Comscore Tracker

6 Tempat Angker di Indonesia yang Menyimpan Kisah Tragis

Berani uji nyali di tempat-tempat ini?

Berbagai kejadian tragis dan memilukan seperti kecelakaan, bencana alam hingga pembantaian tentu sudah banyak terjadi di Indonesia. Tak hanya menyisakan kengerian mendalam, tapi juga sederet hal mistis seolah terus membayangi tempat-tempat bekas kejadian tersebut. 

Masyarakat Indonesia tentu sudah tak asing lagi dengan beberapa tempat ini. Bahkan sebagian kerap dijadikan ajang beruji nyali bagi para pemburu hal gaib. 

Nah, berikut ini deretan 6 tempat angker yang menyimpan kejadian tragis di masa lalu, yang pastinya bikin Kamu merinding!

1. Gunung Salak (tragedi Sukhoi Superjet-100)

6 Tempat Angker di Indonesia yang Menyimpan Kisah Tragisilustrasi pegunungan (pixabay.com/danfador)

Meskipun hampir satu dekade berlalu, namun masyarakat Indonesia tentu masih ingat akan kecelakaan pesawat Sukhoi Superjet-100 yang terjadi di Gunung Salak pada tahun 2012. Kejadian tragis yang menewaskan seluruh penumpang pesawat itu menyisakan hal gaib di luar akal sehat.

Sederet kejadian horor bahkan dialami oleh tim evakuasi yang kala itu bertugas mencari bangkai pesawat. Mulai dari suara minta tolong hingga tangisan pilu yang sumbernya berasal dari lokasi jatuhnya pesawat turut menyelimuti proses pencarian. Padahal tidak ada siapapun di tempat tersebut kecuali tim yang bertugas. 

Hingga saat ini, Gunung Salak cukup populer akan keangkerannya. Bahkan lokasi tersebut sesekali dikunjungi oleh para penikmat wisata horor untuk sekedar beruji nyali.

2. Perlintasan kereta api Bintaro (tragedi Bintaro)

6 Tempat Angker di Indonesia yang Menyimpan Kisah Tragisrel kereta api Bintaro (instagram.com/fbl.photoworks)

Tragedi Bintaro yang terjadi pada tahun 1987 merupakan kecelakaan kereta api terparah di Indonesia yang menewaskan 153 penumpang di dalamnya, serta 300 lainnya luka parah. Pasca kejadian tersebut, perlintasan kereta api Bintaro seakan terus dibayangi oleh hal mistis. 

Dari suara tangisan kesakitan, penampakan sosok tak utuh yang meminta dicarikan anggota tubuhnya yang hilang, hingga sosok hantu budeg yang telinganya hancur, terus mewarnai kisah horor di tempat ini. Konon, waktu maghrib merupakan waktu yang pas jika Kamu ingin merasakan kuatnya hal mistis di tempat ini. Kamu berani mencoba?

3. Villa Stephanie (tsunami Banten)

6 Tempat Angker di Indonesia yang Menyimpan Kisah Tragisvilla Stephanie pasca tsunami (IDN Times)

Kejadian tragis yang masih segar dalam ingatan yaitu bencana tsunami yang menerjang Banten pada penghujung tahun 2018 lalu. Sebuah penginapan bernama Villa Stephanie merupakan salah satu yang terkena imbas dengan kondisi terparah serta korban tewas yang cukup banyak di dalamnya.

Setelah kejadian tersebut, villa Stephanie dipercaya menjadi tempat yang angker. Selain dari pemandangan horor akibat kondisi villa yang terbengkalai serta dilengkapi dengan sebuah mobil ringsek terparkir di halamannya yang dibiarkan begitu saja, beberapa warga sekitar pun mengaku kerap melihat sesosok perempuan tengah duduk di tepi kolam renang pada villa tersebut. Padahal jelas-jelas tempat itu sudah lama kosong tak beroperasi.

4. Mall Klender (tragedi 1998)

6 Tempat Angker di Indonesia yang Menyimpan Kisah Tragismall Klender (instagram.com/ms.petualang)

Kerusuhan besar pada tahun 1998 merupakan salah satu sejarah kelam dan tragis di tanah air. Tak sedikit orang yang tak bersalah menjadi korban dalam kerusuhan tersebut. Salah satu tempat yang terkena imbasnya adalah Mall Klender, yang kala itu habis dilahap si jago merah hingga ratusan pengunjung di dalamnya pun ikut terbakar.

Hingga saat ini, rumor keangkeran mall Klender seolah bukan isapan jempol belaka. Berbagai kesaksian warga sekitar mulai dari aroma daging hangus yang kerap tercium ketika suasana senyap, hingga suara hiruk pikuk seolah tengah ramai akan pengunjung, padahal sebenarnya mall tersebut dalam keadaan kosong. Benar-benar horor, ya!

5. Lubang Buaya (pembantaian korban G30S/PKI)

6 Tempat Angker di Indonesia yang Menyimpan Kisah TragisLubang Buaya (instagram.com/smp1bukateja)

Monumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya menjadi saksi bisu akan kisah tragis yang terjadi tahun 1965 silam. Penculikan hingga pembantaian 7 orang Jenderal korban kebiadaban PKI yang mayatnya ditumpuk di Lubang Buaya ini menjadi sejarah kelam di Indonesia.

Tempat yang menyimpan kisah tragis ini pun diselimuti oleh nuansa angker yang sangat terasa. Mulai dari suara jeritan minta tolong, hingga derap langkah kaki layaknya sekumpulan tentara tengah berbaris, menjadi segelintir cerita yang sampai saat ini dipercaya masyarakat luas. Seram, ya!

6. Terowongan kereta api Paledang, Bogor (tragedi Paledang)

6 Tempat Angker di Indonesia yang Menyimpan Kisah Tragisterowongan kereta api Paledang (instagram.com/rubbyrmdn24)

Pada tahun 2000, sekelompok pelajar SMA berjumlah 20 orang menaiki kereta dari Sukabumi menuju ke Bogor untuk berkemah bersama. Namun mereka beramai-ramai justru duduk di atap kereta, padahal kereta tersebut akan melewati terowongan Paledang yang celahnya dengan kereta sangatlah sempit. Meskipun sebelumnya sudah ada yang memperingatkan, namun mereka tetap mengabaikan. 

Sesuatu yang dikhawatirkan pun terjadi, kereta melaju sangat cepat pada saat melewati terowongan Paledang. Sejumlah 8 orang dari mereka berhasil melompat meskipun mengalami luka patah tulang, namun nahas bagi 12 orang lainnya yang terbentur terowongan hingga terjatuh ke rel dan terlindas oleh kereta. Potongan tubuh, isi perut dan tentunya darah di mana-mana menjadi pemandangan setelahnya yang tak terlupakan bagi warga sekitar. 

Hingga saat ini, terowongan kereta api Paledang sangat terkenal akan keangkerannya. Suara tangis pilu, jeritan kesakitan hingga penampakan sekelompok anak muda di pinggiran rel yang ketika diamati secara perlahan akan menghilang, merupakan sederet hal mistis yang sudah tak aneh lagi, terutama bagi warga yang tinggal di sekitar lokasi kejadian. 

Itulah 6 tempat angker yang tak lepas dari bayang-bayang kisah tragis di baliknya. Di antara daftar tempat-tempat di atas, mana yang menurut kamu paling horor?

Baca Juga: Info Wisata Capolaga, Wisata Alam Menakjubkan di Kabupaten Subang

Yayah Hifziyah Photo Writer Yayah Hifziyah

Penulis, Pemikir, Pemimpi, Pendengar dan Pengamat yang Baik

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya