Comscore Tracker

5 Tempat Wisata Alam Favorit di Gresik, Short Escape di Akhir Pekan

Warga Surabaya dan sekitarnya wajib merapat

Merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur, Gresik ternyata memiliki aneka wisata alam yang apik dan wajib dikunjungi. Tak kalah dengan kota atau kabupaten sekitarnya, wisata alam di Gresik juga banyak menarik minat kunjung masyarakat.

Kota yang terkenal akan kenikmatan nasi krawunya ini punya segudang destinasi wisata seperti pulau, pantai, danau, bukit kapur dan lain sebagainya. Kalau kamu butuh referensi tujuan akhir pekan, simak ulasan mengenai wisata alam di Gresik berikut ini!

1. WAGOS Wisata Alam Gosari

5 Tempat Wisata Alam Favorit di Gresik, Short Escape di Akhir PekanWAGOS Wisata Alam Gosari (instagram.com/n.ningtyas)

Pencinta fotografi wajib banget mampir ke tempat ini. Tak hanya untuk koleksi foto landscape atau pemandangan, tetapi juga sangat bagus dijadikan latar belakang foto diri kamu. Dijamin Instagramable dan layak sebagai obyek wisata akhir pekan.

Berlokasi di Desa Gosari, Kecamatan Ujungpangkah, tiket masuk ke area wisata ini pun terbilang sangat terjangkau. Pengunjung dewasa dikenakan biaya Rp10 ribu dan anak-anak Rp5.000 saja.

Menariknya dari WAGOS adalah taman bunga yang indah dan membentang luas. Sungguh sedap dipandang mata dan terasa asri. Tak hanya itu, ada beberapa situs kuno peninggalan bersejarah yang terletak tidak jauh dari lokasi wisata, lho.

2. Pantai Selayar

5 Tempat Wisata Alam Favorit di Gresik, Short Escape di Akhir PekanPantai Selayar (instagram.com/adeliaandriansyah)

Surga tersembunyi di Pulau Bawean, Pantai Selayar menawarkan indahnya warna air laut berwarna biru muda yang memukau. Meski akses menuju wisata ini masih sempit dan berkelok, tetapi kamu tak akan dikecewakan indahnya pemandangan sekitar.

Bahkan, ada Pulau Selayar terlihat di seberang lautan. Pemerintah dan warga setempat bergotong royong membangun aset wisata Pantai Selayar ini bersama.

Bahkan, banyak anak muda kreatif yang turut membantu menciptakan berbagai spot foto menarik. Kunjunganmu ke Pantai Selayar akan makin tidak terlupakan jika air pantai surut dan kamu bisa menyeberang ke Pulau Selayar. 

3. Telaga Ngipik

5 Tempat Wisata Alam Favorit di Gresik, Short Escape di Akhir PekanTelaga Ngipik (instagram.com/khoiron.alkawakib)

Telaga Ngipik, salah satu destinasi wisata alam yang tak boleh terlewat saat mampir ke Kabupaten Gresik. Awalnya, Telaga Ngipik merupakan sebuah tempat penampungan air yang digunakan untuk kebutuhan industri di sekitarnya.

Namun kini, tempat ini juga populer sebagai tempat wisata serta sering menjadi destinasi untuk berperahu dan memancing ikan. Giri Wana Tirta merupakan nama asli dari destinasi wisata ini.

Giri berasal dari nama Sunan Giri, wana memiliki arti bermain dan tirta bermakna air. Sedangkan, Telaga Ngipik merupakan sebutan dari penduduk setempat. Hal itu dikarenakan lokasinya yang berdekatan dengan Desa Ngipik.

Arahkan kendaraanmu ke Jarangkuwung, Desa Ngipik, Gresik untuk mengunjungi wisata alam ini. Tenang saja, tanpa dipungut biaya tiket masuk. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan saja.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Terdekat dari Surabaya yang Indah dan Murah Meriah

4. Pulau Noko

5 Tempat Wisata Alam Favorit di Gresik, Short Escape di Akhir PekanPantai Noko (instagram.com/danidzonni)

Banyak orang yang masih belum mengetahui keberadaan Pulau Noko beserta keindahan yang ditawarkannya. Pulau berpasir putih yang cantik ini menawarkan pesona lautan yang begitu memesona. 

Pulau Noko berada di sebelah barat Pulau Gili, bersebelahan dengan Pulau Gili Timur. Diperlukan perahu motor untuk menyeberang dari Pulau Bawean ke Pulau Noko dan akan menempuk perjalanan sekitar 15-20 menit.

Perahu motor tersebut dapat disewa dari nelayan setempat dengan biaya sekitar Rp250 ribu untuk kapasitas 10 orang. Saking jernihnya air laut di sekitar Pulau Noko, kamu bisa menyaksikan wisata bahari dasar laut dengan mata telanjang.

Jangan lewatkan pula kesempatan untuk bermain pasir atau berenang di sekitar pantai. Jadi, Pulau Noko bisa masuk daftar destinasi akhir pekanmu nanti, kan?

5. Tanjung Gaang

5 Tempat Wisata Alam Favorit di Gresik, Short Escape di Akhir PekanTanjung Gaang (instagram.com/mirfansrgr)

Terbilang masih asri dan jarang dikunjungi wisatawan, Tanjung Gaang berada di Dusun Somor-Somor, Kumasa, Sangkapura, Gresik. Meski tak seramai destinasi wisata lainnya, tapi pemandangan alam yang ditawarkan tak boleh dianggap remeh.

Pengunjung yang datang akan dimanjakan hamparan laut lepas yang disaksikan dari atas tebing. Kalau kamu lelah dengan hiruk pikuk keramaian, maka berkunjunglah ke Tanjung Gaang.

Nikmati waktu tenang sejenak sembari merasakan lembutnya angin pantai menghempas helai rambutmu dan deburan halus ombak lautan. Salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbenam, Tanjung Gaang pun mengandung batu marmer.

Pastikan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin untuk mencapai puncaknya. Pastinya, destinasi wisata alam ini tak akan mengecewakan akhir pekanmu.

Itu dia beberapa destinas wisata alam di Gresik yang cocok kamu kunjungi saat akhir pekan. Kira-kira kamu tertarik sama wisata alam yang mana dan mau ajak siapa ke sana?

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Ramah Anak di Jawa Timur, Bikin Betah Main Seharian

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya