Comscore Tracker

10 Destinasi Wisata di Sungai Liat, Wajib untuk Kamu Kunjungi

Pesona keindahan alam Indonesia ada di sini #LokalIDN

Kota Bangka yang terletak di Provinsi Sumatera ini tidak hanya terkenal dengan makanannya saja seperti mie ayam bangka dan martabak bangka lho. Sebab Bangka juga terkenal dengan objek wisatanya yang menawan, salah satunya di wilayah Sungai Liat.

Berbagai destinasi-destinasi wisata yang terdapat di kota Sungai Liat Bangka ini pun tidak kalah memesonanya dengan daerah lainnya. Berikut destinasi wisata di Sungai Liat yang pesonanya memanjakan mata.

1. Pantai Matras

10 Destinasi Wisata di Sungai Liat, Wajib untuk Kamu Kunjungifoto Pantai Matras (instagram.com/dj.adellouis)

Pantai Matras merupakan pantai terpopuler di Provinsi Bangka dan banyak orang menyebut pantai ini sebagai pantai surga. Di sekitar pantai, kalian juga bisa menemukan sebuah sungai air tawar sebagai tempat mandi setelah bermain air laut.

Alamat : Desa Matras, Kel. Sinar Jaya, Kec. Sinar Jaya, Kab. Bangka.

Tiket Masuk : Rp7 ribu.

2. Pantai Tongaci

10 Destinasi Wisata di Sungai Liat, Wajib untuk Kamu Kunjungifoto Pantai Tongaci (instagram.com/eva_angela78)

Pantai Tongaci merupakan sebuah objek wisata marina spesial dengan pemandangan batu vulkanik di Sungai Lliat. Selain mencoba permainan air lautnya, Pantai Tongaci menawarkan berbagai macam aktivitas bagi wisatawannya. Salah satunya mengunjungi de locomotief yang menjadi wilayah konservasi khusus penyu.

Menyaksikan keindahan laut, bertandang ke museum garuda, menyaksikan penangkaran penyu, dan hunting foto di de locomotief adalah empat tujuan atraksi utama yang ditawarkan oleh Pantai Tongaci.

Alamat : Desa Sinar Baru, Kec. Sungailiat, Kab. Bangka.

Tiket Masuk : Rp10 ribu (kawasan pantai), Rp20 ribu (De Locomotief), dan Rp25 ribu (museum garuda).

3. Pantai Rambak

10 Destinasi Wisata di Sungai Liat, Wajib untuk Kamu Kunjungifoto Pantai Rambak (instagram.com/eva_angela78)

Pantai ini dikenal dengan tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise. Ciri khas dari Pantai Rambak ini adalah terdapat bebatuan granit yang besar sangat cocok untuk dijadikan spot foto di pagi hari.

Pantai Rambak memiliki garis pantai yang membentang luas langsung menghadap ke laut Cina Selatan

Alamat : Jalan Tanjung Pesona, Desa Rambak, Sungailiat.

Tiket Masuk : Rp5-10 ribu

4. Padepokan Puri Tri Agung

10 Destinasi Wisata di Sungai Liat, Wajib untuk Kamu Kunjungifoto Padepokan Puri Tri Agung (instagram.com/edotour_spartan3)

Padepokan Puri Tri Agung merupakan salah satu landmark megah yang menjadi objek wisata sekaligus tempat ibadah di Bangka. Padepokan ini memiliki pemandangan keindahan dari Pantai Tikus.

Ciri khas dari Padepokan Puri Tri Agung ini adalah memiliki atap bertingkat tiga dan bentuk ujung atap seperti topi khas Tiongkok. Selain itu di dalam gedung tersebut terdapat bedug seperti di masjid dan lonceng seperti di gereja.

Alamat : Pantai Tikus, Parit Padang, Sungailiat.

Tiket Masuk : Gratis.

5. Pantai Tikus Emas

10 Destinasi Wisata di Sungai Liat, Wajib untuk Kamu Kunjungifoto Pantai Tikus Emas (instagram.com/petrussabarwiranto)

Pantai yang memiliki pemandangan yang cantik dan indah ini wajib untuk kalian kunjungi. Perairan pantai yang berwarna biru, pasir pantai bewarna putih, dan dikelilingi oleh hamparan pohon pinus yang tinggi membuat pantai ini semakin memesona.

Selain bermain air laut, pengunjung juga dapat menunggangi kuda, bermain ATV, flying fox, menaiki jetski dan banana boat, serta juga bisa memancing di tempat yang sudah disediakan oleh pengelola pantai.

Alamat : Parit Padang, Kec. Sungailiat

Tiket Masuk : Rp5 ribu

Baca Juga: 10 Wisata Pantai di Bangka Belitung yang Wajib Masuk Daftar Liburanmu

6. Pantai Parai Tenggiri

10 Destinasi Wisata di Sungai Liat, Wajib untuk Kamu Kunjungifoto Pantai Parai Tenggiri (instagram.com/bangkaearthfocus)

Pesona keindahan pantai yang menawan, memiliki pasir putih dengan kelembutan  menyerupai tepung, serta ditambah dengan bebatuan granit yang tersebar di sekitar pantai menjadi daya tarik dari Pantai Parai Tenggiri ini.

Dahulu pantai ini bernama Pantai Hakok tapi kini telah berganti menjadi nama Pantai Parai Tenggiri. Selain bermain air laut pengunjung juga dapat bermain banana boat, melakukan penyelaman untuk melihat terumbu karang di dalam laut, memancing, serta menikmati sajian seafood segar di sekitar pantai.

Alamat : Desa Sinar Baru, Kec. Sungai Liat.

Tiket Masuk : Rp25 ribu.

7. Pantai Tanjung Pesona

10 Destinasi Wisata di Sungai Liat, Wajib untuk Kamu Kunjungifoto Pantai Tanjung Pesona (instagram.com/hoteltanjungpesona)

Sesuai dengan namanya, Pantai Tanjung Pesona mampu mempesona wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini. Panorama laut lepas d iatas tanjung dengan susunan bebatuan besar yang eksotik ini menambah daya tarik bagi yang datang berkunjung.

Pantai ini memiliki banyak wahana permainan seperti bermain kano, banana boat, jet ski berenang, hingga memancing.

Alamat : Desa Rambak, Kec. Sungai Liat.

Tiket Masuk : Rp10 ribu.

8. Pantai Indah Batu Bedaun

10 Destinasi Wisata di Sungai Liat, Wajib untuk Kamu Kunjungifoto Pantai Indah Batu Bedaun (instagram.com/eva_angela78)

Daya tarik dari pantai ini tidak hanya air lautnya saja yang berwarna biru dengan hamparan pasir putih, melainkan banyaknya bebatuan granit yang tersusun alami di sudut pantai dan juga memiliki sebuah pohon keramat di seberang pulau yang terdapat di Pantai Indah Batu Bedaun ini.

Pantai ini juga terkenal dengan wahana olahraga airnya yang bermacam-macam. 

Alamat : Sinar Baru, Kec. Sungai Liat.

Tiket Masuk : Rp10 ribu.

9. Pantai Telaga Emas Bersinar

10 Destinasi Wisata di Sungai Liat, Wajib untuk Kamu Kunjungifoto Telaga Emas Bersinar (instagram.com/telagaemasdestination)

Destinasi wisata baru di Kota Sungai Liat ini memang sangat cocok untuk dijadikan pilihan berlibur bersama keluarga, teman maupun pacar. Di sini banyak sekali wahana maupun spot rekreasi mulai dari edukasi, bermain sepeda air, melakukan refleksi bersama dengan ikan mas, memancing, dan terdapat pula mini zoo.

Alamat : Jl. Toba I, Kudai Utara, Sungai Liat.

Tiket Masuk : Rp5 ribu.

10. Pantai Turun Aban

10 Destinasi Wisata di Sungai Liat, Wajib untuk Kamu Kunjungifoto Pantai Turun Aban (instagram.com/eva_angela78)

Pantai Turun Aban memiliki ciri khas dengan hamparan batuan granit berwarna hitam yang besar tersebar di tengah pantai. Pantai ini berbentuk mirip dengan teluk karena memang banyak batu granit yang mengapitnya.

Pantai Turun Aban sangat cocok dikunjungi oleh anak-anak karena relatif aman dari terjangan ombak yang besar.

Alamat : Desa Sungailiat, Kec. Sungai Liat.

Tiket Masuk : Rp5 ribu.

Indonesia memiliki pesona keindahan yang luar biasa di setiap daerah. Berbagai pilihan bisa menjadi referensi destinasi wisata kalian seperti di kota Sungai Liat, Bangka.

Keindahan wisata di Indonesia tidak kalah mempesona dengan negara lain lho. Apakah kalian mempunyai rencana mengunjungi kota Bangka? 

Baca Juga: 7 Kuliner Bangka Belitung Ini Blasteran Budaya China Lho, Sudah Tahu? 

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya