang, olahraga yang memicu adrenalin. Siapa yang tidak ingin terbang di atas hijau hamparan kebun teh sambil menikmati udara sejuk? Tak perlu khawatir tidak bisa mengendarai paralayang, di sana sudah terdapat instruktur yang akan memandumu terbang. Jika langit sedang cerah, kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah. Namun tidak setiap saat paralayang bisa terbang, tergantung cuaca dan arah angin.

Masih banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi di Karanganyar. Selain wisata alam juga ada wisata sejarah seperti candi. Jadi kapan kamu mau ke Karanganyar?

Baca Juga: Hemat Budget, 5 Destinasi Wisata Gratis di Paris Ini Wajib Dikunjungi 

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You