Comscore Tracker

5 Kastil yang Wajib Kamu Kunjungi saat ke Kroasia, Pesonanya Magic!

Berasa traveling ke negeri dongeng!

Republik Kroasia atau Kroasia adalah negara yang terletak di barat laut Semenanjung Balkan, Eropa. Negara dengan ibu kota Zagreb ini memiliki banyak wisata alam yang indah serta kota dengan arsitektur kuno khas Eropa. Salah satu destinasi yang menjadi dambaan wisatawan saat ke Eropa ialah kastil.

Kastil-kastil di "benua biru" ini terkenal akan bangunannnya yang klasik dan megah bak di negeri dongeng. Begitu juga dengan Kroasia, negara ini memiliki deretan kastil kuno nan elok yang menyimpan banyak misteri di dalamnya. Penasaran? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Kastil Trakošćan 

5 Kastil yang Wajib Kamu Kunjungi saat ke Kroasia, Pesonanya Magic!Kastil Trakošćan (instagram.com/hotel_trakoscan)

Kastil Trakošćan terletak di Kroasia Utara, tepatnya di Bednja, Varadin County. Trakošćan adalah sebuah kastil yang dibangun pada akhir abad ke-13. Kastil ini dulunya adalah benteng bagian dari sistem pertahanan Kroasia yang kini menjadi sebuah museum abad ke-19.

Di museum ini berisi koleksi lukisan, furnitur, senjata, dan benda berharga dari Renaisans hingga Historisisme. Semua benda-benda tersebut terpajang di ruangan beinterior asli kastil, seakan menggambarkan kehidupan bangsawan dan keluarga Draškovi di Trakošćan.

Bangunan Kastil Trakošćan dikelilingi oleh hamparan hutan dan danau yang indah bak di dunia dongeng, sangat memanjakan mata para wisatawan. Anda bisa mengunjungi kastil romantis ini jika berkunjung ke Kroasia.

2. Kastil Veliki Tabor 

5 Kastil yang Wajib Kamu Kunjungi saat ke Kroasia, Pesonanya Magic!Kastil Veliki Tabor (instagram.com/velikitabor)

Veliki Tabor adalah sebuah kastil abad ke-15 yang berlokasi di barat laut Kroasia, tepatnya di Zagorje County, dekat Kota Desini. Kastil Veliki Tabor menyimpan kisah cinta melegenda yang menyedihkan antara Veronika "si gadis lokal" dengan Fridrik, Putra Pangeran Herman II. Kisah cinta mereka berakhir perpisahan. Veronika yang terbunuh dan tubuhnya dibangun di salah satu kastil, menyimpan cerita mistis di area kastil hingga saat ini.

Saat berkunjung ke kastil bergaya gothic ini, wisatawan dapat melihat-lihat senjata tua dan kamar dengan perabotan tua. Terdapat gudang tempat penyimpanan anggur tua, Anda juga bisa menikmati anggur tersebut sembari duduk bersantai. Di bagian timur terdapat menara yang merupakan spot terindah, dimana wisatawan dapat menikmati pemandangan hutan yang sangat indah di siang hari.

Di kastil Veliki Tabor ini juga biasa diadakan pertunjukan kebudayaan yang membawakan cerita legenda kisah cinta Veronika dan Friedrich II. Arsitektur kastil yang kuno menyatu dengan asrinya alam serta menyimpan sebuah legenda akan membuat wisatawan merasakan keajaiban bak di dalam buku cerita.

3. Menara Nehaj 

5 Kastil yang Wajib Kamu Kunjungi saat ke Kroasia, Pesonanya Magic!Menara Nehaj (instagram.com/juddali)

Menara Nehaj adalah sebuah benteng yang berada di bukit Nehaj, Kota Senj, Kroasia. Nama lain benteng ini adalah Kula Nehaj, yang dalam bahasa Kroasia berarti Menara Nehaj, bangunannya menyerupai kastil di zaman kuno. Benteng ini dibangun pada 1548 saat Senj dengan penduduknya melawan berbagai serangan musuh yang mencoba mengambil alih kota.

Benteng Nehaj memiliki tinggi 18 meter dan lebar 23 meter yang dapat dicapai melalui tangga. Terdapat 3 lambang di tengah benteng ini, diantaranya lambang bangsawan Gradac si pemimpin Senj pada periode itu, lambang Ivan Lenkovic seorang kapten Senj, dan lambang kapten penggantinya. Jangan sampai tidak mengunjungi benteng rasa kastil yang estetik di Kroasia ini, ya.

Baca Juga: 10 Kastil Termegah di Rumania, Ada yang berjuluk Kastil Drakula!

4. Kastil Pejačević 

5 Kastil yang Wajib Kamu Kunjungi saat ke Kroasia, Pesonanya Magic!Kastil Pejačević (instagram.com/kristina.kubasa34)

Kastil Pejačević adalah kastil yang terletak di pusat kota Virovitica. Pejačević dulunya adalah salah satu dari beberapa kastil milik keluarga bangsawan yang terkenal, Pejačevi dari Slavonia. Dibangun pada 1800—1804 oleh bangsawan Kroasia, Antun Pejačevi dan putranya Antun.

Pada 1953 Kastil Pejačević menjadi sebuah museum yang sebelumnya telah ditata ulang dan sedikit direnovasi. Kastil ini bergaya neoklasik di akhir era Barok. Kastil Pejačević adalah bangunan berlantai satu dengan sayap tunggal, serta memiliki lantai yang memanjang khas abad ke-19.

Pejačević merupakan salah satu kastil terbesar di Kroasia yang mencakup area seluas 3000 meter persegi serta terdapat 3 benteng. Kastil Pejačevićv ini dapat menjadi list rekomendasi liburanmu saat ke Kroasia.

5. Kastil Ozalj 

5 Kastil yang Wajib Kamu Kunjungi saat ke Kroasia, Pesonanya Magic!Kastil Ozalj (instagram.com/bogdan_matija)

Kastil Ozalj adalah kastil yang ada di Kota Ozalj, tepatnya terletak di tebing batu yang bertengger di atas Sungai Kupa. Bangunan ini dulunya adalah benteng yang sangat terkenal di Kroasia yang kini telah berubah menjadi sebuah kastil. Kastil Ozalj dibangun pada abad ke-6, terbukti pada pondasi pertama kastil tersebut. Terdapat juga sisa-sisa tembok yang berasal dari zaman Roma Kuno.

Di sana pengunjung dapat menjelajahi halaman kastil dan juga menikmati pemandangan alam sekitar seperti sungai Kupa dari dinding kastil. Di kastil ini terdapat perpustakaan dan museum tentang asal usul Ozalj. Wisatawan akan menemukan koleksi para tokoh sejarah dan arkeologi dari Ozalj kuno dan wilayah sekitarnya.

Kastil-kastil di Kroasia ini sangat cocok untuk rekomendasi destinasi wisata, terutama bagi kamu yang menyukai sejarah dan seni arsitektur. Jika ingin menikmati asrinya hutan di sekitar kastil, kamu bisa mengunjunginya saat musim panas. Megahnya kastil di tengah-tengah hamparan hijaunya hutan, akan membuatmu serasa pergi ke sebuah negeri dongeng yang cantik. Seriusan gak tertarik traveling ke sana?

Baca Juga: 5 Kastil yang Bisa Dikunjungi di Denmark, Megah dan Bersejarah

Yuli dnc Photo Writer Yuli dnc

Man Jadda Wajada

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya